65 Manfaat Edamame Bagi Kesehatan

Kacang kedelai edamame terkenal dengan kacang kedelai Jepang di Indonesia. Kacang ini memang berasal dari jepang yang memiliki kaya manfaatnya. Hal ini dikarenakan oleh kandungan gizinya yang melimpah mampu mengatasi masalah kesehatan di dalam tubuh. Untuk mengetahui kandungan dan manfaat edamame, simaklah ulasan lengkapnya berikut ini.

Kandungan Gizi Kacang Edamame

EdamameKacang edamame merupakan bahan pangan berwarna hijau yang kaya akan serat. Kandungan gizi seperti vitamin A, C, hingga protein tinggi dan serat dapat memenuhi kebutuhan nutrisi dengan baik untuk tubuh Anda. Selain itu, kacang ini juga mengandung mineral, 9 jenis asam amino esensial, hingga antioksidan yang cukup tinggi. Adapun kandungan gizi lain dari kacang edamame ini yaitu karbohidrat dan kalori yang mampu memberikan rasa kenyang lebih lama.

Manfaat Nutrisi Edamame per 155g Untuk Kebutuhan Tubuh

Informasi Kalori

  • Kalori 189 (791 kj) 9%
  • dari karbohidrat 63.1 (264 kj)
  • dari lemak 67.5 (283 kj)
  • dari protein 58.5 (245 kj)

NOTE : KJ (Kilo Joules)

Protein dan Asam Amino

  • Protein 16.9 g (34%)
  • Tryptophan 195 mg
  • Threonine 513 mg
  • Isoleusin 465 mg
  • Leusin 1155 mg
  • Lisin 1155 mg
  • Metionin 219 mg
  • Sistin 192 mg
  • Fenilalanin 756 mg
  • Tirosin 521 mg
  • Valin 502 mg
  • Arginine 1122 mg
  • Histidin 414 mg
  • Alanine 691 mg
  • Asam aspartat 2089 mg
  • Asam glutamat 3131 mg
  • Glycine 673 mg
  • Proline 1063 mg
  • Serine 1031 mg2006

Karbohidrat

  • Total Karbohidrat 15.8 g (5%)
  • Serat makanan 8.1 g (32%)
  • Pati 4.3 g
  • Gula 3.4 g
  • Sukrosa 1736 mg
  • Fruktosa 186 mg
  • Maltose 1472 mg

Vitamin

  • Vitamin C 9.5 mg (16%)
  • Vitamin E (Alpha Tocopherol) 1.1 mg (5%)
  • Tokoferol beta 0,1 mg
  • Tokoarium gamma 9.1 mg
  • Delta Tokoferol 5.5 mg
  • Vitamin K 41.4 mcg (52%)
  • Thiamin 0,3 mg (21%)
  • Riboflavin 0,2 mg (14%)
  • Niasin 1.4 mg (7%)
  • Vitamin B6 0,2 mg (8%)
  • Folat 482 mcg (121%)
  • Makanan Folat 482 mcg
  • Aset Folat Setara 482 mcg
  • Asam pantotenat 0,6 mg (6%)
  • Kolin 87.3 mg
  • Betaine 7.0 mg

Mineral

  • Kalsium 97.6 mg (10%)
  • Besi 3.5 mg (20%)
  • Magnesium 99,2 mg (25%)
  • Fosfor 262 mg (26%)
  • Kalium 676 mg (19%)
  • Sodium 9.3 mg (0%)
  • Seng 2.1 mg (14%)
  • Tembaga 0.5 mg (27%)
  • Mangan 1.6 mg (79%)

Manfaat Edamame

  1. Seperti wasabi, kacang edamame juga sesuai dengan tradisi kuliner Jepang. Kedelai hijau memainkan peran penting sebagai sumber penting protein tanaman. 100 g kacang membawa 110 kalori dan memberikan 10,25 g atau 18% asupan protein harian yang direkomendasikan.
  2. Edamame mengandung sejumlah vitamin, mineral, serat, dan sterol dalam jumlah sedang.
  3. Edamame segar adalah sumber folat yang sangat baik. 100 gram biji segar mengandung 303 μg atau 76% folat. Folat, bersama dengan vitamin B-12, adalah salah satu senyawa penting sintesis DNA dan pembelahan sel. Konsumsi makanan yang cukup dalam folat sekitar konsepsi dan selama masa kehamilan akan membantu mencegah cacat tabung saraf pada bayi yang baru lahir.
  4. Edamame adalah sumber vitamin B kompleks yang baik, terutama riboflavin, piridoksin, thiamin (vitamin B-1), asam pantotenat, dan niasin. Sebagian besar vitamin ini bekerja sebagai ko-enzim dalam metabolisme karbohidrat, protein, dan lemak.
  5. Edamame mengandung kadar vitamin C sedang (menyediakan 9,7 mg atau sekitar 16% DRI). Vitamin-C adalah antioksidan alami. Studi menunjukkan bahwa ini membantu mencegah cedera radikal bebas, bertindak sebagai pendorong kekebalan tubuh, dan agen anti-inflamasi.
  6. Selanjutnya, edamame memang merupakan salah satu sumber mineral ideal seperti kalsium, besi, tembaga, mangan, seng, dan magnesium. 100 g biji segar mengandung 26% DRI (asupan harian yang direkomendasikan) dari besi, 56% magnesium, 36% tembaga dan 73% mangan. Mangan yang digunakan oleh tubuh sebagai co-factor untuk enzim antioksidan ampuh, superoksida dismutase.

Manfaat Edamame Untuk Kesehatan

Kini, simak manfaat edamame apa saja yang Anda dapatkan jika mengkonsumsi bahan makanan ini, Ternyata sangat baik untuk kesehatan dan berbagai potensi lainnya untuk tubuh.

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kacang edamame mengandung kandungan antioksidan tinggi yang berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Jika rajin mengkonsumsi kacang edamame, Anda akan terhindar dari pengaruh cuaca yang tak menentu yang dapat mempengaruhi kekebalan tubuh Anda. Dengan sistem kekebalan yang baik dari pengaruh antioksidan ini, Anda dapat terhindar dari serangan kanker.

2. Mengurangi Risiko Kanker

Kandungan isoflavinnya yang tinggi juga bermanfaat dalam mengurangi resiko kanker prostat maupun kanker payudara. Isoflavin merupakan senyawa yang juga berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia sebagai pencegah sel kanker.

3. Meringankan gejala menopause

Adapun manfaat edamame lainnya yaitu data meringankan gejala menopause. Hal ini disebabkan oleh kandungan vitamin E, A, dan vitamin lainnya yang mampu meningkatkan keremajaan kulit hingga memperbaiki sel organ dalam terpenting bagi tubuh. Kandungan vitamin E juga bermanfaat dalam menyuburkan rambut dan mengurangi penurunan pigmen di rambut sehingga warnanya tidak mudah berubah menjadi putih.

4. Mempercepat proses pembekuan darah

Kandungan vitamin K yang tinggi juga sangat berfungsi untuk mempercepat proses pembekuan darah. Hal ini sangat baik untuk Anda yang beresiko sering jatuh lecet di kulit untuk meredakannya dengan cepat. Kacang edamame juga berfungsi sebagai pencegah osteoporosis dan penyakit alzheimer.

5. Mencegah hipertensi dan penyakit jantung

Kacang ini memiliki manfaat untuk menghindarkan Anda terserang penyakit jantung hingga tekanan darah tinggi. Hal ini disebabkan oleh kandungan antioksidan yang secara aktif dapat menghancurkan lemak menumpuk didalam tubuh sebagai penyebab terjangkitnya penyakit jantung dan darah tinggi. Kacang ini juga berkhasiat sebagai zat anti inflamasi sehingga rasa perih, nyeri, dan pegal dari peradangan dapat disembuhkan dengan cepat ketika Anda mengkonsumsi kacang ini.

6. Baik untuk sistem pencernaan

Edamame mengandung kandungan serat yang tinggi sehingga dapat meningkatkan kineja sistem pencernaan pada manusia. Hal ini sangat baik bagi Anda yang sedang melakukan program diet karena serat akan membantu Anda dalam mengecilkan ukuran perut. Bukan hanya itu saja, kandungan karbohidrat kompleks dari kacang ini memberikan manfaat lebih untuk memberikan rasa kenyang yan lebih lama sehingga Anda dapat menekan keinginan untuk makan dalam porsi yang besar.

7. Perawatan Kulit

Kulit adalah salah satu organ tubuh yang rentan terhadap kerusakan akibat kondisi eksternal, seperti cuaca dan obat-obatan, antara lain, sehingga perlu perawatan yang tepat. Asupan edamame, yang mengandung antioksidan, membantu dalam menjaga kesehatan kulit dan memperbaiki kerusakan kulit. Ini juga mengandung isoflavon yang mungkin bermanfaat dalam mengelola perubahan kulit terkait usia pada wanita pascamenopause.

8. Tulang Sehat

Edamame mengandung kalsium, fosfor, zat besi, vitamin E, dan nutrisi lainnya yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang. Konsumsi kacang-kacangan ini dan produk kedelai lainnya dapat memberikan nutrisi dan bantuan penting untuk memperkuat tulang dan menjaga kepadatan tulang. Sesuai penelitian, hal itu dapat mengurangi risiko patah tulang, terutama pada wanita pascamenopause. Osteoporosis adalah penyakit lain yang berhubungan dengan tulang yang terjadi di usia tua. Asupan edamame secara teratur, yang mengandung isoflavon dan nutrisi lainnya, dapat membantu mencegah osteoporosis. Hal ini juga penting untuk menjalani gaya hidup sehat untuk mencegah penyakit terkait tulang lainnya.

9. Paru-Paru Jadi Lebih Baik

Studi menunjukkan bahwa asupan genistein dapat memperbaiki fungsi paru pada penderita asma. Edamame juga mengandung genistein dan dengan demikian dapat membantu memperbaiki fungsi paru.

10. Mengontrol Berat Badan

Konsumsi edamame juga bisa bermanfaat dalam mengatur berat badan. Asupan makanan yang tepat memainkan peran yang sangat penting dalam manajemen berat badan. Kacang ini memiliki kandungan protein tinggi dan kalori lebih sedikit, yang menjadikannya makanan ringan ideal untuk orang yang sadar berat.

11. Menjaga Kesehatan Kardiovaskular

Makanan kedelai seperti edamame mungkin bermanfaat dalam mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2006 menunjukkan bahwa konsumsi makanan kedelai dapat meningkatkan kontrol insulin dan kadar glukosa darah.

Cara Mengkonsumsi Edamame Terbaik

Banyak kacang edamame yang dijual di swalayan dalam keadaan dibekukan sehingga nutrisinya tidak berkurang. Hal ini membantu Anda memenuhi kebutuhan nutrisi kalori, karbohidrat, hingga mineral dan vitamin untuk meningkatkan tubuh Anda dengan mengkonsumsinya setiap hari. Untuk mengkonsumsi edamame, Anda dapat mengolahnya dengan urutan cara memasak dan mengkonsumsinya berikut ini:

  • Memasak edamame dapat dilakukan dengan mudah hanya dengan direbusnya saja. Namun, jika rasanya biasa saja tentu Anda kurang berminat dalam mengkonsumsinya. Oleh karena itu, untuk mengambil manfaat edamame yang lebih sempurna, Anda dapat merebus dan mencampurkan sedikit garam hingga rasanya lebih mantap.

Manfaat kacang edamame yang cukup baik untuk kesehatan manusia, membuatnya sangat cocok dikonsumsi secara rutin sebagai kebutuhan nutrisi harian anda.

,
Oleh :
Kategori : Sayuran