Manfaat Seledri Untuk Penderita Asam Urat

Asam urat dapat disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat seperti pola hidup yang tidak teratur terutama juga gemar mengkonsumsi makanan yang dapat meningkatkan kadar kolesterol. Jadi peningkatan kolesterol dalam darah dapat menyebabkan munculnya gejala dari asam urat. Gejala awal dari asam urat adalah rasa nyeri yang tidak tertahankan di ujung jempol kaki, rasa nyeri seakan ditusuk-tusuk oleh jarum, sulit untuk bergerak karena rasa nyeri yang timbul dan pembengkakan yang terjadi. Makanan – makanan yang di konsumsi seperti jeroan, daging merah dan alkohol wajib untuk dihindari agar asam urat tidak tiba – tiba kambuh. Dan ada beberapa poin penting yang harus anda ketahui untuk mencegah agar asam urat tidak kambuh yaitu :

  • Minum air putih

Salah satu cara untuk mencegah agar asam urat tidak kambuh lagi adalah dengan meminum air putih yang cukup bagi tubuh. Hal ini bertujuan untuk mengeluarkan zat asam yang ada di dalam tubuh melalui pengeluaran urine secara teratur. Sehingga ada baiknya untuk tidak melupakan minum air putih yang cukup. Tanda – tanda dari tubuh yang menandakan air yang ada di dalam tubuh cukup adalah warna urine yang keluar dari tubuh. Saat warna urine bening seperti air mineral itu menandkan asupan kebutuhan tubuh akan cairan terpenuhi sedangkan sebaliknya terjadi jika urine berwarna kuning pekat.

Artikel terkait :

  • Pola makan

Dalam kehidupan sehari – hari kita memerlukna makanan untuk tetap dapat melakukan aktifitas seperti biasa. Pola makan menjadi bagian terpenting agar asam urat tidak kambuh lagi. Tidak hanya pola makan saja tetapi juga makanan yang masuk ke dalam tubuh perlu diperhatikan. Makanan yang dapat meningkatkan kadar kolesterol di dalam darah ada baiknya di hindari. Contohnya seperti jeroan, lemak, daging merah apalagi sampai mengonsumsi alkohol itu tidak baik bagi tubuh. Bisa – bisa penyakit asam urat anda akan kambuh kembali.

Artikel terkait :

  • Perbanyak buah dan sayuran

Setelah anda memperhatikan pola makan perbanyaklah makan buah dan sayuran. Manfaat buah dan sayuran bagi tubuh sangatlah banyak dan berkaitan dengan kesehatan sistem pencernaan. Jadi jangan ragu untuk mengonsumsi makanan yang sehat karena akan memberikan kesehatan pada tubuh dalam jangka waktu yang panjang hingga anda tua nanti. Selain perbanyak mengonsumsi buah dan sayuran imbangi juga dengan melakukan olahraga.

Artikel terkait :

Jika anda merupakan salah seorang yang lebih merasa aman dan nyaman dalam menggunakan obat dari bahan alami seperti daun seledri maka gunakanlah daun seledri untuk mengatasi asam urat. Daun seledri sudah lama di percaya untuk mengatasi penyakit asam urat. Banyak yang menggunakan daun seledri ini karena kandungan dari daun seledri antara lain :

  • Vitamin a berfungsi untuk mencegah rabun senja dan juga memberi kesehatan pada mata. Vitamin a terdapat pada sayuran wortel dan rimbang.
  • Vitamin b1, b2, b3, b5, b6 atau biasa disebut juga dengan vitamin b kompleks terdapat pada ikan, ayam dan keju. Vitamin b kompleks berguna untuk menjaga sistem pencernaan secara baik dan meningkatkan energi untuk melakukan kegiatan sehari – hari.
  • Vitamin c terdapat pada jeruk, pepaya dan kiwi. Manfaat vitamin c adalah untuk mencegah sariawan dan menjaga kesehatan gigi dan mulut.
  • Vitamin e lebih berhubungan dengan tingkat kesuburan pria dan wanita. Vitamin e terdapat pada toge dan kacang padi.
  • Vitamin k berfungsi sebagai pembekuan pada darah, sehingga pada saat tubuh mengalami luka maka darah yang mengalir tidak akan banyak karena ada vitamin k yang berperan untuk membekukan darah agar korban tidak banyak kehabisan darah.

Begitu banyak kandungan vitamin di dalam daun seledri sehingga dalam setiap membuat sup daun seledri dijadikan sebagai bahan pendukung dalam setiap masakan.

Artikel terkait daun seledri :

Masakan yang di beri daun seledri untuk menambah cita rasa dari masakan itu sendiri contoh masakan yang menggunakan daun seledri adalah membuat sup dan juga nasi goreng.

Cara Membuat Rebusan Daun Seledri

Untuk memanfaatkan daun seledri sebagai obat herbal untuk mengobati asam urat terdapat dua cara mengolahnya seperti berikut ini :

a. Rebusan daun seledri

Adapun langkah – langkah untuk membuat rebusan daun seledri adalah :

  • Ambil beberapa lembar daun seledri dan cuci dengan air yang mengalir hingga bersih.
  • Potong – potong kecil – kecil daun seledri tersebut.
  • Sediakan panci yang telah berisi air naikkan keatas kompor untuk dipanaskan. Lalu masukkan daun seledri yang telah dipotong – potong kecil tadi ke dalam panci.
  • Panaskan dan tunggu hingga mendidih. Setelah mendidih jangan lupa untuk mematikan apinya.

Tunggu hingga rebusan sudah bisa diminum dan minum dua kali sehari untuk mengatasi asam urat.

b. Jus daun seledri

Bagi anda yang lebih suka mengolah daun seledri dengan cara di jus juga dapat mengikuti langkah – langkah berikut ini :

  • Daun seledri di bilas dengan air yang mengalir sampai bersih.
  • Masukkan kedalam blender dan tambahkan dengan air yang sudah matang.
  • Putar daun seledri tersebut sampai benar – benar menjadi jus.

Minum jus daun seledri tersebut sebanyak dua kali sehari pada saa pagi dan malam hari.

Efek Samping Seledri

Meskipun sampai saat ini penelitian belum pernah mengatakan bahwa daun seledri memiliki efek samping terhadap kesehatan. Namun beberapa orang yang sensitif pernah mengalami gangguan berupa :

1.Kehamilan

Saat sedang hamil anda tidak dianjurkan meminum rebusan ataupun jus dari daun seledri karena kandungan di daun seledri meningkatkan kontraksi rahim sehingga dapat menganggu masa kehamilan nantinya. Ada baiknya saat hamil perbanyak konsumsi buah segar saja.

Baca juga manfaat kacang hijau

2. Gangguan pendarahan

Beberapa orang yang memiliki riwayat berupa gangguan darah sebaiknya menghindari untuk meminum rebusan daun seledri. Ini karena senyawa pada daun seledri justru membuat peredaran darah menjadi terganggu.

Baca juga manfaat daun benalu

3. Menurunkan tekanan darah

Daun seledri juga dipercaya dapat menurunkan tekanan darah jadi bagi anda yang memiliki riwayat darah rendah sebaiknya dihindari untuk meminum rebusan ataupun jus dari daun seledri. Dan bagi anda yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi rebusan dan jus daun seledri dapat membantu untuk menormalkan kondisi tekanan darah yang anda miliki.

Baca juga manfaat omepros

4. Alergi

Sebagian orang juga kadang menjadi alergi setelah meminum rebusan daun seledri. Alergi merupakan salah satu penyakit yang tidak menular namun memiliki gejalan berupa gatal – gatal pada seluruh bagian tubuh dan perlahan akan muncul bintik – bintik merah. Yang lebih parah lagi alergi menyebabkan membengkaknya sebagian tubuh akibat proses perlawanan dari dalam tubuh itu sendiri.

Baca juga manfaat aerius

5. Jangan diminum menjelang operasi bedah

Konsumsi rebusan daun seledri juga tidak dianjurkan menjelang anda mendekati masa melakukan pembedahan. Ini karena beberapa senyawa yang terdapat pada daun seledri tersebut.

Baca juga manfaat jintan hitam

6. Ginjal

Ginjal merupakan salah satu organ dalam tubuh manusia yang berfungsi untuk menyaring cairan yang masuk untuk mengambil manfaatnya kemudian mengeluarkan cairan yang tidak bermanfaat melalui urine. Untuk kesehatan ginjal ada baiknya anda membatasi minum rebusan daun seledri. Meskipun belum ada penelitian yang menyimpulkan seperti itu.

Baca juga : manfaat kulit manggis untuk ginjal

Jadi efek samping dari daun seledri ini ada baiknya di konsumsi sesuai dengan kebutuhan tubuh saja.

, , ,
Oleh :
Kategori : Herbal