Manfaat Ikan Baung Untuk Kesehatan Tubuh

Ikan baung (Hemibagros sp) adalah jenis ikan laut yang penyebarannya meliputi daerah Cina Selatan, Asia Tenggara dan India. Di Indonesia sendiri ikan baung dapat ditemukan di perairan sungai, rawa, dan danau yang ada di Pulau Sumatera Selatan, Riau dan Kalimantan. Ikan baung merupakan hewan nokturnal yang beraktivitas di malam hari. Berdasarkan jenis makanannya ikan baung digolongkan sebagai omnivora, namun banyak juga yang menggolongkan ikan ini sebagai karnivora. Sekilas tubuh ikan baung hampir menyerupai ikan lele.

Kandungan Ikan Baung

Ikan baung memiliki kandungn protein yang tinggi namun rendah lemak. Berdasarkan hasil penelitian, ikan baung dengan berat tubuh 25,8 gr mengandung 51,99% protein, 15,85 lemak dan air 75,07 %. Kandungan lemak didalamnya juga rendah kolesterol sehingga aman bagi jantung. Manfaat ikan baung berdasarkan kandungan nutrisinya antara lain:

1. Protein

Protein memiliki peran penting dalam membangun tubuh dan berbagai metabolisme tubuh manusia. Tingginya kandungan protein dalam daging ikan baung menjadikannya salah satu pilihan lauk penting. Asupan protein juga sangat disarankan sebagai makanan pagi hari. Banyak sekali manfaat protein bagi kesehatan tubuh diantaranya:

  • mendukung proses metabolisme dalam tubuh
  • merupakan salah satu zat yang dibutuhkan dalam jumlah besar
  • mendukung fungsi fisiologis tubuh
  • melindungi tubuh dari gangguan penyakit
  • berperan sebagai pembentuk sistem imun tubuh
  • sebagai peningkat energi dalam tubuh

Baca juga :

2. Lemak 

Lemak adalah zat utama lain yang dibutuhkan oleh tubuh. Asam lemak dan gliserol yang merupakan hasil pemecahan atau pencernaan lemak memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Meskipun demikian asupan lemak juga harus dibatasi karena dapat meningkatkan kolesterol tubuh. Ikan baung mengandung lemak tak jenuh dengan jumlah sedikit. Ini menjadi salah satu ciri lemak dalam ikan baung aman dikonsumsi tubuh. Manfaat lemak dalam tubuh antara lain:

  • Sebagai cadangan makanan, lemak akan disimpan saat ada kelebihan dan dicerna saat tubuh kekurangan nutrisi
  • merupakan zat utama dlam melindungi organ organ lunak dri benturan
  • berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung
  • berperan dalam pembentukan berbagai macam hormon dalam tubuh
  • berperan dalam membantu pencernaan vitamin larut lemak
  • Menjaga kekenyalan kulit
  • Menjaga kesehatan kulit

3. Vitamin dan Mineral

Kandungan yang tidak kalah penting adalah vitamin dan mineralnya. Ikan baung utamanya memiliki kandungan vitamin E yang cukup tinggi. Manfaat vitamin E antara lain dapat menghaluskan dan meremajakan kulit. Ikan baung juga merupakan sumber vitamin A. Manfaat vitamin A bagi tubuh antara lain sebagai antioksidan aktif yang dapat mencegah terjadinya penuaan dini, melawan radikal bebas, menghambat pertumbuhan sel kanker serta baik untuk kesehatan mata.

Demikian uraian tentang manfaat ikan baung bagi kesehatan. Ikan baung banyak mengandung protein, sangat cocok digunakan sebagai lauk sarapan di pagi hari. Kandungan proteinnya dapat membantu memberikan energi lebih dan meningkatkan konsentrasi saat melakukan aktivitas sehari hari. Ikan baung dapat disajikan sebagai ikan asap, dijadikan ikan baung asam manis, dengan kuah santan kuning atau dapat digoreng kering. Semoga bermanfaat.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Friday 23rd, December 2016 / 04:08 Oleh :
Kategori : Hewan