20 Manfaat Tanaman Okra Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Okra merupakan jenis tanaman yang juga sering disebut dengan bamia, gumblo dan bhindi serta beberapa sebutan lainnya. Okra mengandung banyak serat serta sejumlah vitamin serta vitamin penting sehingga selain menjadi sayuran juga terkenal untuk mengobati berbagai penyakit. Dalam tanaman okra mengandung energi, karbohidrat, serat, gula alami, protein, lemak, magnesium, kalium, kalsium, seng, tembaga, vitamin C, vitamin K, vitamin A, vitamin D dan berbagai nutrisi penting yang diperlukan tubuh. Berikut ini kami akan berikan ulasan lengkap mengenai manfaat tanaman okra untuk kesehatan, penyakit dan bahkan kesehatan rambut serta kulit.

  1. Mencegah Diabetes

Tanaman okra memiliki kandungan serat yang tinggi dan sangat berguna untuk mencegah diabetes sekaligus mengendalikannya. Tanaman ini sangat berkhasiat untuk mengendalikan gula darah dan kandungan okra mentah lebih baik dibandingkan saat sudah diolah.

  • Siapkan okra lalu potong menjadi 2 bagian dan cairan lengket akan keluar saat kamu memotongnya.
  • Jangan cuci getah lengket tersebut dan masukkan potongan okra tersebut dalam segelas air dan tutup lalu diamkan selama 1 malam.
  • Pagi harinya, minum air rendama okra sampai habis.
  • Cara lainnya adalah dengan mengkonsumsi okra panggang, kulit serta biji okra yang akan menurunkan kadar glukosa dalam darah dan mengontrol diabetes melitus.

Artikel terkait:

  1. Mengurangi Resiko Cacat Pada Bayi

Dalam okra mengandung kadar folat yang tinggi dan ini sangat baik untuk mengurangi resiko bayi lahir dalam keadaan cacat sehingga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi para ibu hamil.

  1. Membantu Proses Pembekuan Darah

Tanaman okra juga mengandung vitamin K dalam kadar yang tinggi yang sangat dibutuhkan untuk proses pembekuan darah saat ada bagian kulit atau tubuh yang terluka.

  1. Mengontrol Asma

Kandungan di dalam tanaman okra juga sangta berguna untuk mengontrol salah satu penyakit pernapasan yakni asma.

  1. Mencegah Sembelit

Tanaman okra juga bisa digunakan untuk mengatasi sembelit atau susah buang air besar sebab mengandung kadar serat yang tinggi. Akan lebih baik jika mengolah okra ini dengan cara dikukus atau rebus supaya kandungan nutrisi di dalamnya tidak hilang atau larut.

Artikel terkait:


  1. Mencegah Kanker Usus Besar

Banyak macam penyakit yang diawali dengan masalah pada usus besar seperti salah satunya adalah kanker usus besar yang menjadi salah satu penyakit berbahaya. Dengan menambahkan okra ke dalam santapan kamu sehari-hari, maka akan dipastikan kamu akan terhindar dari kanker usus besar tersebut.

  1. Mencegah Obesitas

Okra yang sudah diolah menjadi masakan ataupun mentah, sangat baik untuk dikonsumsi saat diet atau ingin mendapatkan berat badan yang ideal. Obesitas tidak hanya terjadi karena terlalu banyak mengkonsumsi lemak dan juga kalori, akan tetapi juga bisa terjadi karena kurangnya asupan nutrisi dalam makanan yang disantap setiap hari.

  1. Mengatasi Jerawat

Okra juga merupakan tanaman yang mengandung antioksidan tinggi dan ini sangat baik untuk mengatasi masalah jerawat sekaligus menjaga kulit agar tetap halus sekaligus menjaga kekenyalan kulit.

  1. Mengobati Masalah Penglihatan

Okra juga mengandung beta karoten tingkat tinggi yang sangat dibutuhkan untuk produksi konten vitamin A yang berguna agar kesehatan mata bisa etap terjaga dengan baik. Dari beberapa studi yang juga sudah dilakukan membuktikan jika tanaman okra juga berkhasiat untuk mencegah berbagai masalah pada mata seperti glaukoma dan juga katarak.

Artikel terkait:

  1. Mengandung Vitamin C Tinggi

Kandungan vitamin C tinggi sangat dibutuhkan oleh tubuh dan tidak dapat diproduksi secara alami oleh tubuh. Oleh karena itu, asupan yang sangat tinggi kandungan vitamin C sangat dibutuhkan oleh tubuh seperti tanaman okra ini.  Vitamin C akan menjaga kesehatan kulit kamu sehingga terlihat lebih awet muda dan juga mengganti sel-sel tubuh yang mengalami kerusakan.

  1. Mencegah Pigmentasi Kulit

Pigmentasi kulit merupkaan salah satu  kelainan yang membuat perubahan pada warna kulit sehingga tidak terlihat merata. Nutrisi yang terkandung dalam okra akan sangat baik untuk mencegah pigmentasi kulit tersebut sehingga penampilan kulit akan selalu terjaga dan diremajakan.

  1. Membuat Rambut Berkilau

Semua orang khususnya wanita pasti sering mengalami masalah rambut seperti kualitas dan tingkat ketebalan rambut. Apabila kamu memiliki tektur rambut yang terlihat kasar dan kusam, maka kamu bisa memanfaatkan tanaman okra ini sebagai solusinya. Lendir pada okra yang berwarna bening ini akan membantu rambut terlihat berkilau sekaligus melembutkan. Caranya adalah dengan merebus okra dengan air lalu oleskan ke rambut secara merata dna diamkan selama beberapa menit baru dibilas sampai bersih.

  1. Kondisioner Alami

Lendir yang terdapat pada okra juga bisa digunakan sebagai kondisioner alami rambut kamu. Caranya adalah dengan keramas rambut seperti biasa dengan shampo ringan, lalu oleskan lendir yang terdapat di tanaman okra ini dan diamkan selama 5 menit lalu cuci sampai bersih dan keringkan dengan handuk.

Artikel terkait:

  1. Melembabkan Kulit Kepala

Tanaman okra juga bisa dipakai untuk melembabkan kulit kepala sekaligus rambut untuk semua jenis rambut. Kamu bisa menggunakan daun dari tanaman okra yang akan berguna sebagai pelembab alami sekligus menghilangkan gatal. Caranya, haluskan beberapa lembar daun okra segar bersama dengan sedikit air sampai membentuk pasta dan oleskan pada kulit kepala sambil melakukan pijatan ringan. Bungkus dengan handuk atau shower cap dan biarkan selama 30 menit baru dibilas seperti biasa.

  1. Mencegah Ketombe

Salah satu masalah rambut yakni ketombe juga bisa diatasi dengan menggunakan okra. Caranya adalah dengan menghaluskan daun okra lalu campur dengan air dan gunakan pada rambut yang sudah di keramas. Diamkan selama 20 menit sambil sedikit dipijat pada area kulit kepala lalu bilas seperti biasa.

  1. Menyembuhkan Ulkus

Ulkus atau bisul pada bagian perut dan mulut juga bisa diatasi dengan menggunakan tanaman okra. Kandungan di dalam okra akan menetralisir tingkat keasaman pada tubuh sehingga terhindar dari ulkus atau pembentukan bisul di dalam tubuh tersebut.

  1. Mengatasi Flu Ringan

Okra juga sudah sejak lama digunakan untuk menyembuhkan salah satu gangguan pernapasan yakni flu, radang tenggorokan, batuk serta infeksi pada paru paru. Caranya cukup mudah, yakni dengan minum air rendaman okra atau bisa diolah menjadi makanan berupa sup yang akan melegakan sekaligus menyembuhkan berbagai masalah pernapasan seperti batuk.

Artikel terkait:

  1. Mengatasi Badan Lelah

Okra sangat tinggi kandungan nutrisi sehingga sangat baik untuk kamu yang mudah lelah karena melakukan banyak aktivitas berat sekaligus berguna juga untuk mengatasi depresi serta stress.


  1. Memberi Efek Mengenyangkan

Dalam tanaman okra juga mengandung serat larut yang akan membuat perut kamu terasa kenyang lebih lama. Ini juga akan sangat membantu dalam menurunkan berat badan sekaligus menjaga asupan kalori ke dalam tubuh.

  1. Menguatkan Tulang

Dalam okra sangat tinggi kandungan vitamin K dan juga 12 kandungan vitamin lain yang sangat baik untuk menguatka tulang sehingga akan mencegah terjadinya penyakit osteoporosis, patah tulang dan pendarahan yang terlalu berlebihan.

  1. Mencegah Gastritis

Gastritis atau iritasi pada lambung yang terjadi karena bakteri H. Pylori yang menginfeksi lapisan lambung akan membuat radang yang disebut dengan gastritis. Untuk mengatasinya, kamu bisa membuat jus okra yang mengandung senyawa perekat yang akan mengikat bakteri sehingga bisa terlepas dari lapisan lambung dan mencegah gastritis tersebut.

  1. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Okra juga mengandung vitamin A yang akan mendorong produksi dari sel darah putih dan ini menjadi kunci penting untuk sistem kekebalan tubuh sehingga berbagai bakteri, penyakit serta virus yang berasal dari luar tubuh bisa dicegah.

Artikel terkait:

Untuk memperoleh manfaat tanaman okra terbaik, maka pilih okra yang berukuran besar, berwarna hijau terang atau ada juga yang berwarna merah tua dan hindari okra yang memiliki cacat atau busuk dan untuk menyimpannya bisa dibungkus dengan koran atau kantung kertas dan kantong plastik yang sudah dilubangi dan okra ini akan tahan disimpan selama 3 hari dalam lemari es.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Wednesday 28th, June 2017 / 11:51 Oleh :
Kategori : Sayuran