21 Manfaat Lele Dumbo untuk Tubuh dan Kaya Nutrisi

Anda senang memakan olahan ikan lele terutama lele dumbo? Jika iya maka pilihan anda sudah benar karena daging ikan lele dumbo memiliki banyak kandungan gizi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Diantara kandungan nutrisi yang terkandung pada daging lele dumbo adalah protein, omega 3, asam amino, serta berbagai vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh seperti vitamin A, C, D, B6, B12, zat besi, yodium, selenium, seng, dan fluor.

Sesuai namanya lele dumbo memiliki ukuran yang pastinya lebih besar daripada lele lokal. Selain itu patilnya tidak tajam seperti lele lokal sehingga lebih aman ketika dipegang. Namun daging lele dumbo lebih lunak daripada lele lokal sehingga harus ekstra hati-hati saat mengolahnya agar dagingnya tidak hancur.

Dengan berbagai kandungan nutrisi yang disebutkan di atas mengonsumsi lele dumbo dapat mendatangkan banyak manfaat bagi kesehatan diantaranya:

1. Sebagai sumber protein

Berbagai jenis ikan terkenal akan kandungan proteinnya yang baik bagi kesehatan dan perkembangan tubuh. Hal ini berlaku pula pada lele dumbo sehingga mengonsumsi lele dumbo dapat memberikan asupan protein yang diperlukan oleh tubuh.

Baca juga: manfaat protein – 16 manfaat ikan bagi kesehatan manusia

2. Sebagai sumber kalori

Selain itu, manfaat lele dumbo juga memiliki nilai kalori yang cukup tinggi sehingga dapat dijadikan tambahan sumber energi bagi tubuh selain sumber energi utama dari karbohidrat yang terdapat pada nasi, gandum, atau ubi. Dalam 1 kg lele dumbo terkandung sekitar 250 kilokalori.

3. Menghaluskan kulit

Kandungan vitamin C pada lele dumbo dapat membantu menjadikan kulit lebih halus dan lembab sehingga tidak ada alasan untuk tidak mengonsumsi jenis ikan air tawar ini.

Baca juga: manfaat vitamin c – manfaat vitamin c untuk kulit

4. Meningkatkan nafsu makan

Ikan lele dumbo terkenal akan rasanya yang gurih dan lezat. Apalagi jika dimasak dengan tambahan berbagai bumbu membuat olahan ikan ini kian menggugah selera sehingga dapat meningkatkan nafsu makan anda.

5. Menjaga kesehatan mata

Selama ini kita lebih mengenal buah-buahan seperti tomat dan wortel yang kaya akan vitamin A dalam menjaga kesehatan mata. Namun siapa sangka bahwa ternyata lele dumbo juga mengandung vitamin A sehingga juga dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan mata.

Baca juga: manfaat wortel untuk mata – manfaat daun kelor untuk mata

6. Menetralkan asam lambung

Produksi asam lambung berlebih atau naiknya asam lambung merupakan gangguan pencernaan yang cukup serius sehingga membuat penderitanya merasa nyeri pada ulu hati, sensasi rasa terbakar, serta mual. Mengonsumsi ikan lele dumbo dan sepiring nasi ternyata dapat membantu menetralkan gangguan asam lambung sehingga gejala-gejala tersebut bisa berangsur pulih.


7. Mengatasi insomnia

Konsumsi ikan lele dumbo juga membawa manfaat positif bagi pola tidur anda. Dengan mengonsumsinya dapat membantu mengaktifkan kelenjar pineal yang berperan membuat tidur lebih tenang dan lelap sehingga gangguan insomnia dapat diatasi.

Baca juga: manfaat wine – manfaat tidur siang

8. Mengatasi stres

Rajin mengonsumsi lele dumbo juga dapat membantu mengaktifkan hormon serotonin yang merupakan hormon anti stres yang dipercaya dapat membuat perasaaan anda lebih senang dan nyaman.

9. Meningkatkan massa otot

Salah satu nutrisi yang diperlukan untuk meningkatkan massa otot adalah protein hewani seperti yang terkandung pada ikan lele dumbo. Jika anda ingin memiliki bentuk tubuh yang bagus seperti para binaragawan maka ikan lele dumbo patut dimasukkan dalam menu makanan anda.

Baca juga: manfaat push up secara rutin – manfaat handstand push up

10. Meluruhkan LDL

Kita mengenal yang namanya kolesterol jahat atau LDL yang jika kadarnya di dalam tubuh lebih tinggi dari yang dibutuhkan maka akan berakibat buruk pada kesehatan. Kadar LDL yang berlebihan dapat menyumbat pembuluh darah arteri atau menyebabkan gangguan kardiovaskuler lainnya. Dengan konsumsi lele dumbo yang cukup dapat membantu meluruhkan kadar LDL dalam tubuh sehingga anda terhindar dari berbagai penyakit kardiovaskuler.

11. Mengatasi tubuh meriang

Istilah meriang sebenarnya tidak merujuk pada penyakit tertentu tetapi lebih ditujukan pada kondisi kesehatan yang menunjukkan gejala-gejala seperti tenggorokan sakit, badan pegal, pilek, batuk, sakit kepala, dan lain sebagainya. Biasanya meriang menunjukkan kondisi kekebalan tubuh seseorang yang sedang lemah serta tidak bugar dan tidak fit. Konsumsi lele dumbo diketahui juga dapat membantu mengatasi meriang sehingga tubuh anda bugar dan fit kembali.

12. Meningkatkan kekebalan tubuh

Dengan kekebalan tubuh yang baik akan mencegah kita terinfeksi berbagai penyakit karena seperti yang diketahui ada berbagai bakteri dan virus penyebab penyakit yang ada di sekitar kita yang sewaktu-waktu bisa menyerang. Oleh karena itu yang bisa dilakukan adalah meningkatkan kekebalan tubuh dengan mengonsumsi makanan bergizi seperti lele dumbo sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit.

Baca juga: manfaat madu – manfaat romanesco

13. Mengatasi penyakit jantung koroner

Terhambatnya aliran darah menuju jantung akibat adanya penyumbatan pada pembuluh darah merupakan gangguan kesehatan serius karena dapat menyebabkan penyakit jantung koroner. Untuk mencegah dan mengatasi hal ini salah satunya dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan bergizi seperti manfaat lele dumbo.

Baca juga: manfaat nanas untuk jantung – manfaat daun sukun untuk jantung

14. Meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah

Mengonsumsi lele dumbo juga dapat membantuk meningkatkan kadar hemoglobin darah sehingga kita terhindar dari penyakit anemia dan gejala penyakit lainnya seperti sakit kepala dan turunnya kekebalan tubuh.

Baca juga: manfaat buah bit untuk anemia – manfaat telur untuk anemia

15. Meminimalisir risiko kanker

Dengan berbagai kandungan nutrisi baik yang dimilikinya mengonsumsi lele dumbo dapat membantu melengkapi kebutuhan nutrisi tubuh sehingga meminimalisir risiko penyakit kanker.

16. Menstabilkan mood

Selain mengatasi stres konsumsi lele dumbo juga dapat membantu menstabilkan mood. Ini cocok sekali bagi para wanita yang moodnya tidak stabil.

Baca juga: manfaat pete – manfaat kopi

17. Mencegah diabetes

Dengan konsumsi lele dumbo yang cukup diketahui juga dapat mencegah timbulnya penyakit diabetes atau kencing manis. Ini berarti konsumsi lele dumbo tidak menyebabkan peningkatan kadar gula darah berlebihan sehingga kita terhindar dari penyakit diabetes. 


18. Meminimalisir risiko penyakit ITP

Penyakit lain yang juga bisa dihindari dengan mengonsumsi lele dumbo adalah ITP atau ideopathic thrombocytopenic purpura. Kondisi dimana trombosit mengalami penurunan signifikan sehingga menimbulkan pendarahan yang ditandai dengan timbulnya bintik merah pada kulit atau kulit menjadi ruam kebiruan.

19. Mengobati penyakit beri-beri

Selain manfaat cabe rawit, lele dumbo diketahui juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati penyakit beri-beri yang ditandai dengan gejala berupa pembengkakan dan pembesaran pada betis.

20. Mangatasi atau meringankan peradangan

Konsumsi lele dumbo juga bermanfaaat meringankan gejala-gejala peradangan seperti rasa nyeri, bengkak, timbulnya kemerahan pada kulit, rasa panas, dan lain sebagainya.

Baca juga: manfaat obat mefinal – manfaat mefentan

21 Mengatasi sakit kepala

Jika anda sering mengalami sakit kepala maka konsumsi lele dumbo dapat menjadi salah satu alternatif untuk mengurangi sakit yang dirasakan disamping mengonsumsi obat seperti manfaat parasetamol atau menggunakan manfaat air putih.

Itulah diantara manfaat lele dumbo yang ternyata tidak hanya baik sebagai sumber nutrisi namun juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai penyakit. Dengan mengonsumsi lele dumbo secukupnya dan tidak berlebihan berbagai manfaat di atas bisa anda rasakan.

,
Post Date: Thursday 07th, September 2017 / 03:38 Oleh :
Kategori : Daging