8 Manfaat Luluran bagi Tubuh

luluranLuluran sudah menjadi suatu ritual dan tradisi yang paling sering di lakukan oleh kaum hawa. Sudah menjadi barang yang wajar dan makanan sehari hari untuk melakukan luluran, apalagi setelah mandi sore. Bukan hanya para remaja putri yang menyukai kegiatan tersebut, namun juga para orang tua, bahkan seornag nenek metropolitan juga sering menggunakanya.

Lulur merupakan  salah satu jenis kosmetik tradisional, yang biasanya di buat dari bunga bunga serta bahan herbal lain yang sangat bermanfaat untuk kecantikan dan kecerahan kulit. Tidak lupa, aroma harum yang khas memang menjadikan wanita merasa bak puteri raja. Tidak salah mengapa puteri keraton generasi ke 17 sering meminta mandi lulur untuk menjaga keawetan kulitnya.

Manfaat luluran ini juga dapat digunakan sebagai terapi untuk rileksasi penghilang kepenatan atas segala aktivitas yang dijalani sehari-hari.

Racikan Lulur yang Baik

Racikan lulur yang baik biasanya berasal dari alam dan bahan herbal alami lainya yang mampu menjaga dan merawat kulit indah. Misalnya seperti kunyit, bengkoang, lidah buaya, tumbukan beras, temulawak, estrak bunga yang memiliki harus khas seperti melati dan mawar. Beberapa minyak kelapa juga menjadi bahan lulur yang ampuh menjadikan kulit anda cerah. Berikut adalah manfaat luluran pada tubuh:

1. Mengelupaskan Kulit mati

Sebenarnya fungsi utama lulur adalah untuk membantu pengelupasan kulit mati. Dari hasil inilah mengapa puteri keraton 17 menginginkan luluran setiap hari. Dengan begitu dapat membantu tampil lebih cantik dengan kulit baru setiap hari. Namun di sarankan untuk tidak melakukan luluran setiap hari. Sebab kulit sudah memiliki sistem sendiri, untuk kapan menentukan ia akan mengelupas atau tumbuh baru. Hanya saja, dengan luluran akan membantu pengelepasan pada kulit setidaknya mampu menggunakan lulur 2 kali setiap minggu.

2. Mencerahkan kulit

Manfaat luluran juga di percaya sangat ampuh untuk mencerahkan kulit. Sehabis kulit mati yang terkelupas, maka akan di gantikan dengan kulit baru yang lebih cerah. Sehingga wajah cerah akan tampak bersinar dan berseri setiap hari.

3. Merilekskan Otot yang Kaku

Melakukan luluran, berarti juga harus melakukan pemijatan pada area area tertentu. Fungsinya selain untuk mengencangkan kulit, membersihkan kulit dari sel mati juga baik untuk merilekskan otot tubuh yang kaku. Apalagi jika wanita karier yang sangat sibuk, sehingga tak memiliki waktu untuk memanjakan kulit dalam waktu tertentu. Cobalah setelah pulang sekolah, kuliah ataupun bekerja merasakan luluran di tempat spa maupun salon, maka akan merasakan efeknya berbeda pada tubuh.

4. Membuat Nyaman dan Tenang

Dalam lulur terdapat bau dan aroma yang menenagkan. Biasanya di tambahkan dengan pewangi aroma terapi yang sangat memberikan efek ketenangan dan kenyamanan untuk penggunanya. Perasaan nyaman itulah yang membuat para wanita merasa tenang dan ingin kembali di lulur. Dengan kata lain manfaat luluran juga dapat membuat pikiran lebih santai dan tenang.

5. Mengencangkan Kulit

Menggunakan lulur juga mampu di manfaatkan sebagai sarana untuk lebih mengencangkan kulit. Pasalnya, saat nanti usia sudah mulai menua, kulit sudah tidak selunak dan sebagus saat ini. Kulit akan mulai kendur dan berkeriput, untuk itu jika ingin menghindari hal itu, menggunakan lulur secara rutin tiap seminggu dua kali bisa membantu mengencangkan kulit muda.

6. Memutihkan Kulit

Manfaat luluran juga di jadikan objek untuk memutihkan kulit. Sebab dengan melakukan pemijatan tertentu, maka dapat membantu anda mengelupasi kulit mati yang biasanya berwarna lebih keruh. Dengan melakukan pengelupasan secara teratur, kulit anda terlihat lebih putih dan bersih.

7. Mengangkat Kulit yang Sifatnya Kasar

Kulit terasa kasar dan kusam? maka gunakanlah lulur, sebab keadaan kulit yang kasar adalah suatu indikasi bahwa kulit yang sudah tidak baik lagi. Solusinya dengan melakukan luluran, sehingga bagian kulit yang sudah tidak bagus tadi bisa di angkat dan digantikan oleh kulit baru yang lebih cemerlang.

8. Membuat Kulit lebih Lembut

manfaat luluran juga membantu tubuh menjadi lebih lembut dan halus. Sebab luluran membantu anda untuk menjaga serta merawat kulit untuk tetap dalam keadaan normal dan enak untuk di pegang.

Perawatan dan Tenggang Waktu yang Baik Untuk Luluran

Tenggang waktu yang baik untuk melakukan luluran tersebut berbeda beda. Hal ini di dasari oleh jenis kulit anda serta keadaan iklim di tempat anda tinggal. Karena kita sedang berada di iklim sub tropis, maka berikut adalah tips yang baik anda lakuakan:

  • Melakukan luluran untuk kulit kering

Kulit kering sebenarnya cenderung lebih senditif dan lebih sedikit menyimpan kotoran. Sebab kelembaban kulitnya yang kurang menjadikanya lebih mudah iritasi dan pembersihan yang lama dan penuh kehati hatian ekstra. Maka salah satu solusi jitunya adalah dengan melakukan luluran setiap satu hari sekali. Hal ini mengurangi resiko iritasi untuk kulit anda.

  • Melakukan luluran untuk kulit berminyak

Memiliki kulit berminyak memang memiliki banyak manfaat. Salah satunya memperjauh resiko kulit menua. Dengan adanya kandungan sebum atau minyak yang banyak, maka kulit anda menjadi lebih banyak terkena kotoran. Bahkan kotoran itu menempel di muka. Sehingga jangka membersihkanya tergolong lebih sering dari anda yang memiliki wajah kulit kering.

Manfaat Luluran Menggunakan Bahan Dapur

1. Luluran Menggunakan Estrak Jeruk

Jeruk adalah salah satu buah yang banyak digunakan untuk bahan kosmetik. Ternyata hal ini juga di manfaatkan untuk campuran bahan luluran. Khasiatnya yang memang sudah eruji untuk memutihkan dan mencerahkan kulit, menetralkan kondisi kulit serta mampu mengurangi produksi minyak yang tarafnya berlebihan untuk kulit kita.

2. Luluran Menggunakan Scrub Gula Pasir

Gula pasir yang memiliki tekstur yang lembut dan putih. Hal ini di nilai sangat baik untuk mengangkat sel kuit mati serta kulit yang kasar, sehingga menjadikan lebih terang bersinar dan cerah. Bukan hanya itu, scrub menggunakan gula putih juga dapat membantu tubuh untuk mengontrol produksi minyak berlebih pada kulit.

3. Luluran Menggunakan Scrub Kopi

Minuman ini bukan hanya lezat di lidah untuk di konsumsi, namun juga amat baik dan bersahabat untuk kulit. Manfaatnya ternyata mampu mengurangi proses keriput di kulit anda. Bukan hanya itu, efek yang di berikan juga menghaluskan serta mengangkat sel kulit mati. Kebanyakan orang yang menggunakan scrub kopi lebih di maksimalkan untuk menghilangkan bau badan yang tidak enak.