7 Manfaat Kacang Merah Untuk Diet Sehat Membentuk Tubuh Ideal

Dalam kacang merah mengandung manfaat potasium yang sangat tinggi, antioksidan folat, serat, zat besi dan juga berbagai mineral lain yang sangat dibutuhkan tubuh. Hanya dengan mengkonsumsi kacang merah dalam jumlah cukup, maka segala risiko penyakit yang berbahaya sudah bisa diminimalisir sekaligus juga memperoleh bentuk tubuh yang ideal. Banyak orang yang berusaha untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal seringkali salah dalam melakukan diet. Bukan sehat yang diperoleh namun kondisi badan semakin rentang terhadap penyakit. Diet yang sehat dilakukan dengan memenuhi nutrisi serta serat yang diperlukan oleh tubuh, memperhatikan jumlah kalori dalam tubuh sekaligus menghindari lemak jenuh. Manfaat kacang merah untuk diet dikatakan bisa memenuhi cara diet sehat karena banyak nutrisi penting yang terkandung didalamnya seperti manfaat kacang panjang untuk diet. Apa sajakah itu?, simak penjelasan selengkapnya dari kami berikut ini.

  1. Mengandung Serat Tinggi

Sebenarnya, dengan mengkonsumsi banyak serat, maka berat badan bisa dijaga secara benar dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsi manfaat serat menurut penelitian di Journal of Nutrition pada tahun 2009. Kacang merah yang tinggi akan serat ini mempunyai kepadatan energi rendah sehingga akan membuat perut terasa penuh tanpa perlu menambah terlalu banyak kalori. Makanan yang mengandung serat arut ini juga akan memperlambat pengosongan perut sehingga tubuh akan terasa kenyang lebih lama. Mengkonsumsi 1 cangkir kacang merah sudah menyediakan cukup serat yakni sekitar 66% dari nilai harian yang dibutuhkan tubuh.

  1. Mengandung Protein

Kacang merah yang berbentuk seperti organ ginjal ini juga merupakan sumber protein yang sangat baik yakni 16.2 gram per cangkir kacang merah. Manfaat protein akan lebih baik dikonsumsi jika dibandingkan dengan lemak atau karbohidrat. Rasa kenyang nantinya akan meningkat sesudah mengkonsumsi makanan yang tinggi protein seperti kacang merah sekaligus bisa membantu anda mengkonsumsi lebih sedikit kalori sepanjang hari dan membantu menurunkan berat badan.

  1. Baik Untuk Pencernaan

Dalam kacang merah mengandung campuran serat larut dan tidak larut yang sangat membantu untuk meningkatkan kesehatan pencernaan sekaligus menjaga usus seperti manfaat kacang hijau untuk diet. Dengan mengkonsumsi kacang merah dalam jumlah cukup untuk menu diet, maka segala penumpukan sisa makanan dan zat yang tidak terpakai oleh tubuh bisa segera dikeluarkan yang tentunya juga berpengaruh terhadap penurunan berat badan yang sehat.

  1. Memperlambat Pelepasan Gula

Kacang merah juga mengandung karbohidrat namun jenis karbohidrat yang ada dalam kacang merah ini adalah jenis baik yang dikenal sebagai slow release carbohydrate. Manfaat karbohidrat dalam kacang merah bisa menunda pencernaan sekaligus menghambat pelepasan gula dalam aliran darah sehingga tidak hanya menjadi makanan ideal ketika diet, namun juga sangat disarankan untuk dikonsumsi penderita diabetes.

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Kacang merah yang kaya akan serat larut ini bisa menarik air kemudian mengubahnya menjadi gel selama dicerna. Serat larut dalam kacang merah ini tidak hanya membantu meningkatkan kesehatan pencernaan namun juga menurunkan kadar kolesterol tinggi sebagai salah satu penyebab berat badan berlebih.

  1. Sumber Energi

Ketika sedang menjalani program diet, banyak orang yang mengurangi asupan makanan mereka sehingga badan terasa lebih lemas dan mudah kelelahan. Namun dengan mengkonsumsi kacang merah ketika diet, maka akan menghasilkan sumber energi yang sangat penting namun tidak disimpan sebagai lemak. Tidak hanya menjadi sumber energi, namun mengkonsumsi kacang merah juga bisa meningkatkan pembakaran energi tersimpan kemudian diisi kembali dengan zat besi.

  1. Memberikan Rasa Kenyang Lebih Lama

Dalam penelitian yang melibatkan 42 sukarelawan untuk mengkonsumsi makanan biasa ditambah dengan kacang merah setiap hari selama 12 minggu dibuktikan jika manfaat kacang merah membuat para sukarelawan memiliki rasa kenyang yang lebih lama dibandingkan ketika tidak mengkonsumsi kacang merah. Dengan perut yang lebih kenyang, maka otomatis juga akan mengurangi keinginan mulut untuk ngemil terlalu berlebihan.

Demikian ulasan yang bisa kami berikan dalam kesempatan kali ini tentang manfaat kacang merah untuk diet. Meski kacang merah memang memiliki nutrisi tinggi dan tidka menyebabkan penambahan berat badan. Namun pastikan untuk tidak mengkonsumsi kacang merah terlalu berlebihan. Semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Makanan