5 Manfaat Rebusan Daun Sukun Untuk Pengobatan

Sukun nama ilmiahnya Artocarpus altilis. Sukun adalah pohon yang memiliki buah tidak berbiji. Buah sukun biasanya diolah menjadi berbagai makan salah satunya gorengan. Selain diolah menjadi gorengan buah sukun yang muda dapat dibuat menjadi sayur lodeh.  Sukun yang buahnya digoreng memiliki rasa yang empuk seperti roti karena tidak ada biji didalam buahnya.

Tanaman Sukun

Pohon sukun sendiri merupakan pohon yang dapat hidup dengan subur didaerah tropis dengan suhu berkisar 30 celcius sampai dengan 40 celcius. Pohon sukun berasal dari  Asia Tenggara. Buah sukun juga merupakan sumber karbohidrat pertama bagi beberapa negara dikawasan Asia Tenggara. Untuk pohon sukun umumnya pohon ini tidak terlalu tinggi serta memilik batang yang panjang dan lurus. Batang sukun juga memiliki fungsi untuk dibaut perabot rumah tangga dan juga perahu pada zaman dahulu. Tesktur kayu dari pohon sukun ini ringan dan kuat.

Sukun memiliki banyak manfaat mulai dari manfaat buah sukun dan manfaat daun sukun. Daun sukun sudah lama dijadikan sebagai pengobatan herbal. Pengobatan herbal masih menjadi pilihan karena biayanya yang murah dan juga efek samping yang hampir tidak ada. Selain itu pengobatan herbal banyak bersumber dari tanaman yang hidup disekitar lingkungan sehingga mudah untuk di dapat. Adapun bentuk dari daun sukun melebar menyerupai sirip dengan ukuran yang lumayan besar. Daun sukun bewarna hijau tua. Dan berbulu halus pada bagian bawah daun.

Daun sukun sering dijadikan rebusan, karena memiliki banyak manfaat diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Mengobati sariawan

Sariawan adalah salah satu masalah mulut yang dapat disebabkan karena kekurangan vitamin C pada tubuh. Manfaat vitamin C bagi tubuh sangat banyak. Sariawan ini  tidak menular tapi sangat menganggu. Saat sariawan mulut jadi tidak bisa mengkonsumsi makanan yang pedas. Untuk mengobati sariawan salah satunya didapat dari manfaat rebusan daun sukun.

Cara membuatnya adalah sebagai berikut :

  • Ambil daun sukun yang segar dan muda.
  • Daun tersebut digiling sampai hancur. Ditambah air kemudian ambil dengan kapas untuk ditempelkan pada mulut yang terkena sariawan.

Pencengahan sariawan dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan rongga mulut selalu.

2. Mengatasi  rasa pada pegal kaki

Pegal pada kaki dapat terasa setelah seharian beraktifitas. Hampir setiap orang pernah merasakan pegal pada kaki. Pegal pada bisa dialami oleh usia muda sampai usia tua. Pega pada kaki ini dapat diatasi salah satunya dengan menggunakan rendaman daun sukun. Caranya ambil beberapa lembar daun sukun dan rendam pada wadah isi air sealam beberapa menit. Setelah itu rendam kaki pada wadah tersebut.

3. Menurunkan kadar kolesterol

Kolesterol banyak bersumber dari produk hewani. Kolesterol sangat penting untuk sumber energi bagi tubuh tapi tidak dalam jumlah yang berlebih. Kadar kolesterol yang tinggi tidak baik bagi kesehatan jantung. Gejala kolesterol tinggi tidak dapat diketahui karena gejalanya yang tidak bisa dilihat dan tanda – tandanya jarang tampak. Untuk mengetahui kadar kolesterol tinggi dapat diketahui dari uji klinis laboratorium.

Rebusan daun sukun bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol agar tetap terkontrol. Karena manfaat kolesterol juga berfungsi untuk membentuk dinding sel dan sumber energi tubuh.

4. Mengobati penyakit ginjal

Ciri-ciri penyakit ginjal sangat banyak. Salah satu ciri penyakit ginjal adalah sakit saat berkemih. Sakit yang terasa bisa menjadi tanda rusaknya ginjal. Untuk mengetahui kepastiannya bisa menemui dokter spesialis penyakit dalam. Daun sukun dan manfaat kulit manggis dapat mengobati penyakit ginjal.

Berikut Langkah – langkah untuk pembuatan rebusan daun suku  :

  • Pilih daun sukun yang segar.
  • Ambil beberapa lembar daun sukun.
  • Masukkan dua gelas air dan daun sukun pada wadah untuk direbus.
  • Saring air rebusan dan minum secara teratur.

5. Mengobati diabetes

Diabetes terjadi karena kadar gula yang berlebih dalam darah. Diabetes dapat disebabkan oleh makanan yang mengandung pemanis buatan tinggi, gorengan dan juga kurangnya aktifitas fisik. Gejala awal yang biasanya mumcul adalah penurunan berat badan yang banyak dalam kurun waktu yang singkat. Untuk itu disarankan pemeriksaan lebih lanjut. Rebusan daun sukun, manfaat buah naga dan manfaat pare berfungsi untuk pengobatan penyakit diabetes. Minum secara teratur dua kali sehari sebelum makan.

Caranya ambil beberapa daun sukun kemudian rebus dengan air. Saring air rebusan dan minum saat hangat-hangat kuku.

Kandungan Senyawa Dalam Daun Sukun

Berikut ini kandungan senyawa yang terdapat didalam daun sukun :

1. Asam amino esensial

Asam amino esensial tidak dapat diproduksi oleh tubuh. Asam amino sesensial di peroleh dari makanan yang mengandung asam amino esensial. makanan yang mengandung asam amino esensial ini adalah daun sukun, kedelai, putih telur dan ayam.

Asam animo berfungsi sebagai berikut :

  • Sebagai pertumbuhan. Pada masa pertumbuhan konsumsi asam amino baik untuk menunjang pertumbuhan tubuh.
  • Sebagai pemeliharaan tubuh agar sehat dalam emnjalankan aktifitas harian.
  • Sebagai cadangan energi pada tubuh.

2. Omega 3 dan omega 6

Omega tiga baik untuk perkembangan sel-sel otak. Manfaat omega 3 dan omega 6 sama baiknya dikonsumsi . Tapi harap mengonsumsi omega 3 dan omega 6 tidak dalam jumlah berlebih. Makanan yang mengandung omega 3 dan omega 6 adalah daun sukun, kacang – kacang, biji – bijian, manfaat beras merah dan manfaat putih telur.

3. Tanin

Tanin bersifat anti septik dan anti inflamasi. Tanin juga bagus untuk menjaga kecantikan kulit. Tanin banyak terdapat pada daun sukun, manfaat kopi dan manfaat teh hangat.

4. Polifenol

Polifenol banyak berasal dari tumbuh-tumbuhan. Berikut ini manfaat polifenol bagi kesehatan :

  • Mencegah serangan radikal bebas karena sumber antiokasidan yang dimilikinya.
  • Meningkatkan kesehatan jantung.
  • Memperkuat sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit.

Sumber polifenol adalah daun suku, manfaat teh hijau, kacang – kacangan, manfaat minyak zaitun dan manfaat coklat.

5. Kalium

Kalium bertugas sebagai pembentukan sel, organ dan jaringan didalam tubuh. Adapun fungsinya kalium adalah sebagai berikut :

  • Sebagai peyeimbang cairan pada tubuh.
  • Sebagai penghilang stress.
  • Sebagai penyeimbang tekanan darah dalam tubuh.
  • Untuk kesehatan tulang

Kalium terdapat pada manfaat pisang dan daun sukun.

Efek samping dari meminum rebusan daun sukun tidak ada. Rebusan daun sukun adalah obat alami dan bersumber dari alam. Tapi tidak dianjurkan meminum rebusan daun sukun dalam jumlah berlebih setiap hari. Pilih daun yang segar dan bersih untuk dijadikan rebusan air sukun.