15 Manfaat Ikan Senangin bagi Kesehatan

Ikan Senangin

Salah satu jenis ikan yang termasuk kelompok ikan kuro serta sangat baik dan aman dikonsumsi adalah ikan senangin. Ikan yang di dunia internasional dikenal dengan nama Indian Salmon ini memiliki ciri warna tubuh yang keperakan dan ukuran tubuh yang sedang hingga besar. Umumnya ikan ini berukuran 60 cm dan paling besar hingga 160 cm. Jika anda ingin mendapatkan ikan ini maka wilayah yang paling tepat untuk didatangi adalah perairan pantai dekat muara sungai karena di sanalah ikan ini banyak hidup. Meskipun demikian ikan ini juga dapat hidup di air payau hingga air tawar.

Seperti ikan kuro jenis lainnya ikan senangin juga kaya akan nutrisi sehingga sangat baik untuk dikonsumsi, Diantara kandungan nutrisinya adalah protein, vitamin B kompleks, omega-3, dan omega-6. Ini menjadikan konsumsi ikan senangin dapat mendatangkan banyak manfaat. Berikut beberapa manfaat ikan senangin bagi kesehatan:

1. Mencegah penyakit kanker

Kanker merupakan penyakit mematikan yang bisa menyerang berbagai bagian tubuh manusia. Daripada harus mengobati lebih baik mencegah kemungkinan timbulnya penyakit ini. Salah satu caranya dengan mencukupkan asupan vitamin B kompleks seperti yang terdapat pada beberapa bahan makanan termasuk ikan senangin. Vitamin B kompleks yang terkandung pada ikan senangin berperan penting untuk mencegah berkembangnya sel-sel kanker. Pencegahan kanker juga dapat dilakukan dengan manfaat buah aprikot dan manfaat daun manggis.

2. Mengurangi risiko diabetes

Diabetes merupakan penyakit kronis yang sangat berbahaya dan tidak bisa disembuhkan. Penderitanya hanya bisa melakukan pengobatan untuk menjaga kadar gula darah agar tetap stabil. Untuk itu sebelum penyakit ini menyerang lebih baik dihindari. Salah satu caranya dengan mengonsumsi ikan senangin yang mengandung berbagai nutrisi. Anda juga dapat menggunakan manfaat kacang tanah dan manfaat kunyit untuk diabetes sehingga risikonya dapat dikurangi atau diminimalisir.

3. Melancarkan peredaran darah

Kandungan asam lemak omega-3 dan omega-6 yang terdapat pada ikan senangin bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah sehingga oksigen dan sari makanan dapat diedarkan melalui darah ke seluruh tubuh. Hal ini tentu sangat baik bagi kesehatan sekaligus menghindarkan tubuh dari berbagai penyakit. Aliran darah yang lancar juga bisa didapatkan dengan manfaat mandi air panas dan manfaat badan diurut sehingga tidak heran banyak orang yang memilih mandi dengan air panas atau berurut setelah lelah bekerja seharian.

4. Menenangkan saraf yang tegang

Kandungan asam lemak omega-3 dan omega-6 pada daging ikan senangin juga dapat membantu menenangkan saraf yang tegang sehingga saraf kembali rileks dan bisa berfungsi dengan baik.

5. Baik untuk pencernaan

Konsumsi ikan senangin juga sangat baik untuk pencernaan sehingga makanan yang dimakan bisa diserap dengan baik serta sisa pemrosesannya juga bisa dibuang atau dikeluarkan dengan baik. Tubuh akan mendapatkan asupan nutrisi yang maksimal serta terhindar dari sembelit atau susah buang air besar. Pencernaan yang sehat juga bisa didapatkan dari manfaat umbi talas dan manfaat buah sawo bagi kesehatan.

6. Membentuk otot

Tubuh sehat berotot merupakan dambaan sebagian besar kaum lelaki agar terlihat lebih macho. Disamping berbagai latihan otot seperti manfaat handstand push up dan manfaat pull up bagi tubuh seseorang juga mesti memperhatikan pola dan jenis makanan yang dikonsumsi. Untuk mendapatkan tubuh berotot dianjurkan memperbanyak konsumsi protein dan mengurangi karbohidrat. Selain dari telur dan ayam sumber protein baik lainnya adalah dari ikan senangin.

7. Menjaga bobot tubuh ideal

Bagi anda terutama kaum wanita juga tidak perlu khawatir mengalami kegemukan akibat mengonsumsi ikan senangin. Justru mengonsumsi ikan senangin dapat mencegah kegemukan sehingga tubuh langsing ideal bisa menjadi milik anda. Tentu saja hal ini harus dibarengi dengan menjaga pola makan dan rajin berolahraga seperti lari, joging, atau melakukan senam aerobik. Ada begitu banyak manfaat olahraga untuk diet dan manfaat aerobik untuk menurunkan berat badan.

8. Mengobati pembengkakan pada kaki

Timbulnya pembengkakan pada kaki disebabkan adanya cairan yang menumpuk pada kaki. Hal ini menunjukkan adanya masalah pada kondisi kesehatan seseorang. Biasanya ini dialami oleh penderita penyakit jantung dan ginjal. Untuk mengatasi masalah ini anda dapat mengompres kaki yang bengkak dengan handuk yang berisi es batu atau merendam kaki dengan air dingin karena ada banyak manfaat rendam kaki dengan air dingin bagi kesehatan. Selain itu anda juga bisa mengonsumsi ikan senangin yang diketahui dapat membantu meredakan kaki yang bengkak.

9. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kekebalan tubuh yang baik sangat diperlukan agar tubuh terhindar dari infeksi berbagai kuman penyakit yang tersebar di sekitar kita. Karena mustahil mensterilkan lingkungan sekitar 100 persen dari kuman sehingga yang dapat kita lakukan adalah membentengi diri dengan sistem kekebalan tubuh yang baik. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi makanan yang bernutrisi seperti ikan senangin, manfaat nanas, dan manfaat air kelapa.

10. Mengatasi nyeri kepala

Sakit kepala atau nyeri kepala bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja. Meskipun sebagian besar rasa nyeri ini tidak berbahaya dan dapat sembuh sendiri namun cukup mengganggu kenyamanan dan aktivitas sehari-hari. Untuk mengatasinya anda dapat mengonsumsi obat sakit kepala yang banyak tersedia, beristirahat, serta mengonsumsi makanan sehat seperti ikan senangin.

11. Mengurangi risiko terkena kanker payudara

Manfaat ikan senangin lainnya adalah dapat meminimalisir risiko kanker payudara yang dapat menyerang baik pria mapun wanita. Manfaat ikan mas dan manfaat jengkol untuk kanker terbukti juga dapat memerangi sel-se kanker payudara sehingga sangat baik dikonsumsi dalam porsi yang cukup.

12. Mengatasi stres

Meskipun terkesan remeh namun stres yang dibiarkan dan terjadi terus-menerus dapat menyebabkan memburuknya kondisi kesehatan seseorang. Untuk itu stres harus diatasi sedini mungkin sehingga tidak berlarut dan mempengaruhi kesehatan. Stres bisa dihilangkan dengan beberapa cara seperti manfaat rekreasi atau berteriak-teriak. Selain itu ada juga makanan-makanan yang dianjurkan bagi orang yang sedang stres salah satunya ikan senangin.

13. Mengobati dermatitis

Jika kulit tubuh anda mengalami gejala seperti ruam kemerahan, gatal, bersisik, serta pecah-pecah maka kemungkinan besar anda mengalami dermatitis atau peradangan pada kulit. Untuk mengatasi masalah ini telah tersedia berbagai salep atau krim kulit seperti manfaat physiogel cream dan manfaat salep benoson m. Selain itu penyakit ini juga bisa diatasi dengan mengonsumsi makanan-makanan tertentu salah satunya ikan senangin yang bisa diolah dengan berbagai cara. Bisa digoreng, digulai, atau lainnya.

14. Mempercepat penyembuhan luka bekas operasi

Jika anda baru selesai operasi maka sebaiknya anda mengonsumsi ikan senangin. Kandungan protein pada ikan ini dapat membantu mempercepat penyembuhan luka sehabis operasi sehingga luka bekas jahitan bisa segera kering dan pulih.

15. Mencegah jantung koroner

Gaya hidup yang tidak sehat seperti konsumsi junk food dan malas berolahraga dapat menyebabkan anda terserang penyakit jantung koroner. Untuk mencegah terjadinya hal ini tidak lain dan tidak bukan adalah dengan merubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Pilihlah makanan-makanan sehat yang diolah dengan cara yang benar seperti ikan senangin, manfaat buah matoa, dan manfaat nanas untuk jantung.

Sangat banyak dan beragam bukan manfaat ikan senangin bagi kesehatan? Meskipun kaya manfaat namun harus diingat untuk mengolah atau memasak ikan ini dengan cara yang benar sehingga anda bisa mendapatkan manfaatnya secara maksimal dan tidak justru merusak kesehatan. Seperti memasak dengan menggunakan minyak yang sehat dan menggorengnya tidak terlalu lama. Bijaklah dalam memilih dan mengolah makakan.