12 Manfaat Brokoli untuk Diet Sehat

Brokoli adalah salah satu jenis sayuran yang tentunya tidak asing bagi para wanita dan para ibu. Brokoli yang tergolong dalam sayur jenis kubis-kubisan ini biasanya tidak terlalu sering dijadikan pilihan sebagai olahan keseharian masakan dirumah, meskipun Brokoli disebut sebagai sayuran kaya mineral. Kenyataannya, masih banyak orang yang tidak memahami secara baik kandungan yang terdapat dalam sayuran ini.

Adapun beberapa mineral yang akan didapatkan dengan mengkonsumsi Brokoli antara lain: Vitamin A, Vitamin C, Vitamin E, beta karoten, zat besi, asam folat, kalsium, protein, karbohidrat, kalium, dan lain lain. Banyak bukan? Dan tahukah kamu bahwa Brokoli juga termasuk sayuran yang bisa diandalkan dalam proses penurunan berat badan atau program diet?  Berikut ini beberapa manfaat Brokoli untuk diet:

1. Rendah Kalori

Selama proses diet tentunya makanlah yang sangat berpengaruh dalam keberhasilan. Pemilihan makanan selama proses diet pun juga tidak boleh sembarangan, pilihlah makanan yang kaya akan serat dan memiliki kalori yang rendah. Brokoli yang kaya akan serat dan memiliki kalori yang rendah yaitu sebesar 34 kalori per 100 gram merupakan solusi yang tepat untuk membuat anda merasa lebih cepat kenyang tanpa harus mengkhawatirkan berat badan. Baca juga: Manfaat Sayur Brokoli.

2. Mencegah Depresi

Tidak hanya menjaga pola makan dan rutinitas berolahraga saja yang menjadi kunci kesuksesan diet, namun pola pikir yang fresh dan tidak depresi juga menjadi salah satu penentu. Menurut beberapa ahli, depresi dapat membuat seseorang mengalami kenaikan berat badan yang drastis. Hal ini mungkin dikarenakan depresi membuat seseorang menjadi tidak stabil dalam menjaga pola makan dan tidak konsisten dalam menjaga diet yang sedang dijalani. Mengatasi hal tersebut, solusi yang anda bisa lakukan adalah dengan mengkonsumsi sayuran yang memiliki kandungan asam folat dan Vitamin B, seperti yang terkandung didalam Brokoli. Baca juga: Manfaat Batang Brokoli.

3. Kaya Serat

Mengkonsumsi sayuran yang memiliki banyak kandungan serat akan memudahkan anda dalam menurunkan berat badan. Serat memiliki banyak fungsi didalam metabolisme tubuh, seperti mencegah sembelit, menjaga kadar gula dalam darah, menurunkan kadar kolestrol dalam darah, baik untuk usus dalam mencerna atau mengolah makanan yang anda konsumsi, dan yang terpenting serat juga berfungsi menahan masuknya lemak serta mencegah terjadinya pengendapan lemak jahat yang menempel pada dinding di bagian pembuluh darah. Baca juga: Manfaat Serat.

4. Menjaga Keseimbangan Cairan

Selama melakukan diet, menjaga asupan cairan dalam tubuh adalah hal yang sangat penting. Apabila terjadi kekurangan cairan didalam tubuh akan mengakibatkan diet yang anda lakukan menjadi sangat menyakitkan, karena badan akan terasa jauh lebih lemas dan tidak berenergi. Pastikan kondisi air dalam tubuh tetap terjaga untuk mengendalikan energi dalam tubuh dalam kondisi baik meskipun sedang menjalankan diet. Mengkonsumsi Brokoli yang mengandung banyak cairan dapat membantu metabolisme anda tetap terjaga karena kebutuhan air yang tercukupi. Brokoli mengandung setidaknya 80% air dan ditunjang dengan berbagai mineral lainnya. Baca juga: Manfaat Pir Hijau Untuk Diet.

5. Meningkatkan Fungsi Sel

Jutaan sel didalam tubuh mempunyai peranan masing-masing yang mengatur kelancaran sistem metabolisme dalam tubuh. Memiliki sistem metabolisme yang baik, akan memudahkan dalam mendapatkan hasil diet yang diinginkan. Sistem metabolisme menentukan kelancaran pencernaan setiap zat yang masuk kedalam tubuh dan mengatur keseimbangan mineral yang dibutuhkan. Baca juga: Manfaat Kacang Polong Untuk Diet.

6. Melancarkan Saluran Pencernaan

Mengkonsumsi Brokoli bermanfaat pula dalam menjaga kelancaran saluran pencernaan. Pencernaan yang baik akan mencegah pengendapan makanan lebih lama didalam perut yang memicu naiknya berat badan anda. Saluran pencernaan yang lancar juga membuat anda lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit seputar gangguan pencernaan, seperti diare, muntaber, dan sebagainya. Selain itu Brokoli juga cocok dijadikan obat bagi para penderita Maag. Baca juga: Manfaat Brokoli untuk Penderita Maag.


7. Membakar Lemak Jenuh

Di dalam tubuh seringkali menjadi sarang dari lemak jahat yang membandel. Brokoli dapat anda gunakan sebagai salah satu cara untuk membakar lemak jenuh yang bersarang didalam tubuh anda akibat dari mengkonsumsi makanan yang tidak sehat. Baca juga: Manfaat Jintan Hitam untuk Diet.

Cara Mengolah Brokoli untuk Diet

Terkait dengan berbagai manfaat mengkonsumsi Brokoli untuk menurunkan berat badan atau diet, ada banyak cara pula dalam mengolah Brokoli menjadi makanan yang enak untuk disantap. Beberapa cara mengolah Brokoli yang dianjurkan untuk masa selama diet adalah sebagai berikut :

1. Direbus

Tentunya anda mengetahui bahwa makanan yang diolah dengan cara direbus adalah cara yang paling baik untuk anda yang sedang menjalankan diet. Rebuslah Brokoli dengan air yang tidak terlalu banyak. Pastikan Air mendidih terlebih dahulu sebelum anda memasukkan Brokoli kedalam wadah. Gunakan pula penutup wadah, hal ini bertujuan untuk mencegah kandungan mineral yang keluar saat terjadi proses penguapan dan yang terpenting rebuslah Brokoli tidak lebih dari 3 menit. Baca juga: Manfaat Cincau Hitam untuk Diet.

2. Dikukus

Cara mengolah berikutnya adalah dengan dikukus. Lakukan pengukusan Brokoli yang masih segar sama seperti cara mengukus biasa. Lakukan pengukusan dalam kurun waktu 4 hingga 5 menit saja. Baca juga: Manfaat Cincau Hijau Untuk Diet.


3. Jus Brokoli

Sama halnya seperti membuat jus seperti biasa, Brokoli juga cocok dikonsumsi dengan cara di jus. Sesuaikan dengan selera anda, anda bisa menambahkan sedikit gula sebagai pemanis. Jus Brokoli juga dapat dipadukan dengan berbagai sayuran lainnya untuk menambah varian rasa, seperti dipadukan dengan wortel, tomat, dan sayuran lainnya. Baca juga: Manfaat Diet Mayo.

4. Kripik Ampas Brokoli

Kripiik ampas Brokoli cocok sebagai pengganti menu makanan diet, karena bisa menggantikan cemilan bagi anda yang suka gelisah mencari cemilan apa untuk di malam hari. Berikut beberapa tahap membuat kripik ampas Brokoli.

Bahan:

  • Brokoli Segar
  • Bawang Putih
  • Bawang Merah
  • Tepung Terigu
  • Garam
  • Ketumbar

Cara pengolahan:

  • Cucilah Brokoli yang akan dimasak dengan air hingga higienis.
  • Rebuslah Brokoli sekitar 1 hingga 2 menit dengan air mendidih.
  • Setelah mendidih, hancurkan Brokoli menggunakan juicer, kemudian pastikan anda memisahkan antara ampas dan sari sayuran tersebut.
  • Ampas dari Brokoli tersebut bisa dicampurkan dengan bahan lainnya yang sudah dihaluskan, kemudian masukkan kedalam mixer untuk memastikan mereka tercampur rata.
  • Cetak sesuai keinginan anda
  • Panggang didalam oven yang sudah dipanaskan sebelumnya kurang lebih selama 45 menit.
  • Kripik ampas Brokoli siap dinikmati.

Baca juga: Manfaat Buah Bit untuk Diet.

5. Yogurt Brokoli

Yogurt Brokoli sangat cocok bagi anda yang menyenangi makanan yang bersifat masam. Cara membuatnya sangat gampang, anda hanya tinggal membeli Yogurt original yang dijual di berbagai supermarket kemudian mencampurnya dengan Brokoli yang sudah dihaluskan terlebih dahulu. Baca juga: Manfaat Yakult Untuk Diet.

Nah itu tadi manfaat brokoli untuk diet dan cara mengolahnya yang dapat anda coba. Semoga artikel ini dapat membantu anda dalam melakukan program diet dan menurunkan berat badan.

, , , ,
Post Date: Thursday 31st, August 2017 / 08:31 Oleh :
Kategori : Sayuran