4 Manfaat Ikan Ruan Untuk Mengatasi Anak Autis

Ikan ruan mungkin terdengar agak asing ditelinga anda, namun bagaimana dengan ikan gabus?. Anda pasti sangat familiar dengan namanya, ikan ruan memiliki nama lain ikan gabus ini merupakan salah satu jenis ikan predator yang hidup di air tawar dan memiliki nama lain snake head dengan nama ilmiah Channa striaetae. Dan berbeda jika anda melihat manfaat ikan rebon, di alam sendiri ikan ruan dapat mencapai panjang kurang lebih 1 m dengan ciri kepalanya yang memang mirip sekali dengan ular dengan tubuh yang bulat memanjang hampir menyerupai tubuh ikan lele. Warna ikan ruan pun ada banyak variasinya tergantung dari habitat hidupnya, ada yang berwarna hitam kecoklatan, ada pula yang berwarna kehijauan. Walaupun rupanya yang menyeramkan, siapa sangka bahwa ikan ruan memiliki gizi yang bermanfaat bagi tubuh anda.

Kandungan Gizi Ikan Ruan

  • Kalori
  • Protein
  • Kalsium
  • Fosfor
  • Zat besi
  • Vitamin A dan B

Dengan banyaknya kandungan gizi ikan ruan yang sangat berbeda jika anda melihat manfaat ikan remora, banyak pula manfaat yang bisa anda dapatkan selain menjadikan ikan ruan sebagai hidangan yang lezat. Biasanya dalam mengolah ikan ruan sebagian besar orang akan lebih memilih untuk mengolahnya menjadi berbagai menu hidangan pedas seperti gulai pedas, bumbu balado, lalapan, garang asem dan masih banyak lagi. Banyak juga orang yang memanfaatkan daging ikan ruan sebagai bisnis kuliner yang digemari anak muda seperti siomay. Namun terlepas dari itu, ada juga berbagai manfaat ikan ruan yang baik untuk kesehatan.

Manfaat Ikan Ruan

  1. Memperbaiki Gizi Buruk

Ikan ruan memiliki harga yang sangat ekonomis di pasaran sehingga banyak sekali orang yang membeli ikan ruan selain rasa dagingnya yang gurih dan lembut jika diolah. Selain itu berbeda dengan manfaat ikan roa, kandungan gizi yang ada pada ikan ruan dapat memperbaiki gizi seseorang yang sedang buruk. Hal ini karena ikan ruan memiliki kandungan protein yang sangat tinggi sehingga mampu memperbaiki gizi serta dapat menutrisi diri anda dengan baik.

  1. Menyembuhkan Penyakit

Ikan ruan juga memiliki manfaat yang sangat penting di dunia medis. Berbeda dengan manfaat ikan tilapia, beberapa penyakit yang dapat diobati dengan mengkonsumsi minyak ataupun daging ikan ruan diantaranya yaitu asma, nyeri otot, patah tulang, depresi, dan masih banyak lagi. Sudah banyak sekali penelitian ilmiah maupun medis yang membuktikan bahwa kandungan yang ada pada ikan ruan dapat menyembuhkan penyakit tersebut dengan cepat dan efisien.

  1. Menyembuhkan Anak Autis

Autis merupakan salah satu penyakit yang banyak diderita oleh anak- anak usia balita hingga berumur 12 tahun. Selain itu penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang sulit diatasi dan disembuhkan. Butuh kesabaran serta ketelatenan dalam merawat atau menyembuhkan anak autis. Untuk mempercepat proses penyembuhan, anda bisa memberikan minyak ikan ruan sebagai obat anak autis. Ini lebih efektif dan secara alami tidak memiliki efek samping apapun.


  1. Mempercepat Penyembuhan Luka

Bagi anda pasti sering mendengar manfaat ikan ruan yang satu ini dan berbeda jika anda melihat manfaat ikan tempel, yaitu mempercepat proses penyembuhan luka. Ini karena kandungan protein yang tinggi pada ikan ruan yang dapat membantu proses regenerasi sel- sel di tubuh anda menjadi lebih cepat. Dengan begini maka luka ataupun bekas luka di tubuh anda akan cepat sembuh.

Itulah berbagai manfaat serta informasi unik dan menarik seputar ikan ruan yang dapat kami sampaikan. Anda bisa membuktikannya dengan mencoba mengkonsumsi ikan ruam. Semoga informasi yang dapat kami sampaikan bermanfaat serta dapat menambah waawasan anda mengenai manfaat ikan ruan.

, ,
Oleh :
Kategori : Hewan