7 Manfaat Limbah Tahu Bagi Masyarakat

Siapa tak kenal dengan makanan yang satu ini? Ya, tahu merupakan salah satu jenis makanan yang populer di kalangan masyarakat Indonesia. Tahu bersama dengan tempe biasanya merupakan salah satu pasangan dari makanan yang paling sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Tahu terbuat dari kedelai, yang diketahui memiliki protein yang sangat tinggi. dalam pemanfaatannya sebagai bahan makanan, tahu memiliki banyak manfaat.

Limbah tahu

Ternyata, dari cara pembuatannya yang menggunakan kedelai, tahu dapat menghasilkan ampas tahu. Ampas tahu inilah yang kita kenal dengan istilah limbah tahu. Limbah tahu ini, merupakan sisa dari hasil pengolahan tahu, yang ternyata bisa dimanfaatkan juga loh untuk keperluan kita. Tidak percaya? Berikut ini akan dibahas mengenai manfaat dari limbah tahu.

Yap, yang namanya limbah tidak selalu harus dibuang, tapi bisa diolah lagi menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi kehidupan kita. Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat penting dari limbah tahu bagi masyarakat :

1. Sebagai pakan ternak

Manfaat pertama dari limbah tahu bagi masyarakat adalah sebagai pakan ternak. Yap, harga pakan ternak yang lumayan dan juga sulitnya mencari rumput diladang pada dewasa ini merupakan salah satu penyebab diadakannya program penggunaan limbah tahu sebagai pakan ternak.

Limbah tahu yang merupakan ampas tahu biasanya seringkali dimanfaatkan untuk pakan ternak dari hewan seperti sapi, kambing, kerbau dan juga babi. Limbah tahu ini masih memiliki banyak sari serta nutrisi yang tinggi, sehingga sangat baik untuk dijadikan salah satu alternatif pakan ternak anda.

Kegunaan sebagai pakan ternak ini juga bisa didapatkan dari :

2. Dibuat Kerupuk ampas tahu

Kali ini manfaat limbah tahu tidak lagi dimanfaatkan untuk kebutuhan ternak, namun digunakan untuk kebutuhan manusia loh. Yap, manfaat lainnya dari limbah tahu yang harus anda ketahui adalah pembuatan kerupuk atau keripik tahu. Kerupuk tahu ini memiliki rasa yang gurih dan juga renyah, serta sangat cocok untuk disantap sebagai camilan ataupun teman makan nasi. Dengan rasanya yang nikmat dan gurih, saat ini kerupuk ampas tahu telah menjadi salah satu jenis camilan yang disukai oleh banyak orang. Termasuk salah satu bentuk bisnis yang menjanjikan, karena bahan bakunya yang murah dan mudah diperoleh.

Selain ampas tahu, pembuatan kerupuk juga bisa dibuat dari :

3. Kembang tahu

Pernahkah anda mendengar kemang tahu? Ya, kembang tahu pun ternyata juga merupakan salah satu produk unggulan dari limbah tahu. Kembang tahu senditi memiliki bentuk yang tipis dan juga kenyal seperti jeli. Manfaat kembang tahu berbentuk sepert kulit pangsit, bisa menjadi pelapis dari makanan olahan, seperti sosis, bakso dan otak-otak atau bisa juga diolah dalam bentuk sup kembang tahu dan minuman kembang tahu. Rasanya? Tentu saja rasanya sangat nikmat dan menyegarkan, meskipun hanya terbuat dari bahan dasar limbah tahu.

4. Kecap ampas tahu

Manfaat limbah tahu yang juga sering kita gunakan sehari-hari adalah sebagai kecap. Ya, beberapa jenis kecap merupakan kecap yang terbuat dari bahan dasar limbah tahu. Meskipun demikian kecap dari limbah tahu ini sendiri kurang populer di kalngan masyarakat Indonesia, karena masyarakat Indonesia masih sering menggunakan kecap yang terbuat dari manfaat kedelai hitam murni.

Faktor lain yang menyebabkan kecap dari limbah tahu ini jarang digunakan adalah ketersediaannya di pasaran yang jarang. Beberapa pabrik pengolahan tahu lebih memilih untuk mengolah limbah tahu mereka menjadi bentuk kembang tahu.

5. Stik tahu

Stik tahu merupakan salah satu camilan lainnya yang ternyata uga dibuat dengan menggunakan pemanfaatan dari limbah tahu. Stik tahu sendiri mirip seperti kembang tahu kering yang dipotong tipis-tipis dan dibentuk menjadi seperti stik. Stik tahu sangat nikmat untuk djadikan camilan di kala waktu senggang dan juga waktu luang serta ketika sedang bersantai sore di rumah.

6. Nata de Soya

Pernahkah anda mendengar nama nata de soya? Kalau belum pernah, mungkin anda sudah pernah mendengar nama nata de coco? Nah, apabila nata de coco merupakan produk fermentasi dari manfaat air kelapa, maka nata de soya ini merupakan salah satu inovas dari pengolahan lita. Ya, air sisa dari lita siolah dengan menggunakan teknik fermentasi khusus sehingga menghasilkan nata de soya.

Bentuk dari nata de soya ini pun mirip dengan manfaat nata de coco, yaitu berwarna putih dengan tekstur yang kenyal, yang membedakannya hanya bahan dasar pembuatannya saja.

7. Memiliki kandungan protein yang tinggi!

Apakah anda kira pemanfaatan dari lita hanya sebatas camilan biasa saja? Kalau anda berpikiran begitu, berarti anda salah. Meskipun hanya terbuat dari bahan dasar limbah, namun berbagai macam hasil olahan tersebut masih memiliki kandungan nutrisi penting dari kedelai, yaitu manfaat protein. Ya, manfaat limbah tahu memiliki kandungan protein yang cukup tinggi dan yang lebih baiknya adalah, protein tersebut adalah protein nabati. Namun sebagai alternatif karena memiliki lemak yang sedikit dibandingkan protein hewani.

Biasanya tahu diolah sebagai bahan makanan seperti tahu goreng, tahu isi, dan juga dapat diolah juga menjadi campuran masakan sayur, seperti tumis cah tahu, baso tahu, dan juga sapo tahu. Tahu memiliki beberapa jenis, yang diantaranya adalah jenis tahu coklat, tahu putih, tahu pong dan juga tahu sutera. Semua jenis tahu tersebut sering sekali dimanfaatkan menjadi bahan makanan oleh masyarakat Indonesia, karena rasanya yang unik, gurih dan tentu saja murah dan bergizi tinggi, sehingga sangat baik untuk kesehatan kita.

Semoga artikel mengenai manfaat dari lita ini dapat menambah wawasan anda sekalian. Terima kasih…

, ,
Oleh :
Kategori : Makanan
Doctors Talks

Gigi berlubang bagian atas bisa menyebabkan Penyakit meningitis, Gigi berlubang bagian bawah bisa menyebabkan penyakit yang menyebabkan kematian mendadak, apa itu ? Simak penjelasan Drg. Albertus Andika berikut ini.