3 Manfaat Tepung Mokaf Untuk Kesehatan

Mokaf adalah singkatan dari Modified Cassava Flour, yang artinya modifikasi tepung singkong. Tepung mokaf adalah tepung dari singkong yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga kualitasnya meningkat. Tepung mokaf mempunyai tampilan yang lebih putih, lebih halus, elastisitasnya meningkat, dan lebih mengembang dibandingkan tepung terigu biasa. Tepung mokaf biasa digunakan untuk pembuatan kue. Harganya juga lebih murah dibandingkan dengan tepung terigu. Tepung mokaf memiliki kandungan karbohidrat, rendah lemak, tinggi kalsium dan tinggi serat. Tepung mokaf lebih baik dari pada tepung terigu, namun memiliki kadar protein yang lebih rendah akibat proses modifikasi. Tepung mokaf juga tidak mengandung gluten sehingga aman dikonsumsi oleh balita dan penderita autis.  Tepung mokaf memiliki banyak manfaat lainnya :

  1. Tepung mokaf baik untuk penderita diabetes, autis dan Celiac disease

Tepung mokaf tidak mengandung gluten. Gluten adalah protein yang dihasilkan singkong, gandum, dan oat. Gluten ini sangat lengket dan lama di proses dalam tubuh. Proses cerna gluten bisa sampai 6 jam. Jika tubuh tidak mampu memproses gluten dengan baik, justru akan menyebabkan berbagai penyakit. Pada penderita autis, mereka tidak boleh mengkondumsi gula, tepung dan karbohidrat yang berlebih karena akan meningkatkan aktivitasnya. Pada autis, mereka tidak bisa mengolah gluten yang ada dalam tubuh sehingga dapat menjadi racun/ bersifat toksik yang mengganggu fungsi otak dan sistem imunitasnya. Tepung mokaf juga baik untuk penderita diabetes yang tidak mampu mencerna gluten karena defisiensi insulin. Pada orang dengan Celiac disease yaitu penyakit intoleransi terhadap gluten, tepung mokaf menjadi alternatif bahan makanan yang aman.

baca juga :

  1. Menghambat sel kanker

Tepung mokaf baik untuk tubuh dan mampu menghambat proliferasi sel kanker karena mengandung zat skopoletin.

baca juga :

  1. Kandungan serat tinggi

Tepung mokaf, memiliki kadar serat yang tinggi. Serat sangat diperlukan pada tubuh untuk membantu sistem pencernaan. Serat membantu penyerapan pada sistem pencernaan lebih optimal. Penyerapan nutrisi dalam usus dengan baik, dapat mencegah munculnya diare atau konstipasi. Serat juga membantu mengurangi atau mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh Anda. Sehingga tepung mokaf ini baik untuk dijadikan bahan makanan untuk diet Anda.

baca juga :


Bagi Anda yang memiliki penyakit intoleran terhadap gluten, tepung mokaf ini bisa dijadikan pilihan agar Anda tetap bisa menikmati berbagai hidangan yang terbuat dari tepung, misalnya roti, brownies, mie, dan sebagainya. Adanya tepung mokaf tidak akan membatasi Anda untuk menikmati hidangan dari tepung. Tepung mokaf juga baik bagi Anda yang sedang menjalankan program diet. Kandungan rendah lemak dan tinggi serat sangat membantu Anda untuk mempertahankan rasa kenyang.

baca juga :

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Makanan