12 Manfaat Tidur Tanpa Busana Bagi Kesehatan Pria dan Wanita

Tidur menjadi merupakan salah satu kebutuhan yang sangat penting. Bahkan tidur, menjadi salah satu kebutuhan yang hukumnya wajib untuk dipenuhi. Jika tidak, berbagai masalah kesehatan bisa menghinggapi kesehatan tubuh kita. Bahkan banyak penelitian menyebutkan jika orang yang mengalami kekurangan tidur yang parah bisa mengalami depresi berat hingga dapat berujung pada kematian. Dan, tahukah anda, ternyata ada tambahan manfaat lainnya yang bisa anda dapatkan jika anda tidur tanpa memakai busana.

Mungkin di masyarakat kita, masyarakat Indonesia, tidur dengan kondisi tidak memakai busana masih menjadi satu hal yang tidak banyak dilakukan. Tetapi, di negara – negara lain seperti Amerika, tidur dengan tanpa busana sudah menjadi sebuah kebiasaan. Dan yang pentingnya lagi, kebiasaan tidur seperti ini merupakan kebiasaan yang menyehatkan. Di Amerika sendiri, sekitar 8 persen dari penduduknya melakukan kebiasaan tidur yang satu ini. Dan riset membuktikan bahwa tidur tanpa busana memiliki banyak manfaat, apa saja? Yuk simak, uraiannya di bawah ini.

  1. Praktis!

Ya, tidur tanpa busana merupakan kebiasaan tidur yang sangat praktis dan sangat mudah. Tentu saja, anda tidak perlu repot – repot memakai baju tidur dan melepas baju tidur setelah anda bangun. Dan, anda juga tidak perlu repot – repot untuk mencuci baju tidur. Bagaimana? Tertarik?

  1. Memberikan Perasaan Lebih Bahagia dan Lebih Bebas

Tidur tanpa busana dapat menjadikan seseorang menjadi pribadi yang lebih bahagia dan merasa lebih bebas. Ini karena, dengan tidur tanpa busana anda terbebas dari pakaian, gesekan dari pakaian dan ketidaknyamanan yang mungkin bisa ditimbulkan ketika anda memakai busana saat anda tidur.

  1. Menjadikan Kehidupan Rumah Tangga Lebih Sehat Dan Harmonis

Bagi anda yang sudah berumah tangga, tidur tanpa memakai busana bisa menjadi hal yang sangat recommended untuk mengharmoniskan rumah tangga serta membantu menyehatkan tubuh secara menyeluruh. Kontak yang terjadi antara kulit tubuh anda dengan kulit pasangan akan merangsang pelepasan oksitoksin di dalam tubuh.

Oksitoksin merupakan sebuah hormon yang sangat berpengaruh terhadap timbulnya rasa menyenangkan. Hormon ini juga yang menjadi salah satu faktor penting agar dalam hubungan suami istri dapat mencapai orgasme. Selain itu, hormon oksitoksin juga merupakan hormon yang dapat mencegah terjadinya stress, dapat membantu melawan penyakit depresi, menurangi peradangan intestinal, mengurangi tekanan darah, serta membantu meningkatkan gairah seksual.

  1. Membantu Mencegah Insomnia

Tidur tanpa busana akan membantu menurunkan suhu tubuh. Dari data yang didapat oleh para peneliti Australia menemukan jika turunnya suhu tubuh akan membantu tidur lebih pulas dan lebih nyenyak. Sedangkan pada seseorang yang tidur dengan memakai piyama atau baju tidur, panas dari suhu tubuh terperangkap dan sulit dilepaskan sehingga dapat menjadikan suhu tubuh meningkat dan cenderung kesulitan untuk tidur. Namun pada orang yang tidak memakai busana saat tidur, suhu tubuh akan dapat dengan mudah dilepaskan sehingga orang tersebut merasa nyaman dan dapat tidur dengan cepat.

  1. Membantu Tidur Lebih Nyenyak

Riset lain menunjukan jika tidur dengan tidak memakai busana menjadikan tidur jauh lebih nyenyak yang sangat erat kaitannya dengan perubahan suhu tubuh yang menjadi turun. Lebih spesifik lagi, para ilmuan Belanda melakukan penelitian pada beberapa orang dengan memberikan sebuah termometer tertentu yang dapat menurunkan suhu tubuh. Hasil penelitian tersebut menunjukan jika orang – orang yang mengalami penurunan suhu tersebut mengalami tidur yang lebih pulas dan lebih nyenyak dibandingkan mereka yang tidur dengan baju tidur.

  1. Membantu Mencegah Terjadinya Kelebihan Lemak Pada Perut

Ingin tubuh lebih langsing? Anda mungkin harus mencoba cara yang satu ini. Ya, tidur tanpa busana juga dapat dijadikan alternatif solusi bagi mereka yang tidak ingin mempunyai perut buncit penuh lemak.

Turunnya suhu tubuh secara alami dengan tidak memakai baju tidur maupun piyama setiap malamnya dapat membantu menurunkan kadar kortisol. Jam – jam saat tidur begitu pulas adalah pada pukul 10 malam hingga pukul dua dini hari, dan pada saat tersebutlah terjadi penurunan kortisol pada level minimumnya. Kemudian setelah lewat pukul dua dini hari, kelenjar – kelenjar yang memproduksi kortisol akan mulai aktif memproduksi kortisol untuk menjadikan tubuh siap untuk aktifitas seharian. Inilah yang menjadikan seseorang yang tidur tanpa busana akan merasa jauh lebih bugar pada keesokan harinya.

Pada kasus seseorang yang mengalami kurang tidur, terjadi kelebihan kortisol yang juga meningkatkan nafsu makan sehingga membuat orang tersebut mengkonsumsi makanan lebih banyak dan meningkatkan kemungkinan konsumsi lemak yang tinggi pula.

  1. Menyehatkan Organ – Organ Reproduksi

Vagina sebagai salah satu organ reproduksi merupakan bagian tubuh yang secara alami memiliki suhu hangat dan juga lembab. Hal tersebut menjadikan vagina sebagai tempat yang sangat cocok untuk berkembangbiaknya jamur dan bakteri. Dengan tidur tanpa memakai busana, anda memberi kesempatan pada bagian organ reproduksi ini agar dapat bernafas, sehingga dapat mencegah baik tumbuhnya bakteri maupun jamur.

  1. Suhu Tubuh Yang Tidak Terlalu Panas Membantu Mencegah Terjadinya Penuaan Dini

Bagi anda – anda yang tidak ingin mengalami penuaan dini, anda bisa mempraktekan kebiasaan yang satu ini yakni dengan tidur tanpa memakai satu helai benangpun. Dengan dilepaskannya suhu panas dari tubuh yang lebih mudah, tidur menjadi lebih nyenyak. Sedangkan saat tidur, tubuh memproduksi hormon melatoni serta hormon – hormon pertumbuhan lainnya. Sehingga, pada orang yang tidur lebih nyenyak, lebih banyak pula hormon pertumbuhan serta hormon melatonin yang diproduksi. Dan hal tersebut, menurut sebuah jurnal ilmiah berjudul ‘sleep’ atau ‘tidur’, bisa membantu dalam pencegahan terjadinya proses penuaan.

  1. Mencegah Terjadinya Penyakit – Penyakit Kulit

Sadarkah anda jika ada beberapa bagian tubuh yang selalu dalam kondisi lembab? Kondisi lembab sendiri merupakan tempat yang sangat disukai bagi jamur maupun bakteri untuk tumbuh dan berkembangbiak. Tidur tanpa busana berarti anda memberikan kesempatan pada selurun bagian tubuh agar terekspos udara sehingga mengurangi kelembaban seperti pada bagian vagina, ketiak, kaki maupun bagian tubuh yang lembab lainnya. Dan hal tersebut akan sangat berpengaruh signifikan pada pencegahan pertumbuhan dan perkembangbiakan jamur dan bakteri penyebab berbagai penyakit.

  1. Menjadikan Anda Lebih Percaya Diri

Berbagai teori menyebutkan jika semakin sering anda melihat tubuh anda dalam keadaan tanpa busana, semakin lebih tinggi tingkat penerimaan anda terhadap diri anda. Hal ini tentu sangat penting karena mampu meningkatkan rasa percaya diri karena anda dapat lebih menerima apapun kondisi fisik anda.

  1. Membantu Mencegah Diabetes Tipe 2

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang mematikan. Sebuah penelitian menunjukan jika seseorang yang tidur tanpa busana, yang berarti suhu tubuh lebih rendah, sangat erat kaitannya dengan terjadinya peningkatan sistem metabolisme tubuh, mengurangi kadar gula darah, dan mencegah penyakit diabetes tipe 2. Para ilmuan juga menemukan, mereka yang tidur tanpa busana dan mengalami penurunan suhu tubuh, lemak jahat di dalam tubuhnya mengilang dalam beberapa minggu sehingga meningkatkan pula kesehatan tubuh, khususnya sistem metabolisme tubuh.

  1. Menyehatkan Aliran Darah Di Dalam Tubuh

Tanpa adanya baju – baju yang membelit, menekan, bergesekan dengan tubuh, aliran darah akan menjadi lebih lancar. Ini artinya menjadikan tekanan darah menjadi lebih sehat pula sehingga akan juga membantu menurunkan resiko berbagai penyakit yang berhubungan dengan darah seperti penyakit jantung, otot maupun penyakit – penyakit lainnya.

Manfaat tidur tanpa busana bagi kesehatan sangat banyak kan? manfaat ini juga berkhasiat bagi pria dan wanita. Tidak ada salahnya anda mencoba untuk yang sudah berpasangan tidur tanpa busana.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Friday 18th, September 2015 / 14:01 Oleh :
Kategori : Kebiasaan