13 Manfaat Teh Benalu Untuk Kesehatan Tubuh

Siapa yang tidak kenal dengan benalu? Benalu (Loranthus) atau tanaman api-api ini biasanya dianggap sebagai pengganggu karena menyerap nutrisi dari pohon inangya. Namun siapa sangka kalau tanaman ini dapat dijadikan teh yang memiliki segudang manfaat. Penasaran? Berikut merupakan ulasannya.

artikel terkait:

Cara Membuat Teh Benalu

Untuk membaut teh benalu, Anda dapat melakukan sendiri di rumah dengan cara-cara sebagai berikut.

  • Pertama-tama, siapkan tumbuhan benalu. Biasanya benalu yang dianggap bagus merupakan benalu yang tumbuhpada pohon teh maupun pohon jeruk.
  • Potong kecil-kecil tumbuhan benalu dan daun benalu yang telah disiapkan tadi menjadi kira-kira sepanjang 1,5 cm hingga 2 cm.
  • Jemur tumbuhan benalu yang telah dipotong-potong tadi hingga kering
  • Apabila telah kering, silahkan kukus tumbuhan benalu tadi untuk mematikan mikroba-mikroba yang mungkin terdapat didalamnya
  • Setelah satu jam pengukusan, angkat dan tiriskan potongan benalu dan jemur lagi hingga kering
  • Benalu siap dijadikan menjadi teh
  • Untuk cara penyajiannya, teh benalu ini hampir sama dengan penyajian teh lainnya. Anda hanya perlu mengambil segenggam teh benalu dan kemudian dimasukkan ke dalam poci untu diseduh dengan air panas.

artikel terkait: manfaat teh manis

Kandungan Teh Benalu

Menurut Ritcher (1992) dalam Phytochemistry no 31, benalu Loranthaceae dan Viscaceae memiliki kandungan flavonoid seperti chalcones, flavanones, c-glycoflavonols sertaflavon-3-ols. Untuk tumbuhan benalu sendiri, flavonoid berguna sebagai pelindung tumbuhan dari kerusakan yang dapat disebakan oleh sinar ultra violet matahari serta bertanggung jawab terhadap warna bunga, buah serta daun.

Selain itu, keberadaan flovanoid pada benalu ini didukung dengan adanya zat-zat lain seperti proline, hydroprline, myo-inosil dan chiroinosotils. Benalu dari famiili Loranthaceae juga diyakini memiliki kandungan tanin berkat hasil kerja sama asam garlic dan catechin.

artikel terkait: manfaat teh campur madu

Manfaat Meminum Teh Benalu

Sebenarnya manfaat apa saja sih yang dapat kita peroleh dari konsumsi teh benalu ini? Berikut merupakan ulasannya.

1. Membantu mengobati epilepsi

Benalu telah digunakan oleh bangsa Eropa sejak abad ke-16 sebagai obat herbal yang berguna untuk mengobati penyakit gangguan syaraf seperti epilepsi. Meminum teh daun benalu ini dipercaya dapat membantu penderita epilepsi dalam mengontrol tubuhnya sendiri dikarenakan penyakit tersebut.

artikel terkait: manfaat teh jahe

2. Membantu menurunkan tekanan darah

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan tekanan darah tinggi, barangkali konsumsi teh benalu dapat menjadi alternatif solusi bagi Anda. Hal ini dkarenakan teh daun benalu memiliki kandungan yang dipercaya dapat membantu mengatasi masalah tekanan darah anda.

artikel terkait: manfaat teh untuk mata

3. Membantu melancarkan peredaran darah

Lancarnya peredaran darah dalam tubuh dapat memelihara kesehatan tubuh kita dikarenakan darah mengedarkan nutrisi dan gizi yang berasal dari makanan yang kita makan. Dengan mengkonsumsi teh daun benalu, peredaran darah Anda akan terbantu menjadi semakin lancar agar tubuh juga semakin sehat.

artikel terkait: manfaat teh bunga krisan

4. Membantu mengobati kanker

Di Eropa, daun benalu telah banyak diteliti dan dijadikan sebagai obat  tradisonal guna membantu menyembuhkan penyakit kanker. Daun benalu memiliki dipercaya memiliki kandungan flovanoid dan tanin yang dapat berguna sebagai antikanker.

artikel terkait: manfaat teh daun manggis

5. Membantu mengatasi tidur mendengkur

Menurut penelitian yang telah ada, mendengkur dapat menjadi salah satu tanda adanya penyakit serius yang terdapat dalam tubuh. Apabila Anda mengalami masalah dengan tidur mendengkur, tidak ada salahnya apabila Anda mencoba mengkonsumsi teh benalu secara rutin untuk membantu mengatasi masalah Anda.

artikel terkait: manfaat teh hijau kepala jenggot

6. Membantu mengobati radang sendi

Dikarenakan kandungan flovanoid yang terkandung dalam daun benalu, benalu dapat dijadikan sebagai salah satu obat tradisional untuk membantu mengatasi radang persendian Anda seperti penelitian yang telah ada. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mencoba mengkonsumsi manfaat teh benalu ini secara rutin.

artikel terkait: manfaat teh chamomile

7. Membantu mengatasi detak jantung tidak normal

Sejak jaman dahulu kala orang China telah menggunakan benalu untuk obat tradisional untuk membantu menormalkan detak jantung. Apabila detak jantung Anda tidak normal, beberapa peneliti pun menyarankan agar menggunakan benalu sebagai obat herbal seperti yang telah dilakukan orang China.

artikel terkait: manfaat teh hijau untuk diet

8. Membantu membunuh sel tumor

Dengan meminum teh benalu, secara tidak langsung Anda juga mendapatkan manfaat untuk mencegah timbulnya penyakit tumor dalam diri Anda. Daun benalu diyakini memiliki kandungan yang dapat mencegah membesarnya sel tumor serta membunuh sel-sel tumor yang bisa berubah menjadi kanker ganas.

artikel terkait: manfaat teh botol sosro

9. Membantu mengobati penyakit hepatitis

Hepatitis merupakan penyakit yang dapat menimbulkan kanker hati yang disebabkan oleh virus. Konsumsi manfaat teh benalu dipercaya dapat membantu mengobati penyakit hepatitis jenis apapun.

artikel terkait: manfaat teh hijau thailand

10. Sebagai obat pusing

Selain manfaat di atas, benalu juga dapat digunakan sebagai obat pusing. Caranya mudah, Anda cukup mengkonsumsi teh benalu hingga pusing yang Anda derita menjadi reda.

artikel terkait: manfaat teh pahit

11. Mencegah keguguran dan pendarahan

Meskipun belum dibuktikan kebenarannya, pada jaman dahulu kala benalu dipercaa sebagai obat tradisional untuk mencegah keguguran dan pendarahan. Namun ada baiknya sebelum mengkonsumsi teh benalu untuk mendapatkan manfaat ini Anda perlu berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu.

artikel terkait: manfaat buah barteh

12. Membantu menguatkan tulang dan gigi

Konsumsi teh daun benalu dipercaya dapat membantu menguatkan tulang dan gigi. Hal ini dikarenakan kandungan mineral yang terdapat didalamnya.

artikel terkait: manfaat teh rosella

13. Membantu mengembalikan fungsi hati dan ginjal

Apabila Anda ingin hati dan ginjal Anda menjadi sehat, tidak salahnya Anda mengkonsumsi teh daun benalu. Hal ini dikarenakan daun benalu dipercaya mengandung zat seperti tanin yang dapat berguna untuk membersihkan racun-racun dalam hati dan ginjal agar organ tersebut dapat kembali melakukan fungsinya dengan normal.

artikel terkait: manfaat minum teh tanpa gula

Selain itu, berikut juga disajikan manfaat benalu berdasarkan inangnya.

Tabel 1. Manfaat benalu berdasarkan inang

Inang Benalu Manfaat
Kelor dan salam obat gondok menyeluruh
Randu obat asma, ginjal, saraf, hernia
Delima Menjaga kesehatan tulang dan gigi, mempersubur rambut, mengobati kencing manis dan mengecilkan perut
Sono Obat rematik dan pegal linu
Turi Obat kencing nanah, mengatasi gangguan saluran kencing, mengatur kadar oksigen dalam darah, mengatasi batu ginjal dan pankreas
Sawo Mengecilkan perut
Sirsak Obat sakit perut, sariawan dan ambeien
Mangga Mengatasi sesak napas, mual, lever dan penyembuh luka
Alpukat Mengatasi darah tinggi dan kencing manis
Belimbing wuluh Obat sakit tenggorokan, batuk dan pusing
Beringin Menghitamkan rambut, obat gatal, datang bulan tidak lancar dan kutu air
Cengkeh Obat paru-paru, jantung dan menjaga kadar kolesterol
Durian Melancarkan perncernaan dan mengobati flu
Gading Mengatasi masalah kesuburan, keputihan dan gatal-gatal
Jambu air Mengobati maag, mual, mules, perih dan perut kembung
Jati Melancarkan peredarn darah, obat kanker, kencing manis, gondok, sakit karena virus dan sifilis
Jarak Menjaga kesehatan tulang, mengatasi gatal pada ibu-ibu baru melahirkan
Kacang-kacangan Penambah nafsu makan
Kopi Mengatasi darah rendah, gatal dan mengobati maag

Demikian merupakan informasi dari kami. Semoga bermanfaat!

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 15th, December 2016 / 05:30 Oleh :
Kategori : Minuman