9 Manfaat Biji Durian Untuk Camilan Nikmat dan Kesehatan

Manfaat Biji DurianSelain bagian daging buah durian yang sangat disukai karena rasanya yang khas serta bau yang harum, ternyata bagian biji dari buah durian ini juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh dan kesehatan.Dalam biji durian mengandung karbohidrat, protein, lemak, mineral, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, serat, kalium, kalsium dan juga fosfor. Dengan begitu banyak kandungan dalam biji ini, maka manfaat biji durian juga bisa didapatkan apabila dikonsumsi dan terbilang cukup aman apabila tidak terlalu berlebihan.

  1. Pengganti Tepung Terigu

Karena biji durian mengandung manfaat karbohidrat yang lumayan tinggi, maka biji buah ini bisa diolah kembali untuk tepung biji durian yang nantinya bisa digunakan untuk mengganti tepung terigu sebagai bahan pembuatan kue.

  1. Bahan Campuran Tablet

Biji durian juga bisa digunakan untuk bahan campuran tablet. Biji durian ini nantinya akan diekstrak sehingga bisa berubah menjadi tepung yang sangat halus dan kemudian baru dicampur untuk bahan pembuatan tablet. Sebelum nantinya akan di ekstrak, biji durian akan dicuci sampai bersih lalu dijemur dibawah sinar matahari sampai benar benar kering lalu diproses kembali menjadi pati dan siap untuk diolah.

  1. Bahan Membuat Keripik

Kegunaan lain dari biji durian adalah menjadi kudapan lezat yakni keripik. Kandungan pati dalam biji durian yang cukup tinggi membuat biji buah ini sangat cocok diolah menjadi keripik yang gurih dan bisa memperoleh manfaat vitamin C yang ada dalam biji durian ini.

  1. Sumber Energi

Kandungan karbohidrat tinggi dalam biji durian juga sangat ampuh untuk meningkatkan stamina tubuh yang lemah dan kelelahan sebagai sumber energi. Untuk mengkonsumsi biji durian ini bisa dilah dengan cara direbus atau diolah menjadi camilan.

  1. Mengandung Protein Tinggi

Dalam biji durian juga mengandung kadar protein yang cukup tinggi sehingga berguna untuk mengikat lemak berlebih di dalam tubuh, meningkatkan kekuatan otot dan menjadi sumber tenaga bagi tubuh sekaligus memecah otot untuk anda yang senang berolahraga.

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat fosfor dan juga kalium dalam biji durian ini bisa dimanfaatkan dan dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tulang. Selain itu, biji durian juga baik dikonsumsi anak anak dalam masa pertumbuhan karena meningkatkan proses pertumbuhan tulang dan mencegah penyakit tulang yang cukup berbahaya. Sementara manfaat kalsium bagi jantung juga bisa didapatkan dengan mengkonsumsi biji durian ini.

  1. Sumber Antioksidan

Biji durian juga baik untuk dikonsumsi karena mengandung vitamin C cukup yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan kadar vitamin C mencukupi, maka berbagai penyakit yang disebabkan karena virus atau bakteri bisa dihindari. Manfaat antioksidan ini tentunya sangat dibutuhkan tubuh untuk melawan berbagai kuman penyebab penyakit dalam tubuh.

  1. Menangkal Radikal Bebas

Berbagai radikal bebas dari polusi udara, bahan pembuatan zat kimia dan sebagainya yang masuk ke dalam tubuh akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Beberapa kandungan dan senyawa mineral serta vitamin dalam biji durian berperan penting dalam menangkal radikal bebas tersebut sekaligus memperbaiki sel dan jaringan tubuh yang rusak akibat radikal bebas tersebut.

  1. Melancarkan Pencernaan

Selain manfaat yakult untuk diare, biji durian yang juga mengandung serat cukup tinggi ini sangat baik dikonsumsi untuk mengurangi sembelit, diare dan berbagai penyakit atau masalah pencernaan lainnya yakni dengan mengkonsumsi biji durian secukupnya saja dan tidak berlebihan.

Demikian ulasan yang bisa kami berikan tentang manfaat biji durian untuk kesehatan, makanan pengganti dan juga camilan sehingga cukup aman untuk dikonsumsi. Hal yang perlu diingat adalah tidak mengkonsumsi biji durian terlalu berlebihan karena segala sesuatu yang dikonsumsi terlalu banyak akan berdampak tidak baik untuk tubuh.

, ,
Oleh :
Kategori : Makanan
Doctors Talks

Gigi berlubang bagian atas bisa menyebabkan Penyakit meningitis, Gigi berlubang bagian bawah bisa menyebabkan penyakit yang menyebabkan kematian mendadak, apa itu ? Simak penjelasan Drg. Albertus Andika berikut ini.