15 Manfaat Memegang Payudara Bagi Kesehatan Tubuh dan Hormon

Salah satu bagian tubuh wanita yakni payudara atau dalam bahasa Latin disebut dengan mamma mempunyai kelenjar susu yang berguna untuk memberikan susu pada bayi. Tugas utama dari kelenjar susu ini adalah memberikan nutrisi dalam wujud air susu untuk bayi atau balita. Selain itu, payudara juga memiliki peran dalam urusan seksual manusia yaitu memberikan daya tarik pada lawan jenisnya. Salah satu kebiasaan meremas payudara oleh diri sendiri ataupun pasangan ternyata juga memiliki beberapa kegunaan untuk menjaga kesehatan wanita. Berikut ini adalah penjelasan selengkapnya tentang manfaat memegang payudara untuk anda.

Artikel terkait:

  1. Menjaga Keseimbangan Kardiovaskular

Kegunaan memegang payudara yang pertama adalah menjaga keseimbangan sistem kardiovaskular wanita. Saat bagian payudara dipegang dalam waktu yang cukup lama, maka detak jantung juga akan meningkat sampai 110 per menit. Ini akan menjadi latihan yang baik untuk menjaga kesehatan dari organ jantung anda.

  1. Menjaga Kestabilan Berat Badan

Memegang payudara juga akan menjaga berat badan supaya tetap stabil atau bahkan bisa menurunkan berat badan. Hal ini bisa terjadi karena saat payudara dipegang setidaknya lebih dari 5 menit, maka kadar kalori yang akan di bakar akan mencapai hingga 12 kalori. Keringat yang keluar dari tubuh akan semakin banyak sehingga kadar kalori akan turun secara perlahan apabila dilakukan dengan rutin.

  1. Mencegah Stress

Hormon stress yang bernama glukokortikoid juga bisa berkurang dan dicegah saat bagian payudara dipegang. Hormon stress ini juga menjadi pemicu utama dari timbulnya tekanan darah tinggi, insomnia dan juga lemah otot.

  1. Meningkatkan Kepekaan

Saat bagian payudara dipegang, maka sistem endokrin juga akan terangsang sehingga menghasilkan kepekaan yang lebih meningkat. Rangsangan ini akan menciptakan jalur baru ke otak sehingga tingkat kepekaan meninggi yang akan membuat wanita mampu untuk melakukan orgasme saat berhubungan dengan pasangan.

  1. Terlihat Lebih Awet Muda

Memegang payudara juga akan merangsang sistem endokrin untuk menghasilkan hormon yang sangat kuat. Tiga jenis hormon yakni estrogen, prolaktin dan juga oksitosin adalah hormon anti penuaan yang bisa dihasilkan saat payudara dipegang. Banyak wanita yang sering mengkonsumsi hormon farmasi supaya bisa terlihat lebih awet muda, namun sebenarnya hanya dengan memegang payudara, maka dengan sendirinya tubuh akan terlihat lebih awet muda secara alami.


Artikel terkait:

  1. Meningkatkan Ukuran Payudara

Apabila jaringan yang terdapat di payudara tersentuh atau dipegang, maka tubuh akan menghasilkan hormon prolaktin yang akan membuat ukuran payudara semakin bertambah besar dari waktu ke waktu. Ini sangat baik dilakukan untuk anda yang ingin memiliki ukuran payudara ideal sebagai penambah rasa percaya diri.

  1. Mencegah Gangguan Paru Paru

Saat payudara sedang dipegang makan umumnya ritme nafas akan bertambah semakin cepat. Pada saat biasa, seseorang biasanya menghirup dan menghembuskan nafas sebanyak 20 kali setiap menitnya, namun saat payudara dipegang, maka ritme bernafas akan meningkat hingga 60 kali di setiap menitnya.

  1. Merangsang Kekebalan Tubuh

Kekebalan tubuh seseorang juga akan semakin meningkat apabila area payudara mereka dipegang atau disentuh. Memegang payudara akan menghasilkan antibodi secara alami yang akan melindungi tubuh dari serangan virus berbahaya dan proses ini dikenal juga dengan nama cross imunoterapi.

  1. Mengencangkan Kulit Wajah

Saat payudara sedang dipegang, maka ada lebih dari 30 otot wajah yang juga digerakan secara bersama sehingga aliran darah akan semakin meningkat yang akan membuat kulit area wajah terlihat lebih kencang sekaligus menghaluskan kulit.

  1. Mendorong Produksi Hormon Wanita

Dengan memegang payudara, maka produksi beberapa jenis hormon wanita akan meningkat sehingga mendorong pertumbuhan sel baru sekaligus membuang racun kimia dari dalam tubuh yang menjadi penyebab kanker saluran payudara tersebut. Menurut Departement of Community Medicine di University of Adelaide, memegang payudara secara teratur juga akan meningkatkan perubahan jaringan pada payudara yang akan membuat tubuh melakukan proses penyembuhan penyakit lebih cepat jika dibandingkan saat payudara jarang dipegang.

Artikel terkait:

  1. Mencegah Lelah dan Lesu

Memegang payudara akan secara otomatis akan mengangkat payudara sekaligus mengencangkan tendon serta otot yang berperan besar dalam besar kecilnya payudara. Dengan memegang payudara, maka otot bisa menjadi rileks yang akan berdampak pada tubuh semakin segar dan bertenaga sehabis beraktivitas selama seharian penuh.

  1. Mencegah Payudara Kendur

Jaringan yang terdapat di area payudara tidak memiliki otot yang bisa dikembangkan dengan cara olahraga seperti pada bagian tubuh lainnya. Salah satu cara untuk mendapatkan bentuk payudara yang kencang dan bulat adalah dengan memegang payudara secara teratur. Dengan memegang payudara, maka sirkulasi darah akan semakin meningkat yang juga akan meningkatkan jaringan lemak serta mengencangkan dan anda akan terhindar dari payudara yang terlihat mengendur.

  1. Meringankan Rasa Sakit

Beberapa wanita sering mengeluhakn rasa sakit atau tidak nyaan yang timbul di sekitar area payudara pada saat mendekati masa menstruasi. Memegang payudara adalah salah satu cara yang baik supaya aliran darah bisa berjalan dengan baik sehingga rasa sakit di sekitar payudara bisa dikurangi atau bahka hilang sama sekali. Untuk hasil yang terbaik, gunakan minyak lavender atau minyak zaitun untuk memegang payudara sehingga aroma yang dihasilkan dari minyak tersebut juga akan memberikan rasa menenangkan untuk tubuh anda.


  1. Mengurangi Tekanan Darah

Seseorang yang menderita darah tinggi akan sangat baik jika sering memegang area payudara untuk proses pemijatan. Dengan memegang payudara secara eratur, maka penurunan tekanan darah juga akan terjadi secara signifikan dan dalam waktu yang terbilang singkat. Memegang payudara akan memberikan efek terapetik tersendiri dalam urusan tekanan darah dan sampai saat ini, penelitian tentang hubungan memegang payudara dengan penurunan tekanan darah juga masih terus dilakukan untuk memastikan hasil penemuan tersebut.

  1. Menurunkan Rasa Cemas

Sebuah studi yang sudah dilakukan juga membuktikan jika tingkat serotonin, dopamin dan juga kortisol atau hormon stress akan berkurang secara signifikan saat area payudara secara rutin dipegang atau di pijat. Dopamin dan juga serotonin sendiri merupakan neurotransmitter yang akan sangat membantu dalam mengurangi rasa cemas dan juga depresi. Ini memberikan penjelasan mengapa memegang payudara bisa sangat membantu seseorang untuk megurangi rasa cemas yang dialami.

Artikel terkait:

Memegang payudara yang seringkali dianggap tindakan kurang sopan atau kurang menyenangkan ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan mengatasi berbagai gangguan hormon wanita. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika anda mulai membiasakan diri untuk memegang payudara agar beberapa masalah kesehatan yang anda alami bisa dikurangi atau bahkan dihilangkan mulai dari sekarang.

, ,
Oleh :
Kategori : Kebiasaan