5 Manfaat Jipang untuk Hipertensi Paling Ampuh

Jipang adalah nama lain yang berasal dari jawa tengah yaitu labu siam. Namun memang tidak semua orang mengetahui nama jipang. Karena nama yang lebih di kenal di masyarakat pada umumnya adalah labu siam. Mengenai tanaman ini memiliki warna hijau pada kulitnya. Labu siam memiliki nama latin yaitu Sechium edule Sw. Tanaman ini pertama kali ditemukan pada tahun 1756 di Jamaika. Dan berkat perdagangan zaman dahulu labu siam ternyata cocok dengan daerah topis dan dapat di budidayakan disini. Sehingga jika ingin mencari sayuran jipang ini tidak perlu repot untuk mengimpornya terlebih dahulu.

Labu siam adalah sejenis sayuran yang bisa diolah sesuai dengan selera. Namun pada dasarnya sayuran labu siam ini banyak dibuatkan sebagai gulai. Ini karena rasa dari sayuran ini sangat lezat. Saat dibuat sebagai sayuran tanaman labu siam ini memiliki daging yang lembut saat dikunyah dan cocok untuk lidah orang Indonesia. Sehingga banyak orang yang mencari labu siam ini untuk dijadikan sayuran. Terlepas dari itu semua ternyata labu siam juga kaya akan manfaat. (Baca juga : Manfaat labu siam bagi kesehatan)

Kandungan labu siam

Sayuran jipang ini memiliki banyak kandungan nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh. Berikut ini kandungan – kandungan yang terdapat pada jipang antara lain :

  • Vitamin c kandungan pertama yang dimiliki oleh jipang adalah vitamin c, vitamin c bermanfaat untuk mengatasi masalah sariawan pada bibir. ( Baca juga : Manfaat vitamin c)
  • Kalori juga berguna untuk menambah energi dalam menjalankan aktifitas sehari – hari. (Baca juga : Manfaat kalori bagi tubuh manusia)
  • Serat selanjutnya berfungsi untuk melancarkan sistem pencernaan. Dengan mengonsumsi jipang sebagai sayuran akan melancarkan proses detoksifikasi dalam tubuh. ( Baca juga : Manfaat serat)
  • Asam folat sumber yang baik untuk ibu hamil untuk mencegah kecacatan lahir ada bayi. ( Baca juga : Manfaat asam folat)

Itulah beberapa kandungan yang terdapat pada jipang untuk menutrisi tubuh dan menjaga kesehatan.

Manfaat Jipang untuk Hipertensi

Hipertensi merupakan salah satu gangguan yang berhubungan dengan tekanan darah tinggi, dimana saat dilakukan pengetasan diketahui bahwa tekanan darah berada diatas normal. Dikatakan tekanan darah tinggi jika sudah berada pada angka 140/90 mHG. Berikut ini beberapa faktor yang dapat mempertinggi kemungkinan untuk mengidap penyakit hipertensi antara lain :

1.Faktor genetik

Genetik masih menduduki peringkat pertama dalam riwayat hidup kesehatan. Mungkin memang tidak selalu terjadi namun tingkat persentase menjadi lebih tinggi dibandingkan dengan keluarga yang tidak memiliki riwayat hipertensi sama sekali. Faktor genetik bisa diatasi dengan menerapkan pola hidup yang sehat, dan itu bisa dimulai sejak usia dini. Semakin cepat menyadari kesehatan lebih berharga daripada uang maka semua akan semakin lebih baik. ( Baca juga : Manfaat rekayasa genetika)

2. Merokok

Merokok merupakan aktifitas yang lebih banyak dilakukan oleh laki – laki. Entah kenapa merokok sudah seperti tradisi yang tidak pernah mati, meskipun banyak yang sudah tahu bahwa merokok sama sekali tidak berdampak baik bagi kesehatan. Dengan merokok justru akan menimbulkan berbagai macam gangguan kesehatan yang dapat berakibat kematian. ( Baca juga : Manfaat tidak merokok)

3. Asupan tinggi garam

Tekanan darah tinggi juga berhubungan dengan asupan makanan yang di konsumsi sehari – hari. Makanan yang asin dapat meningkatkan dua kali tekanan darah.Itu sebabnya penderita hipertensi dianjurkan untuk tidak mengonsumsi makanan dengan kandungan asupan garam yang tinggi.

Baca juga :

4. Stres

Pemicu lain yang mengakibatkan hipertensi adalah stres. Stres merupakan suatu pola yang banyak diidap oleh para pekerja. Pekerja dengan beban pekerjaan yang tinggi akan lebih mudah mengalami stres daripada pekerja dengan beban pekerjaan yang normal. Stres bisa diatasi dengan mengistirahatkan tubuh sejenak dari rutinitas harian.

Baca juga :

Beberapa faktor pemicu hipertensi ini sebaiknya di hindari untuk hidup yang sehat dan lebih panjang umur. Dan hubungan antara jipang dengan hipertensi adalah sebagai obat penawar untuk menurunkan kembali tekanan darah. Sehingga tekanan darah didalam tubuh menjadi seimbang dan normal. Adapun cara untuk memanfaatkan jipang ini sebagai penurun tekanan darah antara lain :

Bahan :

  • Jipang ukuran sedang sebanyak satu buah.
  • Mentimun sebanyak dua buah.

Cara membuatnya adalah sebagai berikut :

  • Kupas kulit jipang dan mentimun terlebih dahulu. Setelahnya bersihkan kedua bahan ini hingga benar -benar bersih.
  • Parut hingga halus kedua bahan ini.
  • Setelahnya baru kemudian di peras untuk diambil airnya.
  • Air dari dua parutan inilah yang di minum untuk menormalkan kembali tekanan darah di dalam tubuh.

Minum obat herbal ini dapat dilakukan sebanyak dua kali sehari pada pagi dan sore hari.

Manfaat Jipang untuk Kesehatan Lainnya

Selain dapat menormalkan kembali tekanan darah jipan juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Berikut ini manfaat jipang untuk kesehatan yang lainnya adalah :

1.Kanker

Kanker merupakan salah satu masalah kesehatan yang diakibatkan oleh berkembangnya sel – sel di dalam tubuh secara abnormal. Akibatnya fungsi organ dalam tubuh mengalami kelainan dan tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya. Kanker merupakan pembunuh nomor dua di Indonesia. Hampir semua penderita kanker sulit disembuhkan jika telah memasuki stadium ke empat. Berbeda dengan kanker yang lebih cepat terdeteksi maka dapat diobati dengan bantuan ramuan alami seperti jipang. Jipang dapat mengatasi kanker yang baru ditemukan dan mencegah penyebaran kanker sekaligus di dalam tubuh.

Baca juga :

2. Kolesterol

Kolesterol merupakan cairan bening didalam tubuh yang berguna untuk melindungi jantung dalam jumlah yang normal. Jika jumlah kolesterol berlebih di dalam tubuh yang ada malah akan membuat jantung tidak sehat. Kolesterol pada dasarnya sama dengan makanan untuk jantung. Mencegah kolesterol tinggi dan juga menurunkan kadar kolesterol didalam tubuh dapat dilakukan dengan memakan sayuran jipang. Ada baiknya Anda mengolahnya menjadi jus yang dapat diminum sebanyak dua kali dalam sehari.

Baca juga :

3. Asam urat

Asam urat adalah masalah kesehatan yang berhubungan dengan nyeri pada sendi – sendi ditubuh. Asam urat banyak menyerang usia tua. Nyeri akibat asam urat juga dapat membuat penderita kesulitan untuk melakukan aktifitas sehari – hari. Untuk mengatasi asam urat Anda dapat memilih untuk mengatasinya dengan ramuan herbal. Conroh ramuan herbalnya adalah jipang. Jipang dapat di kupas kulitnya terlebih dahulu kemudian cuci dengan air yang bersih. Selanjutnya di blender hingga halus dan tuangkan pada wadah yang cukup lebar. Tambah air dan remas – remas sebentar baru kemudian disaring untuk memisahkan ampas dan airnya. Jika sudah tuangkan dalam gelas baru kemudian di minum.

Baca juga :

4. Ginjal

Ginjal didalam tubuh berjumlah sepasang dan terletak di sisi kanan dan kiri. Fungsi ginjal didalam tubuh adalah untuk menyaring racun dan mengeluarkannya beserta dengan air seni. Ginjal dapat terganggu kesehatannya jika kerja ginjal terlalu berlebihan didalam tubuh. Kemudian kebiasaan kecil juga dapat membuat ginjal rusak seperti menahan buang air kecil. Jipang dipercaya mampu mengobati sakit ginjal secara alami. Anda dapat memanfaatkan jus dari jipang ini untuk mengatasi sakit ginjal.

Baca juga :

5. Diabetes

Diabetes adalah kadar gula didalam darah yang tinggi. Ciri – ciri dari diabetes diawali dengan sering buang air kecil pada malam hari, sering merasa lapar dan haus dan jika terjadi luka sulit untuk sembuh. Bagi para penderita diabetes dilarang untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan gula. Ini disebabkan karena dapat meningkatkan kadar gula dalam darah.  Untuk menormalkan kembali kadar gula dalam darah Anda dapat mencoba untuk meminum ramuan dari jipang ini setiap harinya.

Baca juga :

Itulah beberapa manfaat dari jipang untuk mengatasi masalah kesehatan. Jika rutin minum jus dari jipang semoga Anda lekas sembuh.