14 Manfaat Mempelajari Ilmu Kimia Bagi Kehidupan Di Berbagai Bidang

Seiring berjalannya waktu banyak ilmu-ilmu baru yang lahir di dunia ini. Hal ini memudahkan kita untuk mengakses pengethauan baru dan mempelajari sesuatu yang kita belum mengerti. Salah satu ilmu tersebut adalah ilmu kimia. Ilmu kimia merupakan cabang ilmu dari manfaat ilmu pengetahuan alam yang sangat penting bagi kita, karena hidup kita ini tidak lepas dari apa itu kimia. Percaya atau tidak tubuh kita ini tersusun dari beberapa senyawa kimia, selain itu peristiwa yang sering kita lihat juga kebanyakan mengandung unsur-unsur kimiawi. (artikel terkait : manfaat ilmu kimia)

Kehadiran kimia di hidup kita memberikan perubahan baik. Banyak manfaat yang bisa kita dapat dari mempelajari ilmu kimia. Tidak perlu diragukan lagi manfaat yang kita peroleh dari belajar ilmu kimia. Namun sebelum kita membahas tentang manfaat mempelajari ilmu kimia, alngkah baiknya kita mengenal lebih dalam tentang ilmu kimia. Dalam dunia ini ilmu kimia dibedakan menjadi beberapa jenis antara lain :

  • Kimia organik

Dalam bidamg ini membahas tentang bahan-bahan alami, yang menjadi pusat kajiannya adalah senyawa-senyawa organik (senyawa hidrokarbon), seperti manfaat alkohol, manfaat minyak bumi dan masih banyak lainnya.

  • Kimia anorganik

Bidang ini lawannya organik, jika kimia organik membahas tentang senyawa organik, maka di bidang ini yang menjadi pusat kajian adalah senyawa-senyawa anorganik, seperti mineral, manfaat garam dan lain sebagainya.

  • Biokimia

Dari namanya sudah bisa ditebak bahwa bidang ini memiliki keterkaitan dengan ilmu lain yaitu biologi. Dalam bidang ini mempelajari sesuatu yang berkaitan dengan biologi, terutama mengenai sifat dan komposisi senyawa serta hasil reaksi perubahannya. Senyawa senyawa yang dipelajari meliputi manfaat karbohidrat, manfaat protein, manfaat lemak, manfaat vitamin, manfaat enzim, manfaat hormon dan masih banyak lainnya.

  • Kimia analitik

Dalam bidang inilah kita menemui kimia kualitatif dan kuantitatif, dalam bidang ini fokus pada pengembangan dan aplikasi peralatan analisis yang semakin canggih.

  • Kimia lingkungan

Sama seperti namanya, bidang ini fokus pada permasalahan seputar lingkungan, seperti pencemaran, pengolahan limbah ataupun sampah, pengolahann air bersih dan masih banyak yang lainnya.

  • Kimia inti (Radiokimia)

Bidang  radiokimia ini memfokuskan kajiannya pada zat-zat radioaktif, tentang penanganan dan pemanfaatannya seperti penggunaan pengobatan, pertanian, dan hidrologi.

  • Kimia farmasi

Bidang ini fokus pada pembuatan obat-oabatan, dari proses pemisahan, pembuatan, dan pengembangan bahan-bahan alam yang mengandung zat aktif.

  • Kimia fisik

Bidang ini memiliki kesinambungan dengan ilmu fisika, sehingga bidang ini memfokuskan kajian  pada energi yang terjadi pada reaksi kimia, sifat fisik kimia dan perubahan senyawa kimia.

  • Kimia pangan

Bidang ini membahas tentang hal-hal yang berkaitan dengan kebutuhan pangan, seperti kualitas bahan pangan, zat-zat yang ada di dalamnya dan masih banyak lainnya.

Itulah beberapa jenis ilmu kimia yang ada, selanjutnya kita akan membahas tentang manfaat dari mempelajari ilmu kimia. Berikut ini manfaat ilmu kimia bagi diri kita :

  1. Memperoleh pengetahuan baru

Dengan sendirinya ketika kita belajar ilmu kimia, kita menambah wawasan pengetahuan dalam diri kita, yang awalnya belum tahu proses bernafas, kita jadi tahu. Yang sebelumnya penasaran tentang bagaimana proses terjadinya bisa terjawab. Jadi dengan mempelajari ilmu kimia kita akan mendapatkan wawasan berharga tentang peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam hidup kita. (Baca juga : manfaat menuntut ilmu)

  1. Mengetahui kandungan kimia yang ada di makanan dan minuman

Di era globalisasi banyak makanan dan minuman siap saji. Tentu di dalamnya terdapat kandungan zat yang berbahaya bagi tubuh kita. Dengan mempelajari ilmu kimia kita akan mampu mengetahui mana yang baik dan mana yang buruk bagi kesehatan kita. jadi kita bisa lebih bijak dalam memilih manfaat makanan dan manfaat minuman bagi kita.

  1. Memahi kekuasaan Allah

Semua peristiwa yang ada disekitar kita merupakan tanda-tanda kekuasaan Allah. Ketika kita mempelajari ilmu kimia, kita akan tahu betapa rumitnya proses dari suatu peristiwa yang kecil sekalipun, kita memandang bernafas itu ya seperti itu, namun sebenarnya proses respirasi itu sangatlah rumit, tidak ada makhluk yang mampu menciptakan dan memprogramkan semua hal yang sulit dengan mudah. Tapi dengan kekuasaanNya Allah bisa melakukannya.

Artikel terkait :

  1. Sebagai lapangan pekerjaan

Dengan mempelajari ilmu kimia kita akan mendapatkan sebuah pekerjaan yang mampu untuk memnuhi kebutuhan kita. ketika kita sudah ahli di bidang kimia, kita bisa menjadi guru, kita bisa bekerja di perusahaan yang bergerak di bidang kimia dan lainnya.

  1. Memenuhi kewajiban

Bagi kita yang masih pelajar SMP atau SMA mempelajari ilmu kimia mampu memnuhi kewajiban kita sebagai murid. Kimia merupakan salah satu pelajaran yang wajib kita ikuti dan pelajari, dengan begitu kewajiban kita sebagi murid yang belajar di sekolah bisa terpenuhi.

Artikel tentang kewajiban seorang muslim :

Manfaat Ilmu Kimia di berbagai Bidang

Setelah membahas sekilas tentang apa sih yang kita dapatkan dari mempelajari kimia, selanjutnya kita akan membahas manfaat ilmu kimia dalam kehidupan ini lebih luas lagi, yaitu dalam berbagai bidang yang ada di hidup ini, diantaranya :

  1. Bidang kedokteran

Ilmu kimia memberikan sumbangsih sangat besar di bidang kedokteran. Orang-orang yang sakit membutuhkan obat-obatan dalam proses penyembuhan, dan obat tersebut diproduksi oleh farmasi yang termasuk ke dalam cabang ilmu kimia. Dengan mempelajari ilmu kimia terutama farmasi, maka kita bisa memproduksi obat-obatan sesuai kebutuhan pasien.

  1. Bidang pertanian

Pasti anda sudah tidak asing dengan pestisida dan pupuk. Dua bahan ini merupakan pembantu petani dalam  kesuksesan pertaniannya. Dengan adanya pupuk dan pestisida ini hasil panen akan lebih banyak dan melimpah. Dua bahan ini bisa tercipta dengan mempelajari ilmu kimia.

  1. Bidang geologi

Berbicara tentang geologi kegiatan yang sering dilakukan adalah penelitian batu-batu (mineral) dan pertambangan gas ataupun minyak bumi. Proses penentuan unsur-unsur yang menyusun mineral dan tahap persiapan sebelum eksplorasi menggunakan dasar-dasar ilmu kimia. Jadi dengan mempelajari ilmu kimia, kita akan mampu memahami serta mengerti temuan dari para ahli tentang batuan dan benda-benda alam.

  1. Bidang biologi

Dalam bidang biologi, ilmu kimia berperan untuk mempelajari makhluk hidup, yaitu pada proses pencernaan makanan, manfaat pernafasan, metabolisme, fermentasi, fotosintesis dan lain-lain. Tidak hanya itu dalam biologi, ilmu kimia juga masuk dalam struktur dan sifat suatu senyawa.

  1. Bidang hukum

Mungkin kita berfikir, apakah ada hubungannya kimia dengan hukum. Ternyata ada, anda tahu tentang forensik. Tes urin atau tes DNA pelaku atau tersangka membutuhkan ilmu kimai untuk memprosesnya.

  1. Bidang mesin

Ternyata dalam dunia permesinan, ilmu kimia juga dibutuhkan kehadirannya. Dengan mempelajari ilmu kimia, kita bisa menentukan sifat dan komposisi logam yang baik   untuk pembuatan mesin, selain itu kita juga bisa menentukan bahan bakar yang digunakan.

  1. Bidang teknik sipil

Dalam  teknik sipil, kita akan menemui bahan-bahan seperti kayu, cat, paku, semen, PVC dan lainnya. Semua bahan itu dihasilkan melalui riset yang berdasarkan ilmu kimia.

  1. Bidang peternakan

Dalam peternakan, ilmu kimia sangat diperlukan untuk menentukan makanan sehat yang baik untuk hewan ternak kita. Selain itu juga bisa untuk membuat bibit unggul.

  1. Bidang Pangan

Mempelajari ilmu kimia mampu membuat kita memahami tentang bahan pangan yang baik bagi tubuh kita. bahan pangan yang kita konsumsi sebenarnya harus melalui proses penelitian secara kimiawi untuk memastikan bahan pangan boleh diederkan ke pasaran.

Begitu banyak manfaat yang akan kita rasakan ketika kita mempelajari ilmu kimia. Dengan mendalami ilmu kimia kita akan bisa memberikan kontribusi dalam perubahan di negara ini. Namun alangkah baiknya ilmu kimia yang kita pelajari dikombinasikan dengan agama, yaitu dengan Manfaat membaca Al-Qur’an dan hadis, maka hasil yang akan kita peroleh akan lebih bagus dan efektif.

, , ,
Oleh :
Kategori : Pendidikan