Manfaat Sambiloto Untuk Penderita Diabetes

Meskipun memiliki bentuk seperti tanaman liar, sambiloto merupakan salah satu jenis tanaman yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Sambiloto dimanfaatkan sebagai salah satu bahan jamu tradisional, yang dipercaya dapat mengatasi berbagai jenis penyakit. Sambiloto menjadi alternatif pengobatan berbagai jenis penyakit karena terbukti dapat mengatasi berbagai jenis penyakit yang diderita oleh beberapa penderita beberapa jenis penyakit. Karena sambiloto tidak memiliki efek samping kepada tubuh, sambiloto menjadi tanaman favorit yang dijadikan ramuan untuk membuat obat tradisional. Kandungan yang terdapat di dalam sambiloto dapat membantu meredakan dan mengatasi beberapa penyakit yang sering dikeluhkan oleh banyak orang. Salah satu penyakit yang dapat diatasi menggunakan bahan alami sambiloto adalah diabetes.  Kandungan di dalam daun sambiloto dpercaya dapat menurunkan diabetes yang menyerang.

artikel terkait:

Kandungan Dalam Daun Sambiloto

Sebagai salah satu tanaman yang dipercaya dapat mengatasi beberapa jenis penyakit, sambiloto memiliki kandungan aktif di dalamnya sehingga memiliki khasiat seperti yang dipercaya banyak orang. Kandungan aktif seperti Andrographolide dan glukosida diterpen yang bekerja untuk mengatasi diabetes. Zat aktif utama yang bekerja untuk mengatasi diabetes adalah Andrographolide, dimana zat inilah yang dapat menurunkan kadar glukosa berlebih dalam darah. Andrigrapholide mengontrol glukosa sehingga kadar glukosa dalam darah menjadi stabil. Dengan begitu, tubuh akan terhindar dari penyakit diabetes karena memiliki kadar gula darah yang normal.

Untuk mengatasi diabetes menggunakan daun sambiloto, yang dimanfaatkan dari tanaman ini yakni adalah ekstraknya yang dapat diambil dari air rebusan tanaman tersebut. Dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari fakultas farmasi UGM, rebusan daun sambiloto terbukti dapat menurunkan kadar glukosa. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan percobaan pada kadar glukosa pada tikus jantan.

artikel terkait: manfaat daun pepaya untuk diabetesmanfaat bedak heroinmanfaat kunyit putih untuk keputihan

Cara Meracik Daun Sambiloto

Daun sambiloto untuk mengatasi penyakit diabetes diambil ektraknya yang di dapat dari hasil rebusan daun sambiloto tersebut. Cara untuk membuat racikannya adalah sebagai berikut :

  1. Siapkan sekitar 5 gram daun sambiloto yang sudah dicuci bersih. Daun yang akan dibuat ramuan adalah daun yang masih segar dan tidak layu.
  2. Seduh daun tersebut dalam 1 gelas air panas yang sudah matang.
  3. Tunggu beberapa saat hingga seduhan daun sambiloto tersebut mendingin kemudian disaring agar airnya dan daunnya terpisah.
  4. Seduhan daun sambiloto ini dapat dikonsumsi 2 kali dalam sehari setelah makan.

Mengkonsumsi seduhan daun sambiloto secara rutin dapat membantu mengatasi penyakit diabetes yang banyak diderita orang orang yang terserang diabetes. Selain diseduh, sambiloto juga dapat diracik dengan cara direbus. Namun akan lebih mudah dengan cara seduhan. Selain mengatasi diabetes dengan meminum obat tradisional, mengatasi penyakit diabetes juga dapat harus diimbangi dengan mencegah terjadinya penyakit diabetes. Cara mencegahnya yakni dengan menghindari beberapa makanan yang dapat memicu meningkatnya kadar gula dalam darah.

artikel terkait: manfaat rebusan daun alpukatmanfaat daun salam keringmanfaat air kunyit


Pencegahan Penyakit Diabetes

Agar tidak mengalami penyakit diabetes yang lebih parah, tidak hanya melakukan pengobatannya saja, namun perlu diimbangi dengan pencegahannya. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya penyakit diabetes yakni dengan beberapa cara berikut :

  1. Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung serat
  2. Melakukan gaya hidup sehat
  3. Melakukan aktivitas fisik dan olahraga yang cukup
  4. Berhenti merokok karena nikotin dalam rokok dapat memicu penyerapan glukosa oleh sel tubuh

artikel terkait: manfaat akar pepeayamanfaat bunga kertas

Sambiloto memiliki khasiat untuk mengatasi penyakit diabetes dapat dicoba untuk menghindari penggunakan obat kimia yang memiliki efek samping bagi kesehatan tubuh yang lain. Selain itu, tidak hanya mengandalkan sambiloto sebagai obat tradisional saja, namun juga perlu melakukan pencegahan penyakit diabetes agar obat tradisional tersebut dapat bekerja dengan baik.

, , ,
Oleh :
Kategori : Herbal