17 Manfaat Teripang Laut Untuk Kesehatan dan Kecantikan

teripang lautManfaat Teripang laut untuk kesehatan sudah terbukti super ampuh yang dapat menjaga dari berbagai kelainan dan kebugaran tubuh. Apakah Anda pernah melihat teripang secara langsung? Ya,ini adalah salah satu kekayaan hewan laut yang memiliki bentuk persis seperti sosis. Bedanya teripang tidak mulus tapi memilik benjolan kecil-kecil seperti kutil. Dibalik bentuknya yang kurang menyenangkan, ternyata teripang adalah hewan yang sangat bermanfaat.  Hewan laut yang termasuk dalam kelompok keluarga Echinodermata ini memiliki bentuk seperti landak atau bintang laut. Teripang memiliki habitat berada dibagian dasar laut dan hanya sedikit yang akan berada di bagian atas.

Hewan yang memiliki bentuk seperti timun dengan panjang sekitar 0.11 hingga 12 inci ini telah dinikmati sebagai hidangan istimewa oleh masyarakat Cina. Teripang bukan termasuk hewan yang dilindungi sehingga bebas di konsumsi. Ada beberapa manfaat yang didapatkan dengan mengkonsumsi teripang, seperti dibawah ini.

  1. Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Penderita kanker sangat disarankan untuk sering mengkonsumsi teripang. Teripang dipercaya bisa menurunkan pertumbuhan sel kanker bahkan memeranginya hingga musnah. Salah satu penelitian membuktikan jika senyawa seperti glikosida triterpen yang ditemukan dalam teripang sangat baik untuk melawan pertumbuhan sel kanker. Untuk kanker pada tahap awal bahkan bisa menerima efek yang sangat baik. Hal lain juga dibuktikan bahka teripang mengandung philinopside E. Bahan ini bisa memberikan rangsangan yang baik untuk pembuluh darah dan mengatasi penyebaran kanker dari pembuluh darah.

  1. Mencegah Peradangan

Teripang ternyata juga terbukti untuk mengurangi rasa sakit akibat peradangan dan menjaga agar peradangan tidak lebih buruk. Hal ini sangat penting untuk orang yang menderita peradangan pada tulang atau arthritis. Kandungan beberapa senyawa yang ditemukan dalam teripang seperti glukosamin, mukopolysakarida, dan kondotrin sangat baik untuk meningkatkan efek anti peradangan yang tinggi. Efek yang paling sering diterima oleh orang yang makan teripang adalah berkurangnya rasa nyeri dan sakit yang lebih buruk pada awalnya. Senyawa dalam teripang ternyata bisa bereaksi dengan menurunkan kandungan prostaglandin dalam tubuh.

  1. Mengatasi Resiko Pembekuan Darah

Masalah pembekuan darah sangat berbahaya untuk tubuh. Tubuh Anda bisa menerima beberapa resiko yang lebih buruk seperti penggumpalan darah dalam paru-paru atau pembuluh darah. Jika hal ini terjadi maka bisa menyebabkan jantung tidak berfungsi dengan baik. Konsumsi teripang sangat baik untuk mencegah proses pembekuan darah yang terjadi pada pembuluh darah dan semua bagian tubuh Anda. Menurut penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari Brasil, terbukti jika teripang bisa melawan efek pembekuan. Teripang mengandung kondrotin yang  bisa mencegah pembekuan darah.

  1. Mengobati Luka

Pada jaman dahulu teripang menjadi salah satu bahan alami yang bisa menghentikan pendarahan dan mengobati luka agar lebih cepat kering atau sembuh. Konsumsi teripang sangat membantu orang yang mengalami luka baik untuk bagian dalam atau luar tubuh. Teripang akan membantu tubuh Anda mendapatkan proses regenerasi sel dan jaringan tubuh yang lebih baik. Kandungan beberapa jenis senyawa seperti asam arakidonat dipercaya akan meningkatkan fungsi ini.

  1. Melawan Infeksi Virus dan Bakteri

Teripang juga dipercaya bisa membantu tubuh untuk melawan berbagai infeksi akibat virus atau bakteri. Teripang akan meningkatkan sistem kekebalan alami tubuh. Bahkan ketika tubuh Anda mendapatkan nutrisi dari teripang maka kekuatan sel-sel dalam tubuh akan meningkat. Proses regenerasi sel darah merah yang sehat akan menjadi lebih baik. Fungsi inilah yang kemudian bisa membuat luka atau penyakit infeksi disembuhkan dengan makan teripang. Hal ini bahkan sudah dibuktikan oleh berbagai penduduk yang tinggal di wilayah perairan di Cina. Mereka jarang pergi ke dokter ketika sakit, sebab makan teripang akan membantu tubuh menjadi lebih baik.

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh pada Penderita Kanker

Bagi penderita kanker, manfaat teripang sangat penting dan dapat membantu sekali. Penderita kanker bisa mengalami masalah kekebalan tubuh terutama ketika sedang menjalani pengobatan kemoterapi. Beberapa sel yang sehat akan ikut terbunuh ketika obat yang keras tersebut masuk ke dalam tubuh. Namun konsumsi teripang saat menjalani kemoterapi akan meningkatkan efek kekebalan tubuh dan membuat tubuh bisa melawan efek kemoterapi yang buruk. Teripang mengandung senyawa yang bisa membuat sel sehat dalam tubuh menjadi lebih aktif.

  1. Sumber Protein Sehat untuk Tubuh

Mengkonsumsi teripang juga akan membantu tubuh Anda mendapatkan protein yang sehat dan cukup. Protein sangat penting untuk tubuh karena bisa membantu membangun sintesa DNA, menjaga energi dalam tubuh, meningkatkan fungsi sel tubuh dan masih banyak fungsi lain. Kandungan protein teripang yang cukup tinggi sangat baik untuk tubuh. Karena itu orang yang baru sakit dan masuk tahap pemulihan sangat disarankan untuk mengkonsumsi teripang. Karena itu di Cina banyak orang makan teripang saat sedang sakit atau tidak enak badan.

  1. Mengatasi Impotensi

Salah satu hal yang paling menakutkan bagi pria adalah mengalami impotensi. Namun di Cina pengobatan impotensi dengan konsumsi teripang sudah teruji dan memang terbukti sangat ampuh. Teripang akan membantu meningkatkan aliran darah dalam pembuluh darah di sekitar organ vital. Kemudian kandungan bahan protein yang tinggi ini juga akan menjaga sel sperma yang sehat. Karena itu banyak para pria di Cina yang lebih sering mengkonsumsi teripang dibandingkan wanita. Bahkan teripang selalu menjadi hidangan istimewa bagi pria.

  1. Menurunkan Kolesterol

Manfaat teripang laut untuk kolesterol juga tidak bisa kita anggap sebelah mata. Kolesterol adalah lemak jahat yang bisa menyebabkan beberapa penyakit kronis. Orang yang memiliki gangguan tinggi kolesterol juga beresiko terkena penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. Untuk menurunkan kolesterol maka disarankan mengkonsumsi teripang secara rutin. Teripang mengandung lemak sehat meskipun dalam angka yang kecil. Namun kemampuan teripang untuk menjaga renegerasi sel tubuh bisa meningkatkan fungsi untuk menurunkan kolesterol.

  1. Menghentikan Pendarahan Setelah Melahirkan

Kebudayaan mengkonsumsi teripang setelah melahirkan sudah dilakukan sejak jaman dahulu. Kebiasaan ini banyak dilakukan oleh masyarakat Cina dan Malaysia. Ibu yang baru saja melahirkan akan diberikan hidangan istimewa dengan bahan teripang. Teripang akan menghentikan pendarahan secara alami, memulihkan tenaga ibu yang baru saja melahirkan dan memberikan efek mengurangi rasa sakit yang sangat besar.

  1. Menyembuhkan Luka pada Penderita Diabetes

Penderita diabetes biasanya mengalami luka yang disebabkan karena kematian sel syaraf tertentu. Hal ini biasanya terjadi pada bagian kaki. Hal yang paling mengerikan adalah jika luka tersebut membusuk yang harus diamputasi untuk mengurangi masalah komplikasi lainnya. Konsumsi teripang untuk penderita diabetes yang mengalami hal ini bisa membantu mengatasi luka yang membusuk. Kemampuan teripang untuk memulihkan fungsi sel dan membangun jaringan kulit bisa menyembuhkan luka yang membusuk. Karena itu teripang bisa menjadi makanan yang sangat sehat untuk penderita diabetes. Selain itu teripang juga akan mampu mengatur kadar insulin dalam tubuh.

  1. Membantu Fungsi Ginjal

Teripang menjadi salah satu bahan makanan yang bisa membantu tubuh dalam meningkatkan fungsi ginjal. Teripang akan meningkatkan kerja sel dan produksi sel darah merah. Proses ini sekaligus akan membantu ginjal untuk berfungsi lebih baik ketika menyaring racun dan cairan dalam tubuh. Orang yang memiliki resiko terkena penyakit ginjal sangat disarankan mengkonsumsi teripang.

  1. Menyembuhkan Sakit Gigi

Sakit gigi yang terjadi akibat gigi berlubang, radang gusi atau jenis gangguan lain juga bisa disembuhkan dengan makan teripang. Teripang bisa membantu melawan serangan bakteri yang sering menyebabkan sakit gigi. Ketika gigi berlubang atau gusi mengalami infeksi maka bisa membuat aktifitas bakteri menjadi sangat tinggi. Teripang bisa membantu mengatasi serangan bakteri, melawan rasa sakit dan membuat kesehatan mulut yang lebih baik lagi. Dalam pengujian yang menggunakan pasta gigi dari teripang bisa terbukti jika teripang sangat efektif untuk mengurangi sakit gigi dan melawan infeksi yang menyerang bagian mulut.

  1. Meningkatkan Nafsu Makan

Teripang juga bisa membantu meningkatkan nafsu makan. Teripang memiliki rasa yang sangat khas dan bisa mudah menyerap berbagai jenis bumbu. Ketika sedang sakit atau tidak nafsu makan maka teripang bisa menjadi menu pilihan. Kandungan rasa dan tekstur sangat sangat khas akan membantu meningkatkan nafsu makan. Selain itu teripang mengandung senyawa yang bisa membuat saluran pencernaan menjadi lebih nyaman. Ketika mual atau selalu ingin muntah karena kurang sehat maka teripang akan membantu mengatasi masalah ini.

  1. Meningkatkan Fungsi Metabolisme

Teripang penuh dengan nilai gizi yang penting seperti lemak sehat, protein, mineral dan vitamin. Semua jenis nutrisi ini sangat penting untuk membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Kebiasaan mengkonsumsi teripang juga sangat baik untuk mendukung kerja sel tubuh dan meningkatkan aktifitas darah dalam tubuh. Metabolisme tubuh yang baik akan membantu proses regenerasi sel, penyerapan sari makanan, pembakaran lemak dan bisa menjaga kesehatan.

  1. Mengatasi Masalah Pernafasan

Manfaat teripang laut untuk kesehatan selanjutnya adalah untuk pernafasan. Teripang juga menjadi salah satu obat yang ampuh untuk mengatasi berbagai masalah pernafasan. Praktek kesehatan teripang untuk mengatasi masalah pernafasan seperti sesak nafas, alergi, batuk dan asma ringan sudah diterapkan di Cina. Teripang mengandung senyawa khusus yang bisa membantu melonggarkan saluran pernafasan. Bahkan teripang akan mengatasi beberapa gangguan pernafasan akibat alergi dengan cara meningkatkan zat anti alergi dalam darah.

  1. Mencegah Efek Penuaan Dini

Salah satu rasahasia kecantikan wanita Cina dan Jepang adalah kebiasaan mengkonsumsi makanan laut seperti Teripang. Bahkan kebiasaan ini sekarang berkembang di Korea dan Taiwan. Teripang mengandung vitamin E dan senyawa yang bisa meningkatkan aktifitas kolagen. Kolagen sangat penting karena akan membuat kulit Anda menjadi lebih elastis dan terlihat mulus. Kemampuan bahan ini juga penting untuk mencegah penuaan dini seperti keriput dan bintik hitam. Tepung yang diolah dari teripang yang sudah dikeringkan bisa menjadi masker yang bisa membuat kulit lebih cantik.

Fakta Nyata Tentang Teripang

  1. Teripang memiliki bentuk badan yang memanjang dan bulat.
  2. Warna teripang sangat berbeda-beda tergantung dari jenis spesiesnya. Namun jenis warna yang paling sering ditemukan adalah biru, coklat, hijau, merah dan hitam.
  3. Teripang memiliki senjata untuk melawan predator lain yang terletak pada bagian skeleton, bentuknya mirip seperti duri runcing.
  4. Ukuran teripang sangat bervariasi mulai dari 1 cm hingga 30 cm.
  5. Teripang terlihat keras namun sebenarnya sangat lembut ketika disentuh.
  6. Teripang akan mengeluarkan racun yaitu holothurin yang dikeluarkan bersama dengan organ lain ketika merasa diserang oleh musuh.
  7. Teripang memiliki sistem indra yang buruk karena tidak memiliki otak.
  8. Teripang akan bernafas dengan anus.
  9. Bentuk tubuh teripang bisa berubah menjadi lebih kecil atau pipih dalam keadaan tertentu.
  10. Teripang sangat penting dalam ekosistem di laut karena akan makan planton dan berbagai sisa dari hewan yang sudah mati dalam air.

Teripang memang salah satu spesies laut yang sangat berpotensi. Tidak ada larangan untuk mengambil teripang dari laut. Namun perhatikan untuk mengambil teripang yang tidak terlalu kecil atau terlalu besar. Teripang sangat penting untuk habitat kehidupan laut.

Bagaimana Dengan “Herbal” Produk Teripang?

Lebih baik yang alami, daripada “herbal” karena banyak klaim produk herbal saat ini, jadi kita sudah tidak mengetahui lagi mana yang benar2 herbal atau tidak, bayangkan bisa mendapatkan bahan baku sebanyak itu ? kita harus berpikir ulang dan lihat kandungannya jangan jangan lebih berbahaya dibandingkan dengan manfaatnya. Konsumsi langsung atau pemanfaatan sendiri lebih disarankan.

, ,
Post Date: Thursday 28th, January 2016 / 06:25 Oleh :
Kategori : Daging