4 Manfaat Makan Tengah Malam yang Tidak Banyak Diketahui

Pernahkah Anda merasa lapar saat tengah malam? Pasti pernah, atau bahkan sering. Saat lapar menyerang tengah malam biasanya akan berakhir dengan makan apa saja yang ada di dapur atau lemari es, karena jika dibawa tidur lagi biasanya akan sulit karena perut yang keroncongan. Sedangkan makan saat tengah malam bisa membuat badan melebar dan membuat timbangan geser ke kanan, bahkan bisa menyebabkan gangguan kesehatan lainnya.

Nah, ternyata tidak selamanya makan tengah malam akan menyebabkan berbagai masalah tersebut loh. Terdapat beberapa manfaat tengah malam untuk tubuh, kuncinya adalah dengan memilah makanan yang dimakan tengah malam dan tidak sembarang makan. Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai apa saja manfaat makan malam bagi kesehatan tubuh saat tengah malam. Simak pembahasannya di bawah ini.

1. Membuat tidur menjadi nyenyak

Rasa lapar yang muncul saat tengah malam cenderung disebabkan karena hormon yang tidak stabil, karena insomnia dan lain sebagainya. Untuk mengatasi ini bisa dengan makan makanan yang bisa membuat tubuh menjadi rileks dan bisa membantu menstabilkan hormon. Misalnya saja yoghurt yang mana tidak akan menyebabkan gemuk, serta manfaat yoghurt dengan kandungan trypophan untuk memicu produksi hormon melatonin dan serotonin yang bisa membuat tubuh menjadi rileks.

2. Mengatasi rasa lapar sampai pagi

Makan tengah malam tidak hanya membuat rasa kantuk datang dan membuat tidur lebih nyenyak saja, namun juga dapat mengenyangkan sekaligus menenangkan perut. Makan tengah malam baik saat terbangun dari tidur atau ketika belum tidur, bisa mencegah perut melilit di pagi hari dan mengatasi kegelisahan saat tidur karena lapar. Makanan yang direkomendasikan untuk camilan makan malam dan baik untuk kesehatan adalah seperti alpukat atau telur rebus, yang mana tidak hanya mendapatkan manfaat telur rebus bagi kesehatan saja tapi juga bisa menenangkan perut dan mencegah rasa lapar hingga pagi.

3. Membantu melancarkan pencernaan

Manfaat makan tengah malam juga dapat membantu melancarkan sistem pencernaan, kuncinya adalah dengan mengkonsumsi makanan atau minuman yang baik untuk usus dan pencernaan. Contohnya dengan mengkonsumsi sayur-sayuran atau buah-buahan yang kaya serat tanpa penambahan karbohidrat, di mana salah satu manfaat serat bagi kesehatan tubuh adalah bisa menjaga kesehatan usus dan mengatasi berbagai gangguan pencernaan. Selain mengkonsumsi makanan, rasa lapar juga bisa diatasi dengan minuman hangat air lemon campur madu yang juga dapat menbantu melancarkan pencernaan sekaligus menjadi detoks untuk tubuh.

4. Membantu mengatasi masalah kesehatan

Walaupun makan tengah malam dipercaya bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, nyatanya dengan mengkonsumsi jenis makanan tertentu bisa membantu mengatasi beberapa masalah kesehatan seperti gangguan jantung, insomnia dan lain sebagainya. Misalnya saja dengan mengkonsumsi ikan seperti sarden, makarel, salmon atau lainnya. Beberapa jenis ikan tersebut tidak hanya kaya akan protein tapi juga mengandung omega 3, yang mana salah satu manfaat omega 3 untuk kesehatan adalah dapat menjaga kesehatan organ jantung dan mencegahnya terserang penyakit, serta sangat aman dikonsumsi bahkan saat lapar di tengah malam.

Jadi, intinya untuk mendapatkan manfaat ngemil dan makan saat tengah malam perlu dipilah-pilah jenis makanannya. Usahakan untuk menghindari jenis makanan yang terlalu berminyak, berlemak atau terlalu berat. Demikian pembahasan mengenai beberapa manfaat makan tengah malam untuk tubuh, semoga bermanfaat.

, ,
Oleh :
Kategori : Kebiasaan