15 Manfaat Mempelajari Bahasa Asing Dalam Kehidupan

Bahasa adalah suatu pengantar komunikasi antara suatu individu dengan individu lainnya. Macam – macam alat komunikasi dan manfaatnya salah satunya bahasa. Bahasa sangat penting untuk dapat mengetahui maksud dan tujuan orang lain. Dalam bidang pekerjaan misalnya keahlian dalam bahasa sangat di perlukan terlebih bahasa asing seperti bahasa inggris. Bahasa inggris merupakan bahasa internasional yang banyak digunakan di seluruh dunia.

Untuk bekerja di perusahaan asing bahasa inggris anda harus tergolong lancar biasanya perusahaan akan meminta ijazah nilai toefl ataupun toeic. Bahasa inggris ini merupakan bahasa asing yang memiliki segudang manfaat jika anda mempelajarinya, berikut ini manfaatnya :

1. Menambah sumber pendapatan

Jika kamu lancar berbahasa asing kamu bisa menjadikannya sumber pendapatan tambahan. Salah satunya kamu bisa menjadi penerjemah bahasa asing. Kamu bisa mempromosikan kemampuannya melalui manfaat media sosial di berbagai bidang. Di zaman teknologi manfaat it seperti ini media sosial banyak di manfaatkan oleh banyak orang. Carilah keuntungan lewat sana. Selain menjadi penerjemah kamu juga bisa membuka usaha les bahasa asing. Usaha les bahasa asing ini dapat kamu buka di tempat tinggal kamu.

2. Menambah ilmu pengetahuan

Manfaat membaca buku menjadikan kita pintar. Buku-buku yang banyak di pasaran terdiri dari buku bahasa indonesia, terjemahan dari bahasa asing ke bahasa indonesia. Tapi jika kamu lancar berbahasa asing kamu bisa membeli buku bahasa asing yang tidak diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia. Buku bahasa asing banyak memberikan ilmu pelajaran yang dapat menambah ilmu pengetahuan kamu.

3. Saat rekreasi ke luar negeri

Sewaktu kamu merencanakan jalan – jalan sendiri keluar negeri, tidak akan menjadi beban buat kamu. Manfaat rekreasi  dan kamu  ingin bersenang – senang setelah berbulan – bulan bekerja. Dan saat ini waktu untuk cuti dari pekerjaan sementara waktu. Kalau kamu jago bahasa asing kamu tidak perlu repot mambawa kamu kemana – mana. Kamu bisa berkomunikasi dengan lancar pada penduduk sekitar.

4. Mudah belajar bahasa asing lainnya

Saat kamu lancar bahasa asing seperti bahasa inggris, maka untuk mempelajari bahasa asing lainnya seperti bahasa jepang akan terasa mudah oleh dirimu. Yang paling penting kuasai salah satu  bahasa asing dulu dan pastikan kamu telah lancar menggunakannya untuk berkomunikasi. Setelah itu baru kemudian mempelajari bahasa asing lainnya.

5. Mengambil keputusan secara rasional

Dengan kemapuan kamu berkomunikasi denga dua bahasa kamu jadi lebih rasional dalam mengambil keputusan. Ini karena orang yang bisa dua bahasa otaknya akan memproses suatu masalah kemudian mengambil keputusan tidak menggunakan emosi semata. Tapi juga secara logika agar hasil dari keputusan itu tidak memberi dampak yang negatif kedepannya.

6. Kamu jadi lebih pintar

Saat orang-orang seusiamu hanya menggunakan satu bahasa, dan kamu bisa beberapa bahasa dan semuanya kamu komunikasikan denga lancar. Maka kamu akan terlihat lebih istimewa dan cerdas. Kata cerdas akan lansung ditujukan kepadamu karena kemampuanmu itu. jadi tidak ada salahnya mulai sekarang kamu mencoba mempelajari bahasa asing.

7. Kesempatan bekerja di luar negeri

Jika kemampuan bahasa asingmu tidak diragukan lagi. Kamu dapat mencoba untuk melamar pekerjaan di luar negeri. Siapa tahu kamu diterima menjadi salah satu karyawannya. Sangat membanggakan bukan bekerja di luar negeri.

8. Untuk berwirausaha

Kamu seorang pengusaha maka sangat menguntungkan jika kamu tidak hanya berwirausaha di dalam negeri tapi produkmu juga di promosikan di luar negeri. Untuk menembus pasar luar sebagai pengusaha kamu di tuntut untuk dapat berbahasa asing. Kemampuan kamu berbahasa asing ini akan melancarkan bisnis wirausahamu itu. Ini karena kamu yang lansung turun tangan untuk negosiasi dan lebih leluasa untuk berkomunikasi dengan partner bisnismu yang merupakan warga negara asing.

9. Meningkatkan kepercayaan diri

Ya, bisa berbahasa asing menjadikan kamu lebih percaya diri di lingkungan sekitarmu. Di lingkungan kerja kamu akan jadi karyawan yang percaya diri dalam meyelesaikan masalah dan pekerjaan yang ada di perusahaan.

10. Memudahkan mendaftar beasiswa ke luar negeri

Salah satunya dapat melancarkan urusan kamu untuk mendapatkan beasiswa sekolah keluar negeri. Sekolah diluar negeri siapa yang tidak mau ? Manfaat kuliah bagi masa depan kamu.  Jadi mulai sekarang rajin – rajinlah untuk belajar bahasa asing. Beasiswa keluar negeri sekarang ini sangat banyak di Indonesia, salah satu syaratnya adalah dengan kelancaran berbahasa asingmu.

11. Mencegah penyakit lupa

Jika sewaktu muda kamu bisa berbahasa beberapa bahasa. Saat berusia lanjut kamu akan terhindar dari penyakit lupa. Penelitina telah membuktikan bahwa lansia yang dapat berbahasa lebih dari satu lama mengalami penyakit lupa karena usia dibanding seusia mereka yang semasa hidupnya hanya menggunakan satu bahasa saja.

12. Mengubah cara pandang

Dengan kemampuan kamu berbahasa asing, ini akan menambah pengetahuan kamu tentang bahasa. Kemampuan kamu ini mengubah cara pandang kamu terhadap dunia dan kamu merasakan manfaat belajar filsafat bagi kehidupan. Kamu menjadi orang yang memiliki cara pandang yang berbeda dari orang lain. Kamu begitu istimewa,

13. Meningkatkan konsentrasi

Kamu yang bisa bahasa asing akan punya tingkat konsentrasi yang lebih tinggi dan fokus. Ini karena untuk fokus pada satu bahasa kamu akan lebih fokus untuk mendengarkan ejaan yang keluar. Konsentrasi sangat di perlukan disini dan karena kamu sering berkonsentrasi maka dapat meningkatkan konsentrasi untuk kamu.

14. Mengajarkannya pada anak

Kamu wanita dan seorang ibu bagi anakmu, Jika kamu pandai berbahasa asing kemampuanmu ini dapat kamu ajarkan pada anakmu. Anak yang masih kecil akan cepat menangkap jika diajari bahasa baru bagi dirinya. Ajari mereka sambil bermain agar mereka senang . Jangan memaksa mereka karena nanti mereka merasa terpaksa ini juga tidak baik bagi anak.

15. Membantu memperkenalkan budaya ke luar negeri

Jika kamu pandai berbahasa asing terutama bahasa inggris. Maka kamu dapat menjadi seseorang yang memperkenalkan budaya indonesia di manca negara.  Pertemuan-pertemuan budaya di suatu negara kadang sangat baik agar negara lain juga melirik Indonesia. Indonesia memiliki banyak manfaat keberagaman budaya. Mulai dari sabang sampai marauke yang belum sepenuhnya diketahui oleh banyak orang. Gunakan kesempatan ini untuk membantu memperkenalkan budaya Indonesia di kancah internasional. Tidak ada salahnya kamu dapat membantu mempromosikan ke luar negeri dengan bahasa inggris yang kamu kuasai.

Itulah manfaat dari kamu belajar bahasa asing, jadi mulai sekarang rajinlah menuntut ilmu untuk masa depan yang lebih baik.