23 Manfaat Ikan Dorang untuk Ibu Hamil

Sekilas ikan dorang memiliki kemiripan dengan Ikan Dori. Ciri utama ikan dorang adalah kenyal dan lezat. Dorang hidup pada air dangkal sebagai medianya. Kebanyakan menyuguhkan ikan ini sebagai ikan acar kuning atau dengan bumbu. Selain itu baik digoreng maupun dibakar masih memiliki kelezatan yang tetap bertahan. Yang penting adalah membeli ikan ini dalam kondisi segar dan atau disimpan dengan baik. Untuk ibu hamil maka ikan ini menjadi salah satu hidangan yang bisa disantap. Berikut adalah ulasan yang dapat anda nikmati dari mengkonsumsi ikan dorang.

1. Sumber protein

Ikan menjadi dorang sumber protein yang baik. Selain itu, juga mengandung manfaat zat besi dan manfaat seng. Nutrisi ini penting bagi pertumbuhan dan perkembangan janin bayi. Ikan dorang mengandung omega 3 yang baik untuk otak janin. Omega 3 diperlukan untuk perkembangan memori saat janin lahir sebagai bayi nantinya.

2. Mengoptimalkan perkembangan trimester kandungan

Ikan dorang mengandung asam amino essensial yang membuat semua sel janin dari kulit hingga otot dan rambut. Ikan terbukti meningkatkan kekuatan otak pada janin. Terutama pada trimester ketiga. Ketika pertumbuhan bayi menjadi cepat maka akan menguatkan daya dorong memori janin. Selain itu, juga menurunkan resiko penyakit autoimun, termasuk resiko diabetes tipe 1. Penyakit autoimun adalah penyakit yang menyebabkan kekebalan tubuh keliru menyerang dan menghancurkan jaringan tubuh yang sehat pada anak-anak yang akan lahir nantinya.

3. Menyehatkan bagi ibu hamil dan anak

Ilmuwan inggris menunjukkan  jika anak-anak yang ibunya memakan ikan beberapa kali seminggu saat hamil lebih mungkin memiliki skor yang lebih tinggi pada test kemampuan mental dan sosial. Studi ini dipublikasikan di lancet. Para ilmuwan mengirimkan 11.875 ibu hami di Bristol, Inggris.

4. Mengurangi resiko asma pada janin saat sudah lahir nanti

Penurunan resiko asma pada janin yang lahir kelak juga didapatkan dari manfaat mengkonsumsi ikan ini. Yaitu dengan mengurangi resiko peradangan kronis pada saluran pernafasan. Meskipun resiko peningkatan asma mulai mengalami peningkatan selama beberapa decade terkahir saat ini

5. Menurunkan tingkat prematur

Dengan mengkonsumsi ikan, ibu hamil mendapatkan asupan omega 3 yang baik. Maka hal ini dapat menurunkan resiko tingkat prematur atau kelahiran dini lebih berkurang. Selain itu, dapat mengurangi pembekuan darah dan menurunkan kadar trigliserida atau lemak darah.

6. Membuat kualitas tidur lebih baik

Untuk ibu hamil menyantap ikan dorang akan meningkatkan kualitas tidur yang baik. Dengan kandungan manfaat vitamin D yang cukup, maka hal ini dapat ditemukan pada ikan dorang. Dengan demikian maka mendapat manfaat yang sama seperti saat berjemur untuk mendapatkan sinar matahari yang cukup.

7. Mengurangi resiko depresi pada ibu hamil

Ikan ini dapat membantu menurunkan resiko depresi terhadap ibu hamil. Diet kaya akan manfaat ikan bagi ibu hamil dapat mensupport fungsi hati  sehingga menurunkan resiko penyakit jantung. Dengan menurunkan depresi maka ikan dorang sendiri dapat membuat penyantapnya lebih bahagia. Tanda depresi sendiri diantaranya adalah kesedihan, penurunan energi dan kehilangan akan minat dalam kegiatan. Dengan demikian maka kualitas hidup lebih meningkat.

Selain itu ada lebih dari 16 Manfaat ikan bagi kesehatan manusia yang juga dapat anda manfaatkan melalui ikan dorang. yang dapat anda cek di sini

Saran Konsumsi Ikan Dorang

Ibu yang menyusui dapat mengkonsumsi 8-12 ons atau 2 -3 porsi ikan setiap pekan. Tentunya ikan yang dimakan harus bebas dari lingkungan yang tercemar dan tidak terpapar bahan kimia pada airnya. Untuk ibu menyusui pun hal ini juga memiliki perhatian yang sama baiknya ketika sedang hamil.

Ikan perlu disajikan dengan benar agar tak ada bahaya yang berkembang. Tentunya menyajian yang benar akan menghindari ikan dari ancaman bakteri dan parasit yang dapat menyebabkan keguguran. Misalnya bakteri listeria.Ibu hamil dapat menyantap ikan dorang dengan masakan yang matang. Memang ikan yang tidak termasak dengan benar akan mengandung bakteri listeria monocytogenes.Tentunya jika ikan mengandung ini tidak boleh dimakan. Hindari proses masakan dengan metode pengasapan.

Tips Memilih Ikan Dorang yang Baik

  • Membeli ikan dorang yang segar.
  • Jika ingin menyimpan ikan dalam lemari es maka disimpan dalam wadah tertutup jika tidak dimasak.
  • Gunakan telenan yang berbeda, baik untuk buah dan daging. Jangan dicampur.
  • Masak ikan sampai matang dengan sempurna.
  • Fillet ikan dengan baik untuk mendapatkan tekstur yang tepat.

Ikan dorang memiliki nutrisi yang tinggi. Kebanyakan orang-orang memakan makanan yang tidak  lengkap nutrisinya. Namun selain protein, ikan dorang juga mengandung manfaat yodium dan berbagai vitamin serta mineral lainnya. Selain penjelasan diatas juga ditemukan bahwa mengkonsumsi ikan ini akan menurunkan resiko arthritis dan multiple sclerosis pada si ibu yang hamil.  Demikian ulasan tentang ikan dorang, semoga bermanfaat.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 07th, January 2016 / 03:45 Oleh :
Kategori : Daging