13 Manfaat Tahu Putih Untuk Kesehatan

Makanan ini merupakan makanan hasil olahan dari kedelai, memiliki tekstur yang lembut dan berwarna putih. Apa lagi kalau bukan tahu putih atau yang biasa diseut dengan tahu. Makanan yang berasal dari Tiongkok atau Cina ini sudah menjadi lumrah dan biasa di kalarangan bangsa Indonesia. Bukan hanya orang-orang biasa atau menengah ke bawah saja yang menikmati berbagai olahan tahu ini, bahkan orang-orang berada dan restoran-restoran terkenal di kota-kota besar juga tidak jarang menyediakan makanan yang berbahan dasar tahu ataupun hanya sebagai bahan pelengkap saja.

Baca juga:

Namun, manfaat tahu dalam kehidupan sehari-hari bukan hanya dijadikan sebagai bahan masakan saja, banyak hal yang bisa kita kreasikan dengan tahu. Adapun manfaat tahu putih secara lengkapnya adalah sebagai berikut:

1. Bahan Dasar atau Pelengkap Masakan

Kebanyakan penduduk di Indonesia pasti tidak asing atau mengenal dengan baik sekali makanan tahu ini. Bahkan banyak di warung-warung maupun rumah makan bahkan restoran juga menyediakan menu tahu sebagai bahan dasarnya. Bahkan dari tahu pun dapat dikreasikan menjadi berbagai jenis makasan, dari yang harga ringan di kantong hingga harga orang-orang eksekutiv. Bahkan baru-baru ini ada penjual tahu bulat yang tengah mengalami naik daun di kalangan masyarakat. (Baca juga: Manfaat Perilaku Kejujuran , Manfaat Kacang Chickpea)

2. Nilai Gizi Tinggi

Tahu merupakan makanan rendah lemak namun tinggi protin. Tahu juga merupakan sumber yang baik dari berbagai mineral, seperti kalsium, besi, magnesium, fosfor, seng, kaliun. Dalam tahu pun juga kaya akan kandungan vitaminnya, seperti vitamin D, vitamin A, vitamin B6, vitamin C, thiamin, riboflavin, niasin, dan asam folat. (Baca juga: Manfaat Tokoferol , Manfaat Ikan Sarden)

3. Mengurangi Kolesterol

Tahu mampu mengurangi kolesterol yang ada dalam tubuh dikarenakan tahu akan menyerap kandungan minyak goreng serta cairan lain yang telah terakumulasi dalam tubuh yang akan menyebabkan penyakit. Bahkan, apabila dibandingkan dengan daging-dagingan, tahu memiliki asam lemak yang jauh lebih rendah. (Baca juga: Manfaat Lemon Untuk Wajah , Manfaat Buncis Untuk Kolesterol)

4. Anti Kanker

Adanya kandungan selenium pada tahu menjamin fungsi ideal dari sistem antioksidan dan melindungi dari kanker usus besar. Termasuk juga sebagai pencegah kanker payudara karena kandungan isoflavon pada tahu. Seseorang yang sering mengonsumsi tahu hingga 25 persen akan megalami peningkatan terbentuknya hormone esterogen, yang akan mencagan timbulnya kanker payudara. Bahkan karena kandungan isoflavon ini juga mampu menurunkan resiko kanker prostat. (Baca juga: Manfaat Kopi Aceh , Manfaat Daun Belalai Gajah)

5. Alternative Menu Diet

Kandungan kalori dan hidrat arang dalam tahu sangat rendah, sehingga hal ini yang menjadi dasar menjadikan tahu sebagai menu makanan diet. Bahkan dengan mengkonsumsi tahu mampu membuat kita kenyang lebih lama dibandingkan dengan mengonsumsi makanan lainnya. (Baca juga: Manfaat Jus Sawi)

6. Melawan Radikal Bebas

Kandungan Isoflavon dan selium pada tahu yang bekerja sama dengan Iodine mampu memperbaiki kinerja tyroid sehingga mampu bekerja maksimal untuk menangkal radikal bebas. (Baca juga: Manfaat Tanah Humus)

7. Baik untuk Wanita Menopause

Kandungan isoflavon pada tahu dapat meniru erterogen yang akan membantu tahap pra menopause yang mana tubuh cenderung mengalami ketidakseimbangan esterogen. Isoflavon juga berfungsi meringankan rasa sakit saat menopause. (Baca juga: Manfaat Melon Kuning)

8. Bagus Untuk Kulit

Manfaat tahu ternyata juga sangat baik bagi kulit kita. Salah satunya adalah untuk meregenerasi kulit. Hal ini dikarenakan kandungan protein pada tahu yang mampu meregenerasi kulit. Selain itu nutrisi yang ada pada tahu mampu mengurangi garis halus kulit dan sebagai anti anging untuk kulit. Zat saponin yang terkandung dalam tahu juga bermanfaat untuk mengeluarkan kotoran yang menyumbat pori-poi kulit dan membantu pada pengelupasan sel kulit mati. Disisi lain kandungannya berupa vitamin E dan isoflavon sangat baik untuk melembabkan dan menjaga elastisitas kulit. Bahkan sudah banyak saat ini dijumpai penggunaan tahu sebagai masker wajah untuk memperoleh manfaat yang maksimal. (Baca juga: Manfaat Lilin , Manfaat Wortel Untuk Kulit)

9. Menjaga Kesehatan Darah

Zat besi yang terkandung dalam tahu sangat berguna untuk menjaga fungsi darah. Zat besi merupakan bagian utama dari hemoglobin yang membantu dalam produksi energy dan pelepasan oksigen dalam tubuh. (Baca juga: Manfaat Tanah Laterit)

10. Bermanfaat bagi Kardiovaskular

Mengonsumsi secara teratur produk kedelai seperti tahu bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dan lemak jenuh dalam tubuh. Dengan ini maka resiko penyakit kardiovaskular dapat diminimalisir. (Baca juga: Manfaat Akar Kelor)

11. Mencegah Anemia

Studi di Cina yang menyelidiki hubungan antara anemia dan tahu, hasil studi menyatakan bahwa tahu terbukti menurunkan resiko anemia pada golongan orang dewasa. (Baca juga: Manfaat Call Center)

12. Membantu Pertumbuhan Rambut

Protein tahu yang sangat banyak bagus untuk suplemen alami bagi rambut. Kandungan keratin dalam tahulah yang menjadi sesab pertumbuhan rambut yang sehat. (Baca juga: Manfaat Daun Sirsak Untuk Kista Ovarium)

13. Alternative untuk Pakan Burung Kicauan

Protein nabati pada tahu merupakan alasan utama kenapa tahu juga baik digunakan sebagai bahan makanan burung kicauan. Bahkan sumber protein pada tahu tidak kalah dengan protein pada kroto maupun telur ayam. Sehingga tahu bisa menjadi alternative makanan selingan bagi burung kicauan kita, sehingga kicauannyasemakin merdu. Namun, tahu ini hanya diperuntukkan bagi burung pleci serta burung pemakan serangga lainnya. (Baca juga: Manfaat Bunga Kencana Ungu , Manfaat Jambu Bol)

Luar biasa bukan manfaat dari tahu. Yuk, segera kita coba manfaat dari tahu di rumah kita, baik digunakan sebagai masker, makanan, cemilan, dan lain sebagainya. (Baca juga: Manfaat Ventilasi Udara, Manfaat Buah Bisbul)

Namun perlu diperhatikan bagi yang alergi dengan kedelai. Sebaiknya mengurangi atau menghindari pengonsumsian baham makanan olahan dari kedelai seperti tahu. Karena efek yang dihasilkan bisa gatal-gatal, diare, hingga kesulitan nafas yang serius. Maka, jika ingin mengkonsumsi bahan olahan kedelai seperti tahu bagi penderita alergi kedelai, ada baiknya melakukan konsultasi dulu dengan dokter. (Baca juga: Manfaat Buah Naga Untuk Darah Tinggi, Manfaat Nasi Liwet)

Mau menambah wawasan terkait manfaat-manfaat dari benda-benda lain yang berada di dunia ini. Yuk buruan surving di web ini! Kamu bakalan menemukan banyak artikel bermanfaat terkait manfaat dari benda-benda di dunia ini, seperti artikel tentang Manfaat Bayam Ungu, Manfaat Minyak Zaitun Merek Herborist, Manfaat Sayur Lompong, dan lain sebagainya. Happy Reading!

, , ,
Oleh :
Kategori : Makanan