Manfaat Ikan Kudu Kudu Untuk Kesehatan

Ikan kudu-kudu atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama boxfish merupakan ikan yang memiliki bentuk yang sangat unik yaitu kotak. Mungkin karena berbentuk kotak atau menyerupai sebuah box ikan kudu-kudu disebut dengan ikan boxfish. Ikan ini memiliki cangkang yang super keras serta mata yang besar dan menonjol disetiap sisinya. Diketahui juga rupanya ikan ini bukan salah satu penghuni laut dalam, akan tetapi biasa ditemukan di dekat terumbu karang.

Baca juga:

Bila Anda pergi ke Makasar maka Anda wajib mencicipi ikan yang satu ini. Mengapa? Alasannya tidak lain adalah karena ikan kudu-kudu hanya dapat Anda temukan di Makasar setidaknya dengan mudah. Tidak heran juga jenis olahan ikan yang satu ini selalu menjadi incaran para wisatawan yang sedang melancong ke Makasar. Namun apabila Anda menemukan ikan kudu-kudu ini di restoran luar Makasar seperti Jakarta, kemungkinan besar harganya bisa berkali-kali lipat dari harga jual di Makasar. Jadi siap-siap saja merogoh kantong lebih dalam.

Ikan Kudu-Kudu sebagai Olahan Masakan

Ikan ini biasanya dimanfaatkan untuk olahraga memancing juga dijual untuk bahan konsumsi. Di Makasar ikan kudu-kudu ini dapat dimanfaatkan sebagai olahan masakan dan bisa ditemukan di berapa restoran besar yang ada di kota Makasar seperti Afong atau Aroma Labakkang. Meskipun begitu keberadaan ikan kudu-kudu ini tergolong langka. Jika Anda pergi ke tempat pelelangan ikan, ikan kudu-kudu yang ditangkap mungkin sudah dipesan oleh rumah makan, namun apabila Anda pergi ke rumah makan pun tidak ada jaminan bahwa Anda dapat mencicipi ikan ini karena jumlahnya yang terbatas.

Baca juga:

Memasaknya pun memerlukan waktu yang tidak sebentar karena kulitnya yang sangat keras. Namun biasanya ikan ini dibakar tanpa campuran bumbu apapun karena rasanya sudah gurih.


Ikan Kudu-Kudu untuk Pencernaan dan Otak

Seperti ikan pada umumnya, ikan kudu-kudu ini juga mengandung protein tinggi dan rendah lemak. Protein pada ikan laut diketahui sangat baik untuk mengatasi masalah pencernaan karena dapat diserap oleh usus dengan lebih mudah. Hal tersebut dikarenakan protein pada ikan mengandung serat yang mampu meringankan kinerja pada usus halus. Selain itu kandungan asam lemak omega 3 ikan laut juga mamput mencerdaskan dan meningkatkan daya ingat pada otak.

Baca juga:

Ikan kudu-kudu sebenarnya masih satu keluarga dengan ikan buntel, hanya saja racun ikan kudu-kudu tidak seberbahaya racun ikan buntel. Biasanya ikan ini mengeluarkan racun dari kulitnya untuk meracuni air di sekitarnya sebagai perlindungan diri melawan pemangsa atau predator. Duri-duri ikan kudu-kudu juga tidak sebanyak dan sebesar ikan buntel jadi Anda tidak perlu khawatir bila mencicipinya.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Saturday 24th, December 2016 / 02:11 Oleh :
Kategori : Daging