7 Manfaat Ampas Kedelai Untuk Kesehatan

Ampas kedelai merupakan hasil dari sisa industri pangan yang menjadikan kacang kedelai sebagai bahan utamanya, seperti halnya susu kedelai. Meskipun disebut sisa industri, ampas kedelai bukanlah limbah yang tidak dapat dimanfaatkan kembali. Seperti yang kita ketahui kacang kedelai sendiri mengandung begitu banyak nilai gizi yang tinggi seperti fiber, isoflavon, dan protein. Sisa dari pengolahan kacang kedelai ini pun tidak serta merta menghilangkan nutrisi yang terkandung. Sering kali ampas kedelai ini juga masih mengandung nilai nutrisi yang tinggi dan dapat digunakan untuk berbagai hal lainnya.

Artikel terkait:

Nilai Nutrisi Ampas Kedelai

  • Protein
27.62%
  • Lemak
2.95%
  • Serat
13.81 %
  • BETN (Bahan Ekstrak Tanpa Nitrogen)
52.66%
  • Abu
2.96%
  • Kalsium
0.09%
  • Fosfor
0.04%
  • Asam amino lisin dan metionin
  • Vitamin B

*Menurut hasil analisa laboratorium non ruminansia tahun 2009 dan Hsieh dan Yang (2003)

Berikut adalah manfaat ampas kedelai:

  1. Antioksidan Alami

Pada ampas kedelai terdapat antioksidan alami yang membantu menjaga imunitas tubuh terhadap serangan berbagai penyakit. Anda mungkin sering mendengar zat ini karena kemampuannya yang sangat luar dalam menjaga kesehatan tubuh. Antioksidan sering dikaitkan dengan pencegahan radikal bebas, anti-kanker, dan anti penuaan.

Penting juga untuk disimak : Manfaat antioksidan

  1. Mencegah Kanker

Selain antioksidan, pada ampas kedelai juga terdapat berbagai senyawa lainnya seperti mineral, lignan, fistoterol, coumestan, dan phytate. Senyawa-sewanya ini dapat berfungsi seperti halnya antioksidan yang sangat efektif untuk mencegah, melawan, dan menghentikan penyebaran sel kanker pada tubuh.

Silahkan disimak! Penting juga untuk kanker:

  1. Mencegah Penyakit Kardiovaskuler

Penyakit kardiovaskuler atau dikenal juga dengan penyakit jantung terjadi karena penyumbatan pada pembuluh darah. Zat yang terkandung pada ampas kedelai seperti antioksidan, serat, dan mineral dapat mencegah terjadinya penyumbatan darah yang memicu penyakit jantung dan stroke.

Simak juga:

  1. Mencegah Radikal Bebas

Menurut beberapa peneliti, ampas kedelai dapat mencegah radikal bebas karena kandungan antioksidan dan vitamin di dalamnya. Hal tersebut sangat bermanfaat di saat penyebab radikal bebas sering kita temui.

  1. Menjaga Sistem Pencernaan

Pada ampas kedelai terkandung zat fiber atau serat yang membantu dalam penyerapan makanan oleh tubuh. Serat biasanya banyak terkandung pada sayuran. Namun selain sayuran ternyata serat juga banyak terkandung pada kacang kedelai oleh karena itu semakin banyak olahan pangan yang menggunakan kacang kedelai sebagai bahan bakunya saat ini.

Baca juga : manfaat vegeta

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Isoflavon yang berada pada ampas kedelai sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit kita, utamanya adalah untuk menjaga elastisitas kulit sehingga kulit tampak lebih muda. Isoflavon sering juga disebut sebagai pengganti zat estrogen.

Saat ini banyak produk kecantikan yang menggunakan kedelai sebagai bahan bakunya. Namun anda juga bisa membuat produk kecantikan alami dari ampas kedelai seperti masker wajah. Selain menghemat pengeluaran anda juga dapat merasakan manfaatnya untuk kulit anda. 

Cara membuat masker wajah dari ampas kedelai:

  • cuci bersih kacang kedelai dan rendam semalaman dengan air
  • blender kacang kedelai dengan air hangat dengan perbandingan 3:1
  • Saring air sari kacang kedelai dari ampasnya
  • Sari kacang kedelai bisa anda konsumsi sedangkan ampasnya bisa diaplikasikan pada wajah
  • Diamkan masker sampai kering
  • Setelah kering cuci wajah dengan air dingin atau hangat

Jika digunakan sebagai masker secara teratur kulit dapat menjadi lebih sehat, elastis, dan bahkan bebas dari flek hitam.

Baca juga : manfaat ampas tomat

  1. Pakan Ternak

Manfaat ampas kedelai terakhir adalah ampas kedelai dapat digunakan sebagai olahan pakan ternak seperti unggas. Nilai nutrisi yang terdapat pada ampas kedelai sangat berguna untuk pertumbuhan hewan ternak. Ampas kedelai dapat menjadi pengganti protein nabati sebesar 40%-50% yang menjadikan ampas kedelai sebagai komponen bernilai bagi pakan ternak (Probs andjudd, 1973, Lit. Whigham, 1983).

Simak juga pakan ternak sehat lainnya:

Kacang kedelai memang memiliki begitu banyak manfaat dan telah digunakan sebagai bahan baku dalam berbagai industri, baik untuk pangan maupun produk kecantikan. Namun sering kali sisa pengolahan kacang kedelai menjadi limbah yang mencemari lingkungan. Informasi mengenai manfaat ampas kedelai memang tidak banyak diketahui oleh karena itu tidak banyak pula yang memanfaatkan ampas kedelai dengan baik. Meskipun belum populer namun sebenarnya ampas kedelai juga dapat digunakan sebagai bahan baku atau bahan tambahan dalam membuat olahan pangan seperti nugget, puding, atau produk cemilan lainnya.

, ,
Oleh :
Kategori : Makanan
Doctors Talks

Gigi berlubang bagian atas bisa menyebabkan Penyakit meningitis, Gigi berlubang bagian bawah bisa menyebabkan penyakit yang menyebabkan kematian mendadak, apa itu ? Simak penjelasan Drg. Albertus Andika berikut ini.