Manfaat Daun Binahong Untuk Asam Urat Tinggi

Tanaman binahong yang memiliki nama latin Basela rubra linn, merupakan tanaman yang berasal dari daratan china atau tiongkok. Tanaman ini mampu hidup di daratan tinggi maupun di daratan rendah. Di china, tanaman binahong disebuh dengan Deng chan shi yang sudah digunakan sebagai salah satu obat herbal untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan. Ada banyak jenis penyakit yang bisa diatasi dengan tanaman binahong ini baik itu penyakit ringan maupun penyakit berat.

artikel terkait manfaat daun binahong:

Tanaman binahong tumbuh dengan cara merambat dan tingginya bisa mencapai 5 meter. Daun binahong ada yang berwarna hijau namun juga ada yang berwarna merah tergantung pada jenisnya. Bentuk daunnya ini melengkung seperti bentuk hati atau seperti bentuk daun waru dan daun sirih. Batang tanaman binahong berwarna merah kehitaman dan membelit objek terdekatnya. Bagian dari tanaman binahong ini mampu dijadikan sebagai obat herbal. Oleh karena itu anda tidak perlu ragu lagi jika ingin menanam tanaman binahong.

Manfaat daun binahong untuk asam urat

Penyakit asam urat atau gout merupakan kondisi dimana adanya kelebihan zat purin di dalam tubuh. purin dapat berasal dari makanan dan minuman misalnya saja jeroan, makanan kaleng, makanan laut, daging, telur dan kaldu. Zat purin ini kemudian oleh tubuh menjadi asam urat. Asam urat sebenarnya akan secara alami dikeluarkan oleh tubuh melalui mekanisme penyaringan di dalam ginjal dan kemudian dikeluarkan melalui urin. Namun jika zat purin ini berlebihan di dalam tubuh maka ginjal pun tidak akan mampu mengolahnya dengan baik dan pada akhirnya mengakibatkan penumpukan yang terjadi di bagian tulang dan sendi. Akibatnya terjadi penumpukan Kristal asam urat yang mengakibatkan tulang terasa nyeri, bengkak dan mengakibatkan radang pada bagian persendian.

Setelah dilakukan penelitian, daun binahong ternyata mengandung banyak zat kimia bermanfat seperti polifenil, oleanotik, alkaloid, minyak astiri dan saponin. Daun binahong juga sangat efektif jika dijadikan sebagai antibiotic alami karena kandungan saponin didalamnya yang kemudian dilarutkan dalam alkohol 70 persen. Selain itu kandungan alkaloid di dalam daun binahong juga mampu mengatasi penyakit diabetes karena mampu menurunkan angka hipeglemik pada penderita diabetes. Pada penelitian juga membuktikan bahwa daun binahong mampu menjadi obat asam urat yang akan ampuh mengusir asam urat pada tubuh anda.

artikel terkait: manfaat jinten hitam untuk asam uratmanfaat oatmeal untuk asam uratmanfaat jeruk nipis untuk asam urat

Cara Mengolah Daun Binahong Untuk Asam Urat

Setelah anda mengetahui khasiat dari daun binahong ini mungkin anda bertanya-tanya bagaimana caranya untuk mengolah daun binahong supaya bisa dikonsumsi. Sebenarnya anda bisa membeli ekstrak daun binahong namun memang peredaran obat tersebut belum begitu banyak alias masih langka. Oleh karena itu sebaiknya anda mengolahnya sendiri supaya lebih baik dan sehat bagi tubuh anda.

Bahan:                                                                              

  • 20 lembar daun binahong yang masih mudah
  • Air matang 8 gelas

Cara membuat:

  • Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah dengan mencuci daun binahong sampai bersih dan kemudian remaslah sampai daun binahong mengeluarkan lendir.
  • Setelah itu rebuslah daun binahong tadi dengan menggunakan 8 gelas air dengan nyala api sedang saja. rebus daun binahong tersebut sampai mendidih dan sampai airnya menyusut kira-kira menjadi 3 gelas saja. kemudian setelah itu angkat dan diamkan sebentar sampai agak dingin. Kemudian saring dan ramuan daun binahong siap untuk diminum.
  • Untuk mendapatkan hasil yang maksimal sebaiknya anda mengonsumsinya sebanyak 3 kali sehari satu gelas tiap anda meminumnya. Rasanya meskipun agak pahit namun harus tetap anda minum karena akan membuat penyakit asam urat yang anda alami menjadi sembuh.

Jika anda mengalami bengkak dan radang karena asam urat maka anda bisa menggunakan daun binahing yang sudah ditumbuk dan kemduian dioleskan pada bagian tulang yang bengkak dan radang. Tanaman binahong ini sangat mudah tumbuh di rawa-rawa atau di tepi sungai, jadi mungkin anda sering melihat tanaman ini namun anda tidak menyadarinya. Tanaman ini memang suka tumbuh dimana saja dan mungkin tidak anda sadari keberadaannya. Mulai saat ini jangan remehkan khasiat dari daun binahong ini ya, dan tetap jaga keberadaan tanaman binahong supaya bisa dijadikan sebagai obat herbal bagi berbagai masalah kesehatan anda dan keluarga.

Baca juga :

Cara Mencegah asam urat

Penyebab terjadinya penyakit asam urat adalah karena terlalu banyaknya zat purin dalam tubuh yang disebabkan oleh terlalu banyak asupan makanan yang mengandung purin. Oleh karena itu bagi anda yang mengalami penyakit asam urat sebaiknya untuk menghindari makanan yang mengandung purin tinggi dan bagi anda yang belum menderita asam urat juga bisa dijadikan tindakan pencegahan supaya tidak terkena penyakit asam urat. Berikut ini adalah daftar makanan yang harus menjadi pantangan bagi penderita asam urat.

  • Daging-dagingan. Daging mengandung zat purin yang tidak terlalu banyak sehingga anda masih sah saja untuk mengonsumsinya namun jangan terlalu berlebihan. Jika anda makan daging sebaiknya pilih bagian daging yang tidak mengandung lemak di dalamnya.
  • jeroan. Bagi anda yang mengalami asam urat sangat tidak disarankan untuk mengonsumsi jeroan seperi jantung dan hati. Keduua organ dalam tersebut adalah makanan yang mengandung purin tertinggi. So, jauhi sebisa mungkin ya.
  • Makanan laut. Meskipun rasanya enak namun anda disarankan untuk membatasi konsumsinya. Makanan laut seperti kepiting, ikan asin, ikan teri, ikan makarel, ikan kembung, sarden, kerang, tiram, udang, lobster dan lainnya harus anda jaga porsinya. Hal ini juga untuk kebaikan anda sendiri karena makanan laut juga mengandung purin cukup tinggi.
  • sayuran. Setidaknya ada beberapa jenis sayuran yang harus anda waspadai dan batasi konsumsinya karena termasuk dalam mengandung purin tinggi diantaranya adalah bayam, kacang polong, asparagus, jamur dan kembang kol. Meskipun resiko purin dari sayuran ini tidak begitu signifikan namun anda tetap harus mewaspadainya.
  • Bir atau minuman keras lainnya. mengandung zat purin yang tinggi dan juga gula tinggi. sehingga jika anda mengonsumsinya maka selain akan beresiko menderita asam urat juga akan beresiko menderita diabetes. Jadi, stop minum minuman keras mulai saat ini juga.

Demikian ulasan mengenai manfaat daun binahong untuk mengatasi asam urat dan juga berbagai jenis makanan yang menjadi pantangan bagi penderita asam urat. Semoga bisa membantu anda dan semoga bermanfaat. Terima kasih.

, , ,
Oleh :
Kategori : Herbal