18 Manfaat Prakerin Bagi Siswa, Sekolah, dan Instansi Perusahaan

Praktek kerja industri atau yang disingkat prakerin adalah kegiatan yang diupayakan dari sekolah yang melibatkan siswa – siswi SMK (sekolah menengah kejuruan) dan dilaksanakan di dunia industri untuk tujuan pendidikan, pembelajaran dan pelatihan siswa – siswi  dalam rangka meningkatkan mutu siswa – siswi dalam dunia kerja yang sesuai bidangnya. Organisasi sekolah juga cukup berperan penting dalam proses ini.

Pembekalan Sebelum Prakerin

Dalam prakteknya, siswa – siswi yang terlibat dalam kegiatan prakerin tentu akan mendapatkan bekal terlebih dahulu dari pembimbingnya masing – masing disekolah. Pembekalan dari pembimbing masing – masing biasanya berupa pengetahuan – pengetahuan dasar seputar dunia usaha atau industri yang akan digeluti siswa – siswi SMK yang sesuai dengan jurusannya. Sehingga, siswa- siswi SMK mampu beradaptasi dan menghadapi kendala – kendala yang mungkin terjadi dalam kegiatan prakerin serta kemungkinan berhadapan dengan pengetahuan – pengetahuan baru yang belum pernah dipelajarinya di sekolah kejuruan.

Selain pembekalan dari pembimbing, siswa – siswi SMK juga akan mendapatkan mata pelajaran khusus yang berkaitan dengan prakerin. Metode yang dilakukan dalam kegiatan belajar ini, dapat berupa ceramah verbal dalam penyampaian informasi, diskusi, tanya jawab, mencatat, mengumpulkan tugas mata pelajaran, presentasi kakak kelas yang telah berpengalaman dalam kegiatan prakerin hingga menghadirkan nara sumber langsung dari dunia industri atau usaha untuk berdiskusi langsung dengan siswa – siswa SMK.

Tujuan Prakerin

Tujuan dari mata kuliah khusus ini adalah membantu siswa – siswi untuk memahami pengertian prakerin, membantu siswa – siswi agar cepat beradaptasi di lokasi prakerin, membantu siswa – siswi agar mampu berkompetisi dan bekerja secara maksimal, membantu siswa – siswi dalam hal etika, tata tertib di lokasi prakerin, serta membantu siswa – siswi dalam mengenal variasi lokasi prakerin.

Dengan demikian, dapat kita simpulkan bahwa tujuan sekolah mengadakan praktek kerja industri atau prakerin bagi siswa – siswi SMK adalah:

  • Melatih dan mengasah keterampilan siswa – siswi dalam dunia kerja
  • Menambah pengetahuan siswa – siswi tentang dunia kerja
  • Membentuk mental siswa – siswi dan memberi motivasi agar serius dan bersemangat dalammencapai cita- cita.
  • Menambah kreativitas siswa – siswi untuk mengembangkan bakat dan minat

Manfaat Bagi Siswa

Jika ditinjau dari tujuan prakerin seperti yang telah dibuat daftarnya diatas, maka prakerin ini memiliki manfaat besar bagi siswa itu sendiri, diantaranya:

  1. Menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki keahlian profesional, dengan keterampilan, pengetahuan, serta etos kerja yang sesuai dengan tuntutan zaman.
  2. Mengasah keterampilan yang di berikan sekolah menengah kejuruan ( SMK ).
  3. Menambah keterampilan, pengetahuan, gagasan – gagasan seputar dunia usaha serta industri yang professional dan handal.
  4. Membentuk pola pikir siswa -siswi agar terkonstruktif  baik serta memberikan pengalaman dalam dunia Industri maupun dunia kerja.
  5. Menjalin kerja sama yang baik antara sekolah dan perusahaan terkait, baik dalam dunia usaha maupun dunia Industri.
  6. Mengenalkan siswa – siswi pada pekerjaan lapangan di dunia industri dan usaha sehingga pada saatnya mereka terjun ke lapangan pekerjaan yang sesungguhnya dapat beradaptasi dengan cepat.
  7. Meningkatkan efisiensi waktu dan tenaga dalam mendidik dan melatih tenaga kerja yang berkualitas.
  8. Sebagai bentuk pengakuan dan penghargaan bahwa pengalaman kerja sebagai bagian dari proses pendidikan.
  9. Mempersiapkan sumber daya manusia berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan di era teknologi informasi dan komunikasi terkini.
  10. Memberikan keuntungan pada pihak sekolah dan siswa – siswi itu sendiri, karena keahlian yang tidak diajarkan di sekolah didapat didunia usaha/industri.

Manfaat Bagi Sekolah

Manfaat prakerin bagi sekolah sendiri sebenarnya tidak kalah banyaknya, berikut adalah beberapa manfaatnya.

  1. Menjalankan kewajiban undang undang
  2. Meningkatkan citra sekolah
  3. Meningkatkan hubungan sekolah dengan masyarakat.
  4. Meningkatkan popularitas sekolah di mata masyarakat.
  5. Memberikan kontribusi dan tenaga kerja bagi perusahaan.

Manfaat prakerin bagi perusahaan

Perusahaan sendiri mendapat manfaat yang cukup banyak, yaitu :

  1. Mendapatkan tenaga kerja sementara dengan “upah seikhlasnya”
  2. Mendukung program pendidikan pemerintah
  3. Meningkatkan citra perusahaan.

Manfaat prakerin bagi siswa, sekolah, dan untuk perusahaan cukup banyak dan dapat terus dilakukan terutama untuk siswa siswi SMK.

Artikel Sekolah Lainnya