8 Manfaat Daging Kuda untuk Kesehatan

Kuda merupakan salah satu hewan ternak yang banyak dimanfaatkan oleh manusia. Equus caballus ini adalah nama latin yang dimiliki oleh kuda. Kuda berkembang biak dengan cara beranak. Manfaat hewan ternak ini banyak digunakan sebagai sarana transportasi pada zaman dahulu. Ini karena kuda merupakan hewan yang bersemangat dan pantang untuk menyerah. Menunggangi kuda juga lebih muda karena hewan ini jinak jika kita tahu caranya.

Kuda selain sebagai sarana transportasi zaman dahulu untuk saat ini tenaga dari hewan ini tetap masih digunakan. Selain itu susu kuda juga dimanfaatkan karena dipercaya mampu mengobati penyakit. Susu kuda yang bermanfaat juga tidak kalah dari manfaat daging kuda yang kaya akan manfaat untuk kesehatan. Banyak yang belum mengetahui manfaat dari dagin kuda. Padahal jika diolah dengan cara yang benar maka daging kuda yang dikonsumsi bisa mengobati beberapa jenis penyakit. Ini karena kandungan dari daging kuda yang kaya manfaat. Berikut ini kandungan dari daging kuda yaitu :

  • Kalsium didalam daging kuda berjumlah sekitar 10 mg, kalsium berguna untuk menjaga kesehatan tulang dan pembentukkan tulang dimasa pertumbuhan.(Baca juga : Manfaat kalsium bagi tubuh di segala usia)
  • Lemak  yang berjumlah 4,4 gram. (Baca juga : Manfaat lemak)
  • Karbohidrat sebagai sumber energi dalam menjalankan kegiatan sehari – hari. (Baca juga : Manfaat karbohidrat)
  • Protein yang berguna untuk meregenerasi sel – sel dalam tubuh. (Baca juga : Manfaat protein)
  • Zat besi yang baik untuk menambah kadar hemoglobiin didalam darah. (Baca juga : Manfaat zat besi)

Itulah beberapa kandungan di dalam daging kuda yang baik untuk menjaga kesehatan dan mengobati penyakit.

Manfaat Daging Kuda

Diantara sekian daging yang baik untuk dikonsumsi, daging kuda juga yang dikonsumsi baik untuk mengobati penyakit seperti :

1. Rematik

Rematik merupakan salah satu gejala penyakit seperti serangan mendadak terasa seperti tertusuk – tusuk di bawah kulit. Umumnya rematik terjadi di sekitar tangan dan kaki. Rematik awal biasanya dimulai pada usia 40 tahun. Namun seiring dengan gaya hidup yang tidak sehat penyakit rematik sudah mulai menjangkiti usia 30 tahunan. Salah satu penyebab timbulnya penyakit rematik adalah mengkonsumsi makanan yang kaya akan lemak dengan berlebihan. Jadi ada baiknya untuk menghentikan kebiasaan buruk ini dengan cara menggantinya dengan perbanyak konsumsi buah dan sayuran.

Artikle terkait :

2. Meningkatkan Stamina

Stamina tubuh diperlukan untuk melakukan berbagai akitifitas pada siang haru. Hanya saja stamina didalam tubuh dapat berkurang karena faktor kelelahan. Ada beberapa cara untuk meningkatkan kembali stamina di dalam tubuh. Salah satunya adalah memakan daging kuda. Daging kuda dipercaya mampu untuk meningkatkan stamina. Sehingga Anda akan kembali bersemangat untuk melakukan berbagai aktifitas harian.

Artikel terkait :

3. Menurunkan kadar kolesterol

Kolesterol didalam tubuh berguna untuk melindungi jantung. Namun kadar kolesterol yang berlebihan didalam tubuh malah balik menyerang jantung. Itu sebabnya penyakit jantung dihubungi dengan kolesterol di dalam tubuh. Untuk menurunkan kadar kolesterol didalam tubuh secara alami. Anda dapat memilih untuk mengkonsumsi daging kuda. Daging kuda dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol didalam tubuh.

Artikel terkait :

4. Epilepsi

Gejala epilepsi ditandai dengan kejang – kejang pada penderita. Intensitas kejang dapat berlangsung lama. Beberapa penyakit epilepsi dapat disembuhkan dengan makan daging kuda secara teratur. Daging kuda dipercaya mampu menyembuhkan penyakit epilepsi dan mencegahnya. Selain itu penyakit epilepsi bukanlah penyakit yang menular. Sehingga Anda tidak perlu takut tertular dengan penderita epilepsi.

Artikel terkait :

5. Mengobati asma

Asma merupakan penyakit yang menyerang sistem pernafasan. Penderita asma akan mengalami sesak nafas secara tiba – tiba terlebih pada udara yang dinging. Itulah sebabnya sebagai langkah awal penderita asma diberi semacam alat bantu pernafasan saat penyakit asma tiba – tiba kambuh. Asma dapat diobati secara alami dengan daging kuda. Caranya juga mudah Anda dapat rutin menjadikan daging kuda sebagai sambal pelengkap makan nasi. Biasanya dengan sendirinya asma sudah tidak kambuh lagi.

Artikel terkait :

6. Badan pegal

Badan pegal – pegal dapat disebabkan karena terlalu banyak aktifitas yang dilakukan. Badan pegal dapat diatasi dengan daging kuda. Konsumsi daging kuda yang secukupnya mampu mengatasi rasa pegal pada badan Anda. Badan yang pegal bisa disebabkan karena kelelahan dan dengan istirahat secukupnya juga bisa membantu mengatasi badan yang pegal.

Artikel terkait :

7. Baik untuk tulang

Tulang berguna untuk menyangga tubuh. Kepadatan tulang bertumbuhn sesuai dengan nutrisi yang diberikan pada tulang. Daging kuda mempunyai manfaat yang baik untuk tulang. Ini karena didalam daging kuda terfapat kandungan fosfor yang mampu menjaga kepadatan tulang. Sehingga Anda terhindar dari penyakit osteoporosis. osteoporosis merupakan kerapuhan pada tulang sehingga tulang menjadi keropos. Jika dibiarkan terus menerus maka akan mengakibatkan kesulitan untuk bergerak. Osteoporosi banyak menyerang usia lansia dimana para lansia merasa kesulitan untuk melakukan gerakan seperti berjalan dan duduk meskipun hanya sebentar saja.

Artikel terkait :

8. Diet

Diet merupakan salah satu cara untuk menurunkan berat badan yang berlebihan untuk kembali menjadi ukuran yang ideal. Diet banyak dijadikan pilihan terutama kaum hawa yang sangat mempedulikan mengenai penampilan. Namun tidak semua diet memberikan dampak yang baik bagi kesehatan karena prosesnya yang salah. Untuk itu ada baiknya Anda kembali mengkaji ulang mengenai diet yang Anda lakukan. Apakah sudah baik atau belum. Diet yang baik dapat dicoba dengan mengonsumsi daging dari kuda. Daging kuda memiliki kandungan lemak yang dangat sedikit sehingga saat dikonsumsi tidak menjadikan penimbunan lemak didalam tubu. Namun selain mengganti menu makan Anda imbangi juga dengan melakukan olahraga secara rutin.

Artikel terkait :

Itulah beberapa manfaat dari mengkonsumsi daging kuda sebagai sambal untuk pelengkap makan nasi. Anda dapat mengonsumsinya dengan secukupnya karena segala yang berlebihan tentu tidak baik apalagi untuk dikonsumsi.

Ciri Daging Kuda

Setiap daging yang dijual dan kemudian dibeli untuk dikonsumsi pasti memiliki perbedaan masing – masing. Begitu juga dengan daging kuda, daging kuda mempunyai ciri – ciri sebagai berikut :

  • Daging kuda memiliki warna yang merah menyala sama dengan daging hewan lainnya.
  • Untuk rasanya sendiri daging kuda yang sudah di olah memiliki rasa yang empuk sekali.
  • Selain empuk daging kuda juga memiliki rasa yang manis.
  • Daging kuda sarat dengan kadungan gizi yang tinggi sekali untuk kesehatan.
  • Daging kuda juga memiliki lemak yang berwarna kuning, saat disentuk lemak dari daging kuda ini sangat lunak sekali berserta lema didaging kuda lebih sedikit dibandingkan dengan daging hewan lainnya.

Baca juga :

Ciri – ciri dari daging kuda tersebut bisa Anda jadikan acuan dalam memilih daging saat membelinya dipasar.

Cara Megolah Daging Kuda untuk Dimasak

Saat sudah dibeli dipasar selanjutnya tinggal memasak daging kuda sesuai dengan resep yang ingin Anda coba. Berikut ini langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk mengolah daging kuda :

1.Membersihkannya

Daging kuda yang sudah dibeli baiknya dicuci hingga bersih dengan air yang megalir. Sehingga sudah tidak ada lagi darah dan bau yang menempel didaging.

2. Memotong

Setiap daging kaya akan serat saat mentah. Agar daging empuk saat dimasak maka potonglah daging kuda secara melintang. Sesudah itu sebelum merebusnya tambahkan potongan nanas pada daging kuda agar daging menjadi lembut dan empuk saat dimakan

3. Memasak daging kuda

Langkah terakhir adalah dengan memulai memasak daging kuda. Tambahkan air kedalam panci dan juga lansung masukkan daging kuda kedalamnya. Kemudian baru letakkan panci diatas kompor dan panaskan.

Itulah langkah – langkah yang benar untuk mengolah daging kuda sebagai menu makanan.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 19th, December 2016 / 03:27 Oleh :
Kategori : Makanan