10 Manfaat Daging Sapi untuk Diet yang Harus Anda Ketahui

Daging sapi merupakan salah satu sumber protein tinggi dan mineral penting salah satunya adalah zat besi. Namun daging sapi juga mengandung lemak tinggi yang seringkali dikaitkan dengan masalah bertambahnya berat badan. Tapi tahukan Anda bahwa ternyata jika dikonsumsi secara benar dengan porsi yang tepat ada banyak sekali manfaat daging sapi untuk diet guna menjaga berat badan yang ideal.

Manfaat Daging Sapi untuk Diet dan Kesehatan

Jika saat ini Anda sedang menjalankan diet untuk menurunkan berat badan ataupun menjaga berat badan, jangan takut untuk menambahkan daging sapi pada menu diet Anda. Tapi tentunya ada hal-hal yang harus Anda ingat bahwa tidak semua bagian daging sapi boleh dikonsumsi saat diet, hanya bagian daging sapi yang tanpa lemat atau mengandung sedikit lemak yang boleh dikonsumsi. Adapun manfaat daging sapi bisa Anda lihat pada list berikut ini.

  1. Daging Sapi Tinggi Protein

Ada banyak sekali fungsi atau manfaat protein untuk kesehatan dan daging sapi merupakan salah satu makanan yang merupakan sumber protein tinggi. Protein memiliki fungsi utama untuk pembentukan otot sekaligus menjaga kesehatan kulit dan rambut namun ternyata secara umum fungsi protein dalam tubuh tidak hanya itu. Beberapa poin berikut akan membahas fungsi dan manfaat protein bagi tubuh secara lebih spesifik.

  1. Membantu Pembakaran Kalori Lebih Efektif

Salah satu fungsi protein yang tidak banyak orang tahu adalah ternyata dapat membantu pembakaran kalori dengan lebih efektif. Hal ini erat kaitannya dengan pembentukan otot karena kalori yang berlebih akan menghambat pembentukan otot secara optimal oleh karena itu salah satu fungsi protein tak hanya membentuk otot saja tapi juga membantuk pembakaran kalori ketika proses pencernaan berlangsung.

  1. Membuat Anda Cepat Kenyang

Tentunya Anda pernah bertanya-tanya mengapa mengkonsumsi telur goreng yang kaya protein akan membuat Anda kenyang lebih lama dibandingkan mengkonsumsi beberapa iris roti. Jawabannya sangat sederhana yaitu karena kandungan protein pada telur goreng lebih tinggi dari beberapa iris roti. Itu artinya proses diet penurunan berat badan tidak perlu diintervensi dengan keinginan Anda untuk makan lebih banyak.

  1. Meningkatkan Sistem Metabolisme Tubuh

Memiliki sistem metabolisme tubuh yang sehat dapat mengoptimalkan segala fungsi organ dalam tubuh termasuk sistem pencernaan. Itu artinya nutrisi yang masuk ke dalam tubuh akan diolah dan diserap secara optimal untuk dijadikan energi dan meninggalkan sedikit saja untuk disimpan sebagai cadangan energi yang berbentuk sel lemak.

  1. Pengganti Sumber Energi dari Karbohidrat

Jika Anda berfikir bahwa mengkonsumsi buah dan sayur saja baik untuk menjaga berat badan sebenarnya tidak selalu benar karena sebenarnya tubuh juga memerlukan protein. Jika Anda hanya mengkonsumsi buah dan sayur itu artinya Anda justru hanya mengkonsumsi karbohidrat saja yang justru dapat berefek pada gula darh. Daging sapi bisa menjadi pengganti sumber energi dari karbohidrat.

  1. Tinggi Kandungan Asam Amino

Tahukan Anda bahwa salah satu penyebab stunting adalah kurangnya asupan asam amino dalam makanan. Untuk diet yang sehat mengkonsumsi makanan tinggi kandungan asam amino sangatlah baik.

  1. Sumber Energi untuk Menunjang Aktifitas

Menjaga berat badan kuncinya adalah selalu melakukan segala sesuatunya secara seimbang. Jika Anda ingin menjaga berat badan maka beraktifitaslah secara optimal seperti beolahraga secara teratur untuk membakar kalori. Tapi bahkan untuk berolahragapun membutuhkan energi yang didapatkan dari konsumsi karbohidrat. Seperti yang disebutkan pada poin 5, daging sapi dapat menjadi sumber energi peganti karbohidrat yang sangat efektif.

  1. Membantu Mengontrol Nafsu Makan

Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh mereka yang kesulitan mengontrol berat badan adalah ketika mereka tidak bisa mengontrol nafsu makan mereka terutama aktifitas ngemil. Dengan mengkonsumsi daging sapi dapat membuat Anda mengontrol nafsu makan dengan lebih mudah karena dengan satu porsi protein yang cukup dapat membuat Anda kenyang lebih lama.

  1. Mengoptimalkan Regenerasi Sel

Ketika proses diet berlangsung memiliki sistem regenerasi sel yang sehat juga penting karena untuk menunjang proses metabolisme tubuh dibutuhkan sel tubuh dalam kondisi prima. Antioksidan dan protein yang terkandung dalam daging sapi dapat membantu mengoptimalkan proses regenerasi sel ini.

  1. Membantu Pembentukan dan Memperkuat Otot

Tentunya dalam proses diet penurunan berat badan, Anda tidak hanya ingin terlihat kurus tapi juga terlihat ideal. Oleh karena itu daging sapi baik untuk membantu pembentukan dan memperkuat otot untuk menghasilkan tubuh yang sehat dan ideal.

Ternyata tidak banyak orang yang tahu tentang manfaat daging sapi untuk diet terutama dalam hal menurunkan berat badan. Namun tentu saja ada beberapa aspek penting yang harus Anda ingat dimana jika ingin menurunkan berat badan secara optimal hendaknya mengkombinasikan pentingnya mengkonsumsi daging dengan sayur-sayuran dan buah-buahan. Selain itu berolahraga secara teratur juga penting untuk memastikan bahwa proses penurunan berat badan tak hanya membuat Anda kurus tapi juga membuat tubuh Anda terlihat ideal.

, ,
Oleh :
Kategori : Daging