5 Manfaat Minum Beras Kencur Pada Kesehatan Tubuh

Beras Kencur merupakan salah satu jamu tradisional Indonesia yang sering digunakan sebagai obat alami. Dengan ras yang khas, jamu ini digemari karena memiliki rasa manis pedas jika dibandingkan dengan jamu lain pada umumnya yang terasa pahit . Selain itu, jamu beras kencur juga memiliki kandungan yang bermanfaat bagi tubuh manusia. Kandungan yang dipercaya terdapat dalam beras kencur antara lain vitamin B, minyak atsiri, asam cinamic, mineral, asam anisic, ethyl aster, asam methyl kanil, borneol, penta dekan, alkaloid, kamphene paraeumarin dan gom. Artikel kali ini akan membahas mengenai manfaat minum beras kencur.

artikel terkait:

Cara Membuat

Jamu beras kencur biasanya dijual pada agen jamu maupun jamu penjual keliling seagai obat tradisional. Namun apabila Anda tidak dapat menemukannya, Anda dapat membuat sendiri jamu beras kencur dengan langkah-langkah sebagai berikut.

Bahan-bahan:

  • 500 gram kencur ukuran sedang
  • 200 gram beras
  • 100 gram gula aren atau jawa
  • 200 gram gula pasir
  • ½ sdt garam
  • 1 buah jeruk nipis
  • Cengkeh
  • Kayu manis
  • 1,5 liter air

Cara membuat:

  • Kupas kencur dan cuci bersih
  • Cuci bersih beras, rendam selama 4 jam kemudian tiriskan
  • Tumbuk beras hingga halus, campurkan dengan kencur, kayu manis dan cengkeh secukupnya
  • Rebus bahan yang telah ditumbuk dengan gula merah, gula pasir dan garam
  • Aduk selama 20 menit dan tunggu hingga mendidih
  • Matikan api dan saring jamu ke dalam gelas
  • Tambahkan perasan jeruk nipis agar lebih segar dan minum selagi hangat

artikel terkait: manfaat jamur kombucha

Manfaat Minum Jamu Beras Kencur

Tidak banyak orang mengetahui manfaat yan diperoleh dari meminum jamu beras kencur. Untuk itu kami sajikan manfaat meminum jamu beras kencur yaitu sebagai berikut :

1. Menghilangkan nyeri, capek dan pegal-pegal

Jamu beras kencur dipercaya dapat memberikan manfaat bagi tubuh guna menghilangkan rasa nyeri, capek dan pegal-pegal akibat aktivitas seharian maupun kerja berat. Bagi Anda para pekerja berat, jamu beras kencur cocok untuk Anda konsumsi setiap hari untuk menghilangkan rasa nyeri, capek dan pegal-pegal Anda.

artikel terkait: manfaat jamu kunir asem

2. Membantu meningkatkan nafsu makan

Konon, jamu beras kencur juga memiliki khasiat untuk meningkatkan nafsu makan bagi Anda orang dewasa maupun anak-anak yang mengalami masalah pada nafsu makannya. Hal ini dkarenakan kandungan minyak atsiri kencur pada jamu ini yang dapat mebantu meningkatkan nafsu makan.

artikel terkait: manfaat jamu brotowali

3. Membantu menebalkan dinding lambung dan meradakan maag

Jamu beras kencur dipercaya dapat menurunkan kadar asam lambung untuk meredakan penyakit maag. selain itu, meminum beras kencur secara rutin dipercaya dapat membantu menebalkan dinding lambung penderita maag yang mengalami pengikisan lambung. Mengingat, obat maag yang diminum penderita justru membuat dinding lambung penderita semakin tipis.

artikel terkait: manfaat jamu daun pepaya

4. Membantu mengobati masuk angin

Bagi Anda yang sedang menderita masuk angina, tidak ada salahnya apabila Anda mengkonsmsi jamu beras kencur sebagai solusi masuk angin yang Anda derita. Hal ini dikarenakan jamu beras kencur memberikan efek hangat yang dapat digunakan penderita masuk angina untuk mengusir rasa mual ketika masuk angina menyerang.

artikel terkait: manfaat jamu bersih darah

5. Membantu menyegarkan badan

Apabila badan Anda terasa lelah dan lesu, jangan ragu untuk mengkonsumsi jamu beras kencur. Layaknya wedang jahe, jamu beras kencur juga dipercaya dapat mengusir rasa lelah dan lesu agar badan kembali segar dan bugar.

artikel terkait: manfaat jamu pahitanmanfaat jamu daun sirih

Demikian merupakan informasi yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat minum beras kencur. Setelah membaca artikel ini, silahkan Anda buktikan sendiri khasiat jamu beras kencur ini. Terimakasih telah membaca dan semoga bermanfaat.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Thursday 15th, December 2016 / 05:48 Oleh :
Kategori : Herbal