17 Manfaat Peta Geologi Untuk Pembangunan dan Pemerintahan

Peta geologi merupakan peta yang tematik dan berhubungan dengan informasi tentang geologi di sebuah wilayah. Informasi yang didapat dari peta geologi ini berbentuk bebatuan yang menyusun permukaan bumi di wilayah tertentu yang disesuaikan dengan batas pada peta baik itu secara vertikal atau berada di bawah permukaan ataupun lateral atau menyebar.

Bebatuan yang menyusun permukaan bumi ini tersusun berdasarkan jenis seperti contohnya batuan metamorf seperti sekis dan gneiss, batuan beku seperti dasit, andesit serta basal, batuan sedimen seperti batu pasir dan batu lempung, batuan vulkanik seperti batu apung dan breksi vulkanik serta batuan yang belum kompak seperti kerikil, lempung dan juga bongkah. Untuk mengetahui apa saja manfaat peta geologi, silahkan simak ulasan lengkap yang kami berikan berikut ini.

Artikel terkait:

  1. Pemanfaatan Sumber Daya Alam

Peta geologi saat ini, kegunaannya sudah semakin meluas dan terperinci khususnya dalam bidang pengembangan dan juga pemanfaatan sumber daya alam dan juga mengelola lingkungan di Indonesia.

  1. Mendukung Perencanaan Pembangunan

Peta geologi dimanfaatkan pemerintah dan juga swasta untuk keperluan pemantauan, perencanaan dan juga evaluasi hasil dari pembangunan yang sedang dikerjakan. Dengan peta geologi juga bisa di dapat informasi yang penting untuk pengelola sekaligus untuk mengambil keputusan sebagai solusi pemecah masalah.

  1. Antisipasi Bencana

Peta geologi juga bisa dimanfaatkan untuk mengantisipasi bencana alam seperti tanah longsor. Data yang dihasilkan dari peta geologi tersebut bisa memperlihatkan potensi dari longsor serta memberi tanda beberapa titik yang memiliki potensi tinggi mengalami longsor.

  1. Peta Geologi Untuk Pembangunan Nasional

Peta geologi jika dilihat dari segi pembangunan nasional memiliki kegunaan untuk mendukung banyak program perencanaan pembangunan di sebuah wilayah yang mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan dan juga evaluasi. Informasi yang didapat dari peta geologi ini akan memberikan informasi dalam bentuk jenis dan juga penyebaran batuan, susunan morfologi, kemiringan lereng, urutan variasi bebatuan, tingkat rentan tanah dan juga pengambilan keputusan atas layak atau tidaknya sebuah wilayah untuk sebuah maksud atau tujuan.

Artikel terkait:

  1. Untuk Eksplorasi Sumber Mineral

Peta geologi juga bisa dimanfaatkan untuk eksplorasi terhadap sumber daya mineral seperti air tanah dan beberapa jenis mineral serta energi seperti migas konvensional serta unconventional.

  1. Tata Ruang Kawasan Bencana

Pada kawasan yang sering terjadi bencana alam seperti tsunami, longsor, gempa bumi dan letusan gunung berapi, peta geologi ini bisa dimanfaatkan untuk mengantisipasi beberapa kawasan yang sangat rentan terhadap bencana alam tersebut sehingga bisa diminimalisir mengenai korban jiwa.

  1. Rencana Tata Ruang

Untuk merencanakan sebuah pembangunan dan juga tata ruang, peta geologi bisa digunakan sebagai klasifikasi kualitas dari lahan pemukiman dan juga potensi air tanah pada sebuah wilayah, sehingga perencanaan yang sudah disusun tersebut bisa berjalan dengan baik.

  1. Transportasi dan Komunikasi

Peta geologi juga bisa digunakan dalam urusan transportasi serta komunikasi yakni untuk merancang jaringan pada jalan raya atau jalan umum, kelistrikan, berbagai pipa untuk air dan kegunaan lain serta untuk jaringan kabel telepon.

  1. Administrator Wilayah Baru

Pada sebuah wilayah yang baru saja dikembangkan, peta geologi berguna untuk menentukan kebijakan dari aspek fisik atau non fisik dari sebuah wilayah administrator baru tersebut. Peta geologi akan menampilkan informasi dari banyak karakteristik lokasi pada area pembangunan di wilayah tersebut dan data yang sudah tersusun tersebut, akan mempermudah pemerintah untuk membuat perencanaan pembangunan, pemantauan dan berbagai hal lain dengan hasil yang lebih akurat serta potensi dari lahan baru tersebut.

Artikel terkait:

  1. Memberikan Informasi Bawah Permukaan

Jenis peta geologi permukaan atau juga dikenal dengan sebutan peta rincian berguna untuk memberikan banyak informasi tentang formasi geologi yang berada di bawah permukaan. Peta ini akan berfungsi untuk melihat lokasi berbagai bahan bangunan seperti pasir dan kerikil, sumber mata air, drainase, membuat lapangan terbang dan jalan dan berbagai kegunaan lainnya.

  1. Memberikan Keterangan Tentang Lokasi Pengeboran

Peta geologi bisa digunakan sebagai peta ungkapan atau outcrop map yang biasanya memiliki skala besar. Peta ini berguna untuk memberikan keterangan, lokasi pengeboran dan memperlihatkan sifat dari bebatuan serta kondisi struktural. Peta geologi akan digunakan untuk menentukan material pecahan batuan ditemukan yang berada di bawah permukaan.

  1. Memberikan Pengamatan Formasi

Pengamatan langsung pada beberapa formasi yang sudah terungkap juga bisa didapat dari peta geologi. Tidak hanya itu, namun peta geologi juga akan memberikan informasi tentang beberapa daerah yang misalnya tertutup oleh lapisan holosen.

  1. Sebagai Peta Struktur

Peta geologi juga bisa digunakan sebagai peta struktur dengan skala sedang sampai besar. Peta ini akan memperlihatkan garis dari kedalaman yang dikonstruksi pada permukaan lapisan tertentu yang terletak di dalam bawah tanah.

  1. Untuk Studi Stereoskopik

Peta geologi yakni jenis fotogeologi bisa digunakan untuk mengambil foto udara secara vertikal ke bawah untuk studi stereoskopik seperti paralaks, mengukur selisih ketinggian dan juga membuat kontur. Peta ini akan memberikan gambaran topografis dengan sangat detail yang bisa dipakai untuk perencanaan jalan, bendungan dan beberapa bangunan lainnya.

Artikel terkait:

  1. Membedakan Daerah Mengandung Air

Peta geologi berjenis hidrogeologi bisa dimanfaatkan untuk membedakan daerah yang memiliki kandungan air tanah dalam batuan berpori, batuan sekunder berpori seperti daerah karst dan juga daerah mana yang tidak mengandung air tanah dalam jumlah yang cukup seperti dataran tinggi.

  1. Informasi Sumber Daya Migas dan Mineral

Peta geologi juga bermanfaat untuk memberikan informasi mengenai eksplorasi migas dan sumber daya mineral seperti memberi kelengkapan informasi yang dipakai pengguna, memberikan keseragaman format supaya bisa dipakai semua pihak serta bertukar informasi dengan data lainnya pada daerah yang sama, sebagai format dasar supaya mempermudah penggunaan global dan sebagainya.

  1. Mencari Endapan Mineral Berharga

Peta geologi juga bisa digunakan untuk letak endapan mineral berharga seperti emas, timah, tembaga, mangan dan berbagai mineral berharga lainnya. Peta geologi akan memberikan rincian letak beberapa mineral berharga tersebut dengan akurat.

Artikel terkait:

Selain beberapa kegunaan diatas, peta geologi juga bisa dimanfaatkan untuk memberikan rekaman aktivitas penambang dengan menggunakan satelit, mata air panas, jejak longsor dan berbagai kegunaan lainnya. Sedangkan untuk pembuatan peta geologi sendiri bisa dilakukan dengan cara pemetaan geologis konvensional atau ground truth serta pemetaan geologi memakai teknologi satelit atau remote sensing geological mapping. Semoga ulasan tentang manfaat peta geologi ini bisa memberikan banyak informasi untuk kamu.