5 Manfaat Tepung Terigu

Siapa yang tidak kenal terigu? Tepung ini merupakan salah satu bahan makanan yang populer digunakan untuk pembuatan berbagai macam makanan. Tepung Terigu merupakan salah satu bahan makanan berbentuk serbuk atau butiran halus berwarna putih yang dibuat dari biji gandum. Kata terigu berasal dari Portugis yaitu ‘trigo’ yang berarti gandum.

artikel terkait:

Meskipun demikian perlu Anda ketahui perbedaan tepung terigu dengan tepung gandum. Tepung terigu dibuat dari biji gandum sedangkan tepung gandum dibuat dari gandum utuh. Hal ini membuat tepung terigu memiliki tekstur yang lebih halus serta kadar gluten dan kekenyalan yang lebih tinggi dibandingkan dengan tepung gandum. Gluten sendiri merupakan sejenis protein yang terdapat pada tepung dan gandum. Nah, berdasarkan kadar glutennya, tepung terigu ini dibedakan menjadi tepung terigu protein tinggi, teung terigu protein sedangdan teung terigu protein rendah.

Dalam pembuatannya, tepung terigu telah melewati banyak proses dari pemrosesan biji gandum menjadi terigu serta percampuran kimia sehingga membuatnya kehilangan banyak kandungan nutrisi. Karena hal tersebut, tepung terigu nyaris tidak memberi manfaat apapun bagi tubuh kecuali asupan karbohidrat, kalori dan protein yang merupakan gluten itu sendiri. Artikel kali ini akan membahas tentang tepung terigu dan beragam manfaatnya. Penasaran? Yuk kita simak!

Manfaat Tepung Terigu Berdasarkan Jenisnya

Berdasarkan jenis-jenisnya, tepung terigu memiliki manfaat sebagai berikut.

  1. Tepung terigu protein tinggi

Tepung terigu protein tinggi memiliki kadar gluten paling tinggi yaitu berkisar antara 13%-14%  sehingga memiliki kemampuan mengikat dan memerangkap gas dengan baik yang membuat adonan mengembang sempurna dan tekstur lebih kenyal. Namun kelemahannya, tepung terigu jenis ini cepat basi dan berjamur sehingga tidak dapat bertahan lama.

Tepung terigu jenis ini cocok untuk membuat adonan makanan yang memerlukan elastisitas tinggi. Beberapa makanan yang dapat dibuat dari tepung terigu jenis ini antara lain: roti, pasta, donat, kue sus, roti tawar, sandwich, burger, hot dog, beberapa jenis mie seperti mie tarik, mie ayam, mie kuning, mie instan, mie telor mie lidi serta martabak telot.

artikel terkait: manfaat daun jambu biji untuk diare

2. Tepung terigu protein sedang

Tepung terigu protein sedang memiliki kadar gluten menengah yaitu berkisar antara 11%-12% dan seringkali digunakan sebagai tepung serba guna dalam pembuatan makananan.

Tepung terigu dengan protein sedang baik sekali untuk makana dengan tekstur lembut namun cukup mengembang. Beberapa makanan yang cocok dibuat dari tepung terigu jenis ini antara lain beberapa macam cake seperti bolu, banana cake, brownies, bolu gulung, roti manis, waffle, martabak manis ataupun kegunaan lain yang lebih luas.

artikel terkait: manfaat daun seledri untuk diet

3. Tepung terigu protein rendah

Tepung terigu protein rendah memiliki kadar gluten paling rendah yaitu tak lebih dari 11% dan baik sekali untuk membuat kue-kue yang renyah. Kelebihannya, tepung terigu jenis ini memiliki ketahanan yang lebih lama dikarenakan rendahnya kadar protein.

Tepung terigu jenis ini digunakan untuk membuat makanan yang tidak mengutamakan volume dan kekenyalan. Beberapa makanan yang cocok dibuat dari tepung terigu protein rendah antara lain kue kering dan biskuit, maupun bakpia , sponge cake, black forest, chocolate cake, lapis Surabaya, swiss roll, lapis legit, pancake, chiffon cake, cookies, egg drop dan yang lainnya seperti untuk membuat bahan campuran gorengan.

artikel terkait: manfaat ovale bedak dingin

Manfaat Lain yang Dapat Diperoleh dari Tepung Terigu

Selain sebagai bahan pembuatan makanan, tepung tergu memiliki manfaat lain yaitu sebagai berikut.

  • Mengatasi luka bakar

Apabila Anda terkena luka bakar, misalkan tidak sengaja terkena air mendidih ketika masak, Anda dapat menggunakan tepung terigu untuk mengatasi masalah luka bakar yang Anda alami. Caranya cukup mudah yaitu dengan cara mencelupkan tangan Anda yang terkena luka bakarke dalam tepung terigu kurang lebih selama 10 menit. Hasilnya, tangan Anda yang tercelup air mendidih tersebut tidak akan terasa sakit maupun berwarna merah. Namun apabila luka bakar tersebut tidak terletak pada tangan, Anda dapat menaburkan tepung terigu pada luka bakar tersebut.

artikel terkait: manfaat kroto

  • Membuat logam berkilau

Apabila ceret dapur, lampu tembaga maupun barang kerjaninan lain kepunyaan Anda yang terbuat dari logam terlihat usang karena dimakan waktu, Anda dapat menggunakan tepung terigu untuk mengembalikan kilau barang-barang tersebut. Caranya cukup mudah, campurkan tepung terigu dengan cuka putih dan garam secukupnya hingga membentuk pasta kemudian oleskan pada barang-barang tersebut hingga kering. Setelah itu, hilangkan tepung pasta tepung terigu dari barang-barang tersebut dengan menggunakan kain yang lembut.

artikel terkait: manfaat binag kunyit

  • Sebagai sampo kering

Apabila Anda sedang terburu-buru dan rambut terasa berminyak, Anda dapat menggunakan tepung terigu untuk mengatasi hal tersebut. Caranya cukup mudah yaitu taburkan sedikit tepung terigu pada akar rambut dan sisir hingga tepung terigu hilang secara merata. Hal ini dkarenakan tepung terig dapat menghilangkan minyak dalam rambut Anda sehingga rambut tidak akan terlihat lepek.

artikel terkait: manfaat saripohatji

  • Mencerahkan kulit

Dengan takaran yang tepat, tepung terigu dapat Anda jadikan masker agar membuat kulit Anda terlihat lebih sehat dan cerah. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan 2 sendok makan tepung terigu dengan 1 sendok makan yogurt dan sedikit bubuk kunyit untuk dijadikan masker. Aplikasikan masker pada wajah dan biarkan selama 25 menit, kemudian basuh dengan air hangat.

artikel terkait: manfaat jamu temulawak

  • Membantu mengatasi jerawat

Selain dapat membuat kulit cerah, tepung terigu juga dapat dijadikamn masker untuk membantu mengatasi jerawat. Caranya cukup muda yaitu dengan mencampurkan tepung terigu, madu, teh hijau hangat yang sudah di seduh serta beberapa tetes lemon untuk dijadikan masker. Aplikasikan masker pada jerawat dan tutupi dengan plester selama semalaman, dan bersihkan pada keesokan harinya.

artikel terkait: manfaat kulit durian

  • Sebagai lulur

Tepung terigu ternyata juga dapat digunakan sebagai lulur untuk detoksifikasi kulit. Caranya cukup mudah yaitu dengan mencampurkan teung terigu dan anggur yang telah dihancurkan hingga menjadi adonan yang pas untuk lulur. Aplikasikan pada tubuh sebagai lulur dan diamkan selama lebih dari 15 menit, kemudian mandilah dengan air hangat.

artikel terkait: manfaat afolat

Demikian merupakan informasi yang dapat kami sampaikan mengenai tepung terigu dan beragam manfaatnya. Terimakasih telah membaca artikel ini dan semoga bermanfaat!

,
Oleh :
Kategori : Makanan