7 Manfaat Bawang Ambon Untuk Obat Herbal dan Masakan

Manfaat Bawang AmbonBawang ambon yang menjadi satu dari sekian banyak jenis bawang memiliki banyak senyawa yang sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh dan melawan berbagai penyakit. Beberapa kandungan tersebut diantaranya adalah flavonoid, steroid glikosida, alkaloid, fenolik dan juga tannin. Alkaloid merupakan bahan organik yang memiliki kandungan nitrogen bagian dari heterosiklik. Semua senyawa fitokimia ini akan sangat bermanfaat untuk tubuh dan sudah digunakan sejak lama oleh masyarakat yang tersebar di seluruh Indonesia.

Cara Mengolah Bawang Ambon

Untuk mengolah bawang ambon ini bisa dicuci bersih dan dipotong bagian akar serta daun kemudian diiris tipis tipis. Tambahkan dengan air memakai perbandingan 1 : 2 atau 1 kg bawang ambon dengan 2 liter air. Blender lalu saring dengan kain blacu yang bersih. Masak jus yang sudah disaring tersebut sampai mendidih sambil terus diaduk aduk. Tambahkan dengan 1 kilogram gula pasir untuk 1 kilogram bawang ambon dan aduk terus sampai mengkristal atau membentuk butiran halus dan dinginkan. Apabila butiran terlalu besar, bisa diblender sampai halus.

  1. Mencegah Timbulnya Infeksi

Selain manfaat amoxicillin bagi tubuh yang bisa mengatasi infeksi, anda juga bisa menggunakan bawang ambon yang jauh lebih sehat dan alami untuk mengatasi infeksi tersebut. Bawang ambon ini sangat baik dikonsumsi untuk mencegah infeksi yang terjadi di bagian dalam tubuh maupun luar tubuh seperti luka terjatuh dan sebagainya. Mengkonsumsi bawang ambon yang digunakan sebagai minuman atau campuran masakan akan mengurangi risiko terjadinya infeksi di dalam dan luar tubuh anda.

  1. Mencegah Bakteri dan Mikroba

Karena begitu banyak senyawa kandungan antioksidan dalam bawang ambon ini seperti manfaat bawang bombay, maka mengkonsumsinya secara teratur akan mmenghalangi atau mencegah tubuh terserang berbagai bakteri, virus dan juga mikroba penyebab timbulnya banyak penyakit dalam tubuh.

  1. Mencegah Radang

Tidak hanya manfaat daun suruhan yang sangat baik digunakan untuk mencegah dan menyembuhkan radang, akan tetapi jenis bawang ini juga sama ampuhnya dalam menyembuhkan berbagai jenis radang. Bawang ambon juga baik di konsumsi untuk mencegah terjadinya peradangan dalam tubuh khususnya yang sering terjadi di bagian tenggorokan, usus serta lambung.

  1. Mengatasi Disfungsi Ereksi

Manfaat ginseng jawa dan juga bawang ambon ini sama sama berkhasiat untuk mengatasi disfungsi ereksi pada pria. Disfungsi ereksi bisa terjadi karena pembuluh darah yang ada di bagian alat vital pria ukurannya lebih kecil jika dibandingkan pembuluh darah di bagian tubuh lainnya. Disfungsi ereksi ini bisa dijadikan pertanda penyempitan arteri yang disebabkan karena penumpukan lemak mengandung kolesterol yang dinamakan dengan aterosklerosis. Mengkonsumsi bawang ambon ini bisa dijadikan solusi herbal yang ampuh untuk mengatasi disfungsi ereksi secara alami tanpa menimbulkan efek samping.

  1. Mengobati Hipertensi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi bisa terjadi karena tensi darah yang terlalu tinggi di dalam darah yang bisa diatasi dengan manfaat daun beluntas untuk hipertensi. Ini bisa terjadi karena menumpuknya kolesterol pada dinding pembuluh darah. Jika tidak di kontrol dengan baik dan tidak segera diatasi, maka bisa menimbulkan banyak komplikasi penyakit di beberapa organ tubuh yang lain. Konsumsi bawang ambon ini dengan teratur untuk menghilangkan penumpukan lemak pada dinding pembuluh darah tersebut.


  1. Mengatasi Diabetes Melitus

Diabetes melitus juga bisa terjadi karena kadar kolesterol terlalu tinggi dalam tubuh. Untuk seseorang yang menderita diabetes, pada umumnya mempunyai kadar trigliserida yang juga tinggi, meningkatkan kadar kolesterol jahat dan juga menurunnya kadar kolesterol baik. Ini semua mengakibatkan penyempitan arteri sekaligus menghambat darah menyalurkan oksigen dan nutrisi penting ke seluruh tubuh. Mengkonsumsi bawang ambon ini juga menjadi solusi ampuh dalam mengatasi diabetes melitus apabila dikonsumsi secara teratur setiap hari.

  1. Mencegah Stroke

Khasiat dari bawang ambon seperti manfaat buah okra memang sangat ampuh untuk mengatasi berbagai penyakit berbahaya termasuk stroke. Stroke bisa terjadi apabila pasokan darah menuju ke otak mengalami hambatan. Ini terjadi karena pembuluh darah yang bertugas membawa oksigen serta nutrisi ke otak mengalami penyumbatan dan akhirnya pecah. Jika otak tidak mendapatkan asupan nutrisi dan juga oksigen yang cukup, maka saraf otak akan mati kemudian menyebabkan kelumpuhan di anggota gerak serta fungsi indera pada tubuh.

Itulah tadi pembahasan dari kami tentang manfaat bawang ambon yang bisa dijadikan pengobatan alternatif untuk menyembuhkan berbagai penyakit dari penyakit ringan sampai penyakit yang kronis dan bisa berujung kematian. Semoga ulasan dari kami ini bisa bermanfaat dan menambah referensi anda mengenai berbagai obat herbal Indonesia.

, ,
Oleh :
Kategori : Sayuran