8 Manfaat Bersosialisasi Dengan Orang Lain

Manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan orang lain untuk tetap bisa bertahan hidup. Hal ini sudah menjadi ketetapan yang tidak bisa dipungkiri lagi. Bisa kita bayangkan apabila kita hidup di dunia ini sendiri tanpa bantuan orang lain, apa yang akan terjadi ? Pasti kita akan kebingungan, kita tidak tahu arah, tidak bisa mendapatkan apa-apa dan bahkan kita akan meninggal dunia. Dalam al-Qur’an pun juga disebutkan bahwa “manusia itu diciptakan berpasang-pasang”. Dari kutipan tersebut sudah terbukti bahwa memang manusia butuh pihak lain untuk hidup di dunia ini.

Namun dalam kenyataannya ada beberapa orang yang memilih untuk sendiri, tertutup tanpa mau berbagi dengan orang lain. Bisa kita lihat tidak ada satupun dari mereka yang hidupnya tenang atau nyaman. Mereka selalu merasa kurang dan sulit untuk mencapai tujuan hidup mereka. Secara logika pekerjaan yang berat bisa dengan mudah diselesaikan jika dilaksanakan dengan gotong royong atau bekerjasama. Dan pekerjaan yang ringanpun akan merasa berat jika dikerjakan sendirian. Dari sudut manapun sendiri itu tidak ada guna dan manfaatnya.

Selanjutnya kita akanb membahas tentang manfaat yang kita peroleh ketika kita bersosialisasi atau berinteraksi dengan orang lain :

  1. Berbagi Ilmu

Tidak bisa dipungkiri ketika kita bersosialisasi dengan orang banyak maka kita akan bisa berbagi ilmu. Bisa dibilang dengan istilah belajar dan mengajar. Maksudnya, ketika kita memiliki pertanyaan atau problem yang tidak bisa kita pecahkan, kita bisa bertanya kepada ahlinya. Sehingga kita bisa memecahkan permasalahan tersebut sekaligus mendapat ilmu dan pengetahuan yang baru. Kitapun juga bisa berbagi ilmu dengan orang lain, ketika orang lain bertanya suatu hal yang ada di ruang lingkup keahlian kita, kita bisa memberikan penjelasan kepada mereka. Dengan ilmu maka kita akan mendapat pahala yang tidak putus-putus. Dalam islam ada beberapa ibadah yang pahalanya akan terus mengalir, diantaranya :

  1. Tempat curhat

Ketika kita bersosialisasi dengan orang lain kita bisa menuangkan kesedihan atau kegalauan pada mereka. Kita akan mendapatkan tempat untuk curhat permasalahan hidup kita. Di sini kita akan mendapat pencerahan ataupun motivasi dari mereka. Kita akan menemukan sebuah soluisi untuk kegalauan kita. selain itu kita juga mendapatkan suntikkan motivasi tambahan karena, ketika kita bersosialisasi dengan orang banyak kita merasa ada yang peduli dengan kita, kita tidak sendiri hidup di dunia ini.

  1. Membangun jaringan (networking)

Di era yang penuh tantangan ini kita membutuhkan sebuah jaringan untuk bisa tetap bertahan dan eksis. Dalam sebuah perkumpula kita akan mendapatkan banyak teman yang memiliki berbagai macam backround. Kita bisa manfaatkan hal ini sebagai media untuk membuat suatu jaringan. Dimana jaringan disini nanti akan saling membantu ketika ada anggotanya membutuhkan. Contohnya ketika kita sulit mendapatkan sebuah pekerjaan dan kebetulan dalam jaringan kita ada salah satu anggota yang memiliki sebuah perusahaan kita bisa meminta bantuan kepada dia untuk mencarikan kita sebuah pekerjaan.

  1. Menghasilkan sebuah inovasi (temuan baru)

Dalam suatu perkumpulan pasti ada tukar pendapat antara satu orang dengan yang lainnya. Dalam peristiwa ini pasti ada suatu kesimpulan yang didapat dari berbagai pendapat tersebut sehingga akan muncul sebuah rumusan baru yang mungkin bisa bermanfaat bagi orang banyak. Salah satu contohnya adalah, ketika bahan bakar habisa atau mulai langka, kita bisa berbgai pendapat dan berbagi ide sehingga akan muncul suatu inovasi yaitu bahan bakar alami dari kotoran sapi. Dan masih banyak lagi contohnya.

  1. Membuat suatu perubahan

Sebuah perubahan akan terjadi ketika kita bersosialisasi ataupun bekerjasama. Tidak bisa dipungkiri, perubahan merupakan salah satu hal yang sulit untuk diciptakan atau diraih ketika kita sendiri. Namun perubahan akan mungkin terjadi ketika kita bersama. Karena ketika kita bersama, kita akan lebih mudah menghadapi semua tantangan, kita akan menyusun suatu rumusan untuk melakukan perubahan dan masih banyak lainnya. Contohnya adalah negara kita, status terjajah bisa berubah menjadi merdeka karena peranan dari para pahlawan dan orang terdidik di Indonesia. Mereka bersosialisasi menjadi satu untuk merumuskan sebuah kemerdekaan, dan akhirnya atas izin Allah dan kerja keras mereka, negara kita bisa merdeka. Ada beberapa aktivitas yang mampu memberikan perubahan dalam hidup anda, antara lain :

  1. Memenuhi kebutuhan hidup

Hidup di dunia ini pasti kita memiliki sebuah kebutuhan sebagai penunjang hidup kita, mulai dari kebutuhan pokok, seperti sembako, kebutuhan sekunder, seperti kendaraan dan masih banyak lainnya. Kita bisa mendapatkan itu semua ketika kita bersosialisasi dengan orang lain. Contohnya adalah pasar. Pasar merupakan sebuah perkumpulan penjual dan kita sebagi pembeli bisa membeli kebutuhan kita disitu, sehingga kebutuhan hidup kita bisa terpenuhi.

Artikel Terkait :

  1. Menyalurkan bakat

Semua manusia pasti memiliki bakat dan minat sendiri-sendiri. Dan hal itu bisa dicari dan dikembangkan ketika kita bersosialisasi dengan banyak orang, misalkan kita memiliki bakat bermain bola ketika tidak ada orang lain maka tidak akan pernah bisa kita menyalurkan bakat kita dan tidak bisa menunjukkan keahlian kita.

  1. Mengukuhkan eksistensi diri

Sifat alamiah manusia adalah ingin eksis dan dihargai orang lain. Kita tidak akan mungkin mendapatkan penghargaan dan pengakuan dari orang lain ketika kita tidak membaur dengan orang lain. Kita bisa menunjukkan kelebihan dan kekuatan kita kepada orang banyak dan mereka akan mengakui kehebatan kita. namun bila kita sendiri, tidak akan ada pihak yang menghargai dan memuji kita.

Baca juga :

  1. Mempererat tali silaturrahmi

Secara otomatis ketika kita bersosialisasi dengan banyak orang maka di situlah kita akan menjalin tali silaturrahmi. Kita akan mendapatkan banyak saudara yang akan membantu ketika kita mengalami kesusahan dan selalu mendampingi kita dalam kondisi bahagia, jika dikeluarga bagaikan manfaat dongeng. sedangkan dalam masyarakat bisa dilihat dari manfaat qurban.

Itulah bebrapa manfaat yang kita dapat ketika kita bersosialisasi dan berinteraksi dengan orang di sekitar kita. Namun ada beberapa hal yang harus diingat ketika kita bersosialisasi dengan orang banyak. Kita harus selalu menjaga perasaan orang sekitar kita dan berusaha berbuat baik dalam kondisi apapun. Jadi mulai sekarang berbaurlah dengan orang disekitar kita untuk mendapatkan pelajaran hidup yang luar biasa.