8 Manfaat Peta Topografi Dalam Geografi

Peta merupakan salah satu pusat untuk mengetahui lokasi suatu negara dan juga ibukotanya. Namun lebih dari itu peta topografi mulanya ada untuk kegiatan militer. Kegiatan militer berkaitan erat dengan pertempuran dan untuk memenangkan pertempuran maka di butuhkan strategi dengan menggunakan peta tofografi. Peta ini memiliki skala yang besar dan lebih detail dari peta – peta lainnya. Ini karena peta tofografi menggunakan garis kontur dalam pemetaannya. Garis kontur adalah gabungan dari dua segmen garis yang tidak berpotongan yang terdiri dari dua atau lebih yang tergabung untuk membentuk keseluruhan peta.

Karakteristik untuk peta topografi dari peta lainnya adalah kontur fotografi atau bentuk tanah, sungai, jalan dan danau sehingga cocok untuk kegiatan di luar lapangan. Berikut ini di jelaskan manfaat dari peta fotografi yang banyak difungsikan :

1. Posisi

Untuk posisi peta topografi banyak digunakan untuk menunjukkan posisi atau lokasi tempat – tempat yang ad di permukaan bumi. Posisi penting di ketahui jika sebelumnya anda tidak pernah kesana untuk memastikan ada tidak salah jalan. Karena manfaatnya ini banyak orang – orang baru yang menggunakan peta topografi di bandingkan dengan peta lainnya.

Artikel terkait :

2. Ukuran

Ukuran pada peta topografi bisa saja menunjukkan luas suatu tempat dan juga jarak suatu tempat yang ada di permukaan bumi. Sehingga keingintahuan anda menjadi terpenuhi untuk melihat jarak dan juga luas suatu tempat yang di tuju.

Artikel terkait :

3. Gambar

Manfaat peta topografi di bandingkan peta lain adalah dengan adanya gambar yang jelas untuk di ketahui. Di suatu tempat akan menggambarkan bentuk – bentuk permukaan di bumi berupa benua, negara, gunung, sungai dan jalan raya.

Artikel terkait :

4. Penelitian

Dalam manfaat penelitian peta ini berfungsi untuk membnatu peneliti dalam survei lapangan suatu daerah yang ingin di teliti. Ini penting bagi para peneliti mengingat penelitian yang di lakukan akan menelan banyak biaya dan hasil dari penelitian haruslah memuaskan sesuai dengan jumlah anggaran yang harus di habiskan.

Artikel terkait :

5. Data

Data sangat lah penting dalam suatu wilayah, data merupakan sekumpulan informasi yang lengkap mengenai suatu wilayah. Data bisa merangkap efek negatif maupun potensi suatu wilayah untuk mengembangkan wilayah lebih maju dari pada sebelumnya.

Artikel terkait :

6. Analisis

Manfaat peta topografi juga bisa di gunakan untuk melakukan analisis dari suatu permasalahan yang di temukan. Analisis bertujuan untuk mendapatkan kesimpulan dan solusi yang di rundingkan sebelumnya.

Artikel terkait :

7. Rencana

Setiap melakukan suatu tindakan terdapat rencana yang harus dijalankan. Adapun rencana – rencana biasanya memang tidak sepenuhnya teraplikasi namun jelas dari apa yang ingin di lakukan dari setiap tindakan yang di ambil. Rencana menjadikan kegiatan 90 % bisa berhasil untuk melakukan suatu tindakan.

Artikel terkait :

8. Fenomena

Dalam ilmu geografi ada alat untuk mempelajari hubungan timbal balik antara fenomena yang di temui di permukaan bumi. Fenomena – fenomena yang ada dapat di jadikan suatu kesimpulan dan juga pembelajaran bagi diri sendiri untuk kemudian di bagikan kepada teman yang lain sebagai pedoman jika hal tersebut terjadi kembali.

Artikel terkait :

Dari delapan buah manfaat peta tofografi semuanya di perlukan untuk menjadikan peta topografi ini sebagai peta yang paling banyak di minati terutama bagi kegiatan militer.

Unsur Unsur Peta

Peta yang ada juga memiliki beberapa unsur yang harus di perhatikan, adapun unsu – unsur peta adalah sebagai berikut :

1. Judul peta

Peta yang baik memiliki judul, judul berfungsi untuk memudahkan orang yang ingin melihat peta secara keseluruhan tapi masih dalam lingkungan yang umum. Karena untuk melihat judul peta orang yang melihat jika merasa cocok dengan judulnya akan langsung melihat secara khusus tempat yang ingin di tuju.

2. Kelengkapan data

Unsur peta yang lainnya adalah kelengkapan data. Kelengkapan data di perlukan agar informasi yang di gambarkan melalui peta jadi jelas dan memberikan informasi yang nyata dan di butuhkan oleh orang lain.

3. Tanda arah

Tanda arah juga penting untuk mengenapi unsur unsur yang ada pada peta. Tanda arah seperti arah mata angin arah barat, timur, selatan dan utara. Tanda arah penting untuk menghindara sesat arah tujuan dalam menempuh suatu daerah.

4. Skala

Skala pada peta juga penting untuk melihat besar dan kecilnya skala suatu peta.

5. Sumber peta

Setiap peta yang di buat harus memiliki sumber peta yang jelas. Dengan jelasnya sumber peta yang ada akan membuat orang lain merasa yakin dengan peta yang di pajang .

6. Tahun pembuatan peta

Tahun pembuatan pada penta juga menjadi unsur yang penting. Tahun ini bertujuan untuk mengetahui masa berlaku suatu peta. Jika dalam jangka panjang peta akan di perbarui terus agar informasi yang di dapat peta tidak salah. Hal ini karena setiap tahun bisa saja terjadi penambahan jalan pada suatu daerah. Hal ini menguntungkan karena untuk mencapai suatu daerah tidak hanya menggunakan satu jalan tapi sudah ada dua jalan yang bisa di tempuh untuk sampai pada tujuan. Jalan yang banyak yang terhubung pada suatu wilayah untuk menghindari terjadinya macet panjang.

7. Simbol

Pada peta yang baik juga terdapat gambar simbol. Simbol berfungsi untuk mengetahui letak suatu gunung, danau ataupun sungai yang ada di suatu wilayah tertentu. Terkadang anda melihat simbol untuk mengetahui letak danau yang ingin anda tuju. Danau kadang dapat di jadikan tempat pariwisata terlebih danau tersebut memiliki bentuk yang indah dan bagus. Jadi simbol memberikan penjelasan yang lebih lengkap untuk mengetahui keberadaan tempat – tmepat yang indah sebagai pariwisata tujuan.

8. Warna

Warna pada peta juga penting untuk mejadi pembeda suatu wilayah dan juga relife yang ada disana. Warna juga membuat suatu peta menjadi indah di pandang terlebih paduan warna yang di buat sangat indah dan menarik orang untuk membaca peta tersebut. di peta gambar gunung akan di beri warna biru dan untuk bukit akan di beri warna hijau. Untuk lautan akan di beri warna biru tua. Dengan adanya warna ini akan memudahkan orang untuk mebaca peta.

Jadi unsur – unsur peta ini penting untuk di aplikasi agar peta menjadi menarik dan juga dapat memberikan informasi yang cukup bagi orang yang memerlukannya.