4 Manfaat Ikan Ketamba Untuk Kesehatan Tubuh

Ikan ketamba memiliki bahasa latin Lethrinidae dan termasuk ke dalam keluarga Lethrinidae yang juga populer dengan sebutan ikan emperor. Sedangkan di Indonesia ikan ketamba ini memiliki beberapa nama seperti ikan asual, ikan asuan, ikan gotila, ikan gopo, ikan ketamba lencam, ikan matahari, ikan ramin, dan ikan sikuda.

Ciri fisik ikan ketamba salah satunya satunya adalah memiliki warna tubuh yang cukup bervariasi, bahkan beberapa dari jenis ikan ketamba dapat berubah warna dengan cepat. Ciri-ciri lain ikan ketamba yaitu bagian kepala ikannya yang berbentuk runcing. Ikan ketamba dapat memiliki ukuran tubuh hingga mencapai 1 meter. Besar sekali bukan. Lingkungan hidup ikan ketamba adalah di dekat pasir dan juga patahan-patahan karang (rubbel). Hal tersebut dikarenakan makanan ikan ketamba ini merupakan hewan yang juga sering ditemukan pada pasir dan patahan karang. Para nelayan pada umumnya dapat menangkap ikan ketamba di perairan yang dangkal di sepanjang kawasan Indo-Pasifik.

Kandungan Nutrisi Ikan Ketamba

Jumlah Penyajian 100 gram
Kalori 128
% kebutuhan sehari-hari
Total Lemak 3 gram 4%
Kolesterol 57 mg 19%
Sodium 56 mg 2%
Protein 26 gram 15%
Zat Besi 0,7 mg 4%
Kalsium 14 mg 1%
Lemak Omega 3 240 mg
Lemak Omega 6 300 mg
Magnesium 34 mg 8%
Fosfor 204 mg 20%
Potasium 380 mg 11%
Selenium 54,4 mcg 78%
Vitamin E 0,8 mg 4%
Vitamin K 0,9 mcg 1%
Thiamin 0,1 mg 6%
Riboflavin 0,1 mg 4%
Niacin 4,7 mg 24%
Vitamin B6 0,1 mg 6%
Folate 6 mcg 1%
Vitamin B12 1,9 mcg 31%

Manfaat Ikan Ketamba

  1. Sumber Protein

Ikan laut yang satu ini dapat menjadi sumber protein yang bagi tubuh. Protein yang dihasilkan ikan laut bisanya memiliki serat yang baik untuk pencernaan pada usus halus.

Baca juga:

  1. Kaya Omega 3 dan Omega 6

Kandungan lemak omega 3 dan 6 pada ikan ketamba ini memang sangat tinggi. Selain itu kandungan zat DHA dan EPA pada lemak omega memiliki kemampuan untuk merangsang perkembangan otak pada anak serta pekembangan pada mata.

Baca juga:

  1. Menurunkan Resiko Penyakit Degeneratif

Penyakit degeneratif merupakan penyakit yang dapat timbul pada usia tua. Contoh penyakit degeneratif seperti penyakit jantung koroner, kanker, dan hipertensi dapat disebabkan tidak terkontrolnya kadar kolesterol di dalam tubuh. Tapi jangan khawatir karena penyakit degeneratif dapat dicegah dengan mengkonsumsi ikan ketamba. Hal tersebut disebabkan oleh asam lemak omega 3 yang ada pada ikan ketamba serta mineral selenium yang dapat membantu dalam proses metabolisme tubuh.


  1. Membantu Atasi Anemia

Kandungan zat besi dan vitamin B kompleks yang terdapat pada ikan ketamba ini juga sangat baik untuk merangsang produksi sel darah merah atau hemoglobin.

Baca juga:

Itulah beberapa manfaat dari ikan ketamba. Meskipun memiliki manfaat yang luar biasa namun tahukah Anda jika ikan ketamba merupakan salah satu ikan yang memiliki harga jual tinggi di tempat pelelangan ikan? Ikan ketamba termasuk komoditas langka, selain itu daging ikan ini sangat lunak dan memiliki rasa yang gurih sehingga cukup populer di daerah pantai. Mungkin itu sebabnya harga ikan ini cukup mahal.

, ,
Oleh :
Kategori : Daging