8 Manfaat Daun Sembung untuk Jantung dan Kolesterol

Menjaga kesehatan jantung sangatlah penting mengingat penyakit jantung merupakan salah satu silent killer yang jumlah penderita semakin hari semakin bertambah. Adapun faktor utama yang mempengaruhi kesehatan jantung seseorang adalah erat kaitannya dengan gaya hidup mulai dari pola makan, kebiasaan sehari-hari sampai kurangnya berolahraga.

Apa Itu Daun Sembung?

Menurut beberapa penelitian, ternyata daun sembung mengandung beberapa kandungan yang ternyata baik untuk kesehatan jantung walaupun kebanyakan orang Indonesia masih belum mengetahui tentang manfaat daun sembung. Daun sembung memiliki nama latin Blumea balsamifera yaitu jenis tanaman perdu yang banyak ditemukan di daerah tropis terutama di Indonesia dan beberapa negara asia lainnya seperti di Thailand dan beberapa wilayah di Cina karena memang tanaman ini sudah menjadi bagian pengobatan tradisional Cina sejak jaman dahulu.

Manfaat Daun Sembung untuk Jantung

Sebagai salah satu tanaman herbal yang banyak ditemukan di Indonesia ternyata daun sembung juga memiliki banyak manfaat kesehatan yang salah satunya adalah untuk kesehatan jantung.

  1. Kaya Kandungan Antioksidan

Antioksidan memiliki banyak sekali fungsi penting bagi sistem metabolism tubuh namun sayangnya kebutuhan antioksidan tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh. Daun sembung merupakan salah satu obat herbal yang sangat tinggi kandungan antioksidannya yang juga sangat baik dalam membantu menjaga kesehatan jantung.

  1. Mengandung Anti Inflamasi

Tidak banyak yang tahu bahwa inflamasi merupakan akar dari beberapa masalah kesehatan termasuk penyakit jantung. Daun sembung mengandung kandungan anti inflamasi yang cukup ampuh dalam menjaga kesehatan jantung sehingga dapat membantu mengurangi beberapa kondisi yang diakibatkan oleh penyakit jantung.

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Kebanyakan orang berfikir bahwa kolesterol dan penyakit jantung adalah dua penyakit yang berbeda padahal kedua jenis penyakit itu saling terkait. Kolesterol juga dikenal dengan istilah lemak darah dan lemak darah berlebih pada arteri dapat menyebabkan penyumbatan dan menghambat distribusi darah. Kondisi ini dapat mengakibatkan kondisi seperti serangan jantung dan stroke. Mengkonsumsi daun sembung secara teratur dapat membantu menurunkan kadar kolesterol berlebih.

  1. Menghambat Produksi Kolesterol Jahat

Berbicara soal kadar kolesterol dalam darah ada hal-hal yang perlu Anda ketahui yaitu terdapat dua jenis kolesterol yaitu kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL). Kolesterol juga memiliki fungsi tersendiri dalam metabolisme tubuh namun kelebihan kolesterol jahat justru memberikan banyak dampak negatif bagi tubuh. Daun sembung dapat membantu mengurangi produksi kolesterol jahat tapi tidak menganggu proses produksi kolesterol baik.

  1. Menurunkan Risiko Stroke dan Serangan Jantung

Seperti yang sudah disebutkan di beberapa poin di atas bahwa mengkonsumsi daun sembung sebagai obat herbal secara teratur dapat membantu mengurangi, menghambat atau menurunkan produksi kolestero jahat sehingga kadar kolesterol jahat dalam tubuh dapat diturunkan. Hal ini sangat baik bagi kesehatan jantung dan dapat menurunkan risiko stroke dan serangan jantung secara signifikan.

  1. Menetralkan Detak Jantung

Detak jantung yang terlalu cepat atau detak jantung yang terlalu lambat menandakan bahwa ada yang tidak beres dengan sistem jantung bekerja. Hal tersebut tentunya dapat menghambat proses metabolisme tubuh terutama dalam distribusi darah. Daun sembung mengandung senyawa yang dapat membantu menetralkan detak jantung.

  1. Mengoptimalkan Distribusi Darah

Ketika jantung dapat berfungsi secara optimal maka distribusi darah ke seluruh sel tubuh akan optimal. Hal ini sangat penting karena setiap sel di dalam tubuh memerlukan oksigen dan nutrisi yang dibawa oleh darah. Ketika sel tubuh tidak mendapatkan cukup oksigen dan nutrisi, kondisi seperti serangan jantung, stroke dan defisiensi nutrisi bisa saja terjadi.

  1. Menjaga Kesehatan Pembuluh Darah

Salah satu manfaat daun sembung untuk jantung yang paling utama adalah daun ini mengandung kandungan yang dapat membantu menjaga kesehatan pembuluh darah dengan cara menurunkan kadar lemak darah sehingga tidak menyebabkan penyumbatan sehingga kinerja pembuluh darah juga bisa optimal.

Cara Tepat Mengkonsumsi Daun Sembung

Tidak ada salahnya melakukan terapi herbal menggunakan daun sembung untuk membantu menjaga kesehatan jantung dan selain tidak sulit menemukan daun sembung cara mengkonsumsinya juga tidak sulit.

  • Cuci bersih lima lembar daun sembung;
  • Rebus daun sembung dengan dua gelas air;
  • Tunggu rembusan sampai mendidih dan hanya menyisahkan setengah gelas air rebusan;
  • Saringlah air rebusan dan biarkan dingin;
  • Air rebusan daun sembung bisa dikonsumsi dua kali dalam sehari selama satu atau dua minggu.

Selain mengetahui manfaat daun sembung untuk jantung penting juga untuk mengetahui efek sampingnya. Pada beberapa kasus, seseorang yang mengkonsumsi terlalu banyak rebusan daun sembung mengalami masalah seperti mual dan muntah. Ibu hamil dan menyususi juga sebaiknya tidak mengkonsumsi air rebusan daun sembung karena dapat menggangu detak jantung janin. Jika efek samping dari mengkonsumsi daun sembung muncul dan menjadi semakin menggangu sebaiknya hentikan konsumsi dan segera konsultasikan ke dokter.