7 Manfaat Ikan Escolar untuk Kesehatan Tubuh

Mungkin bagi anda nama ikan escolar ini cukup asing, bahkan anda juga belum pernah mengkonsumsi ikan ini. Ikan escolar dikenal dengan sebutan ikan setan hal ini dikarenakan bentuk ikan yang memiliki warna gelap dan banyaknya duri yang dimiliki di tubuhnya. Ikan ini termasuk ikan yang sulit ditemukan di pasaran mengingat cukup sulit juga menangkap ikan escolar di lautan, ketersediaan ikan ini di lautan juga tak banyak bahkan mulai sulit ditemukan.

Ikan escolar merupakan salah satu ikan konsumsi yang cukup digemari banyak orang. Kandungan nutrisi yang ada pada ikan escolar banyak bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut adalah 7 manfaat ikan escolar untuk kesehatan tubuh.

  1. Nutrisi untuk Kecerdasan Otak

Manfaat ikan escolar untuk kesehatan tubuh yang pertama adalah sebagai nutrisi yang bisa membantu kecerdasan otak. Ikan escolar memiliki kandungan omega 3 dalam jumlah yang cukup besar. Manfaat omega 3 untuk kesehatan antara lain membantu meningkatkan kecerdasan otak, kandungan nutrisi ini akan membantu fungsi otak untuk bekerja optimal sehingga kemampuan berfikir juga akan meningkat. Konsumsi ikan escolar ini sangat cocok untuk anda berikan pada anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

  1. Membantu Menurunkan Kolesterol

Kandungan nutrisi pada ikan escolar juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Nutrisi pada ikan escolar mampu melarutkan kadar kolesterol yang ada di dalam tubuh. Manfaat ini tentu sangat baik untuk tubuh, apalagi bagi anda yang sering mengkonsumsi makanan penyebab kolesterol tinggi hal ini bisa membantu anda untuk tetap bisa menjaga kadar kolesterol dalam tubuh agar tetap dalam batas wajarnya. Selain dapat membantu menjaga kadar kolesterol rasa ikan ini juga sangat enak sehingga anda bisa menikmati dua manfaat sekaligus.

  1. Pemulihan Demam Berdarah

Manfaat ikan escolar untuk kesehatan tubuh berikutnya adalah membantu pemulihan demam berdarah. Kandungan nutrisi ikan escolar mampu meningkatkan trombosit darah dalam tubuh. Bagi anda yang baru saja terserang penyakit demam berdarah, mengkonsumsi ikan ini dapat membantu mempercepat penyembuhan tubuh. Ikan escolar dapat digunakan sebagai asupan makanan sehat bagi orang yang terjangkit penyakit demam berdarah, satu hal yang harus diperhatikan adalah cara mengolah ikan escolar harus benar, karena ikan ini juga memiliki efek yang cukup mengganggu tubuh apabila salah mengolahnya.

  1. Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Salah satu bagian ikan escolar yang berguna bagi kesehatan tubuh adalah minyak ikan yang bisa dihasilkannya. Minyak ikan escolar berperan penting dalam membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Sistem imun yang baik akan meningkatkan daya tahan tubuh agar tak mudah sakit, selain itu juga berguna membantu melindungi tubuh dari serangan atau virus yang mengancam kesehatan tubuh.

  1. Menekan Risiko Penyakit Jantung

Ikan escolar memiliki kandungan omega 9 yang cukup besar salah satu manfaat omega 9 ini adalah meningkatkan kesehatan jantung sehingga menurunkan risiko penyakit jantung. Asam lemak omega 9 akan bekerja meningkatkan kadar kolesterol baik dan menekan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Kondisi ini akan membuat pembuluh darah menjadi lancar sebab terhindar dari penumpukan atau penyumbatan. Apabila pembuluh darah lancar, jantung akan bekerja secara baik dan tak kelebihan beban, ini membuat jantung anda tetap terjaga kesehatannya.

  1. Mencegah Stroke

Manfaat omega 9 pada tubuh tak hanya baik untuk kesehatan jantung tetapi juga bermanfaat untuk mencegah stroke. Aliran darah yang lancar juga akan mengurangi terjadinya resiko penyumbatan pembuluh darah, khususnya yang mengarah ke otak dan membuat tubuh tetap terjaga kesehatannya.

  1. Sumber Protein

Manfaat ikan escolar yang terakhir adalah sebagai sumber protein yang tinggi. Ikan escolar memiliki kandungan protein yang cukup besar. Seperti yang kita ketahui, manfaat protein sangat besar bagi tubuh. Apabila anda ingin mendapatkan asupan protein yang cukup, mengkonsumsi ikan escolar dapat dijadikan suatu pilihan.

Manfaat ikan escolar bagi kesehatan tubuh sangat beragam, tentunya membantu menjaga kesehatan tubuh dan mencegah berbagai penyakit yang mengancam kesehatan tubuh. Ikan escolar cukup sulit ditemukan, karena keberadaannya di alam juga semakin terbatas. Harga ikan escolar juga cukup mahal, apabila anda ingin mengkonsumsi ini, bersiaplah untuk merogeh kocek yang cukup dalam, ditambah anda juga harus menunggu stok ikan ini tersedia di pasar.

Satu hal penting yang perlu diperhatikan sebelum mengkonsumsi ikan escolar ini adalah cara pengolahan ikan harus-harus benar, sebab ikan ini memiliki efek yang cukup mengganggu kesehatan juga apabila salah dalam proses pengolahan. Apabila anda salah mengolah anda dapat mengalami diare hebat, mual dan pusing, ini dikarenakan efek lemak pada ikan escolar. Asalkan anda tau cara yang benar dan tepat, ikan ini dapat menjadi olahan yang sehat. Walaupun harganya cukup mahal dan sulit ditemukan di pasaran, dengan manfaat untuk tubuh yang besar juga, rasanya tak masalah menjadikan ikan ini salah satu ikan konsumsi.