5 Manfaat Ikan Jurung Untuk Tubuh

Pernahkah Anda mendengar nama ikan yang satu ini? Jika jawabannya tidak maka tidak heran karena ikan jurung lebih dikenal di kepulauan Sumatera Utara, khususnya di etnis Batak. Ikan jurung ini dibudidayakan masyarakat sekitar secara luas oleh karena itu nama ikan jurung mungkin lebih dikenal di kalangan para pembudidaya ikan. Akan tetapi orang-orang mulai mengenal ikan jurung ini dengan nama atau julukan “ikan batak” karena di Tanah Batak ikan jurung sering digunakan dalam suatu prosesi adat.

Baca juga:

Ikan jurung tergolong ikan air tawar yang memiliki harga yang tinggi. Bayangkan saja satu ekornya bisa mencapai harga 200 – 350 ribu dengan ukuran sekitar 60 cm dan berat 3-4 kg. Hal tersebut dikarenakan sulitnya membudidayakan ikan ini dan semakin langka untuk ditangkap. Meski begitu rasa ikan jurung dikenal sangat lezat. Selain lezat ikan jurung ini juga memiliki beberapa manfaat yang sangat baik untuk kesehatan, diantaranya:

  1. Tinggi Protein

Ikan jurung mengandung protein tinggi yang baik untuk proses metabolisme tubuh kita. Asam amino esensialnya juga dikenal baik untuk menjaga kondisi tubuh tetap optimal. Apalagi protein pada ikan dapat diserap dengan baik oleh usus.

Baca juga:

  1. Mengandung Omega 3

Kandungan omega 3 pada ikan jurung memiliki beberapa khasiat bagi kesehatan khususnya asupan nutrisi pada otak manusia. Omega 3 inilah yang sering disebut dengan minyak ikan. Banyak sekali produk yang menggunakan bahan dasar omega 3 dari minyak ikan yang dijual sebagai suplemen dan pelengkap makanan olahan bagi tumbuh kembang anak.

Baca juga:

  1. Sumber Energi dan Vitamin

Dengan kalori yang cukup banyak namun rendah lemak daging ikan jurung dapan menjadi salah satu sumber energi penting bagi tubuh yang tidak akan menyebabkan masalah kegemukan. Apalagi vitamin pada ikan ini seperti vitamin D juga memberi dampak positif bagi tulang dan kesehatan tubuh. Jika diimbangi porsi karbohidrat dan serat yang cukup tentunya dapat menjadi menu yang sempurna.

Baca juga:


  1. Cegah Kolesterol

Dengan mengkonsumsi ikan ini tubuh juga dapat terhindar dari penyakit kolesterol berlebih karena kandungan kolesterolnya sangat rendah.

Baca juga:

  1. Meningkatkan Mood

Nutrisi pada ikan dikenal sebagai anti depresan alami. Apalagi ikan jurung ini rasanya sangat gurih. Jadi mood anda juga bisa meningkat dengan mengkonsumsi ikan ini.

Baca juga:

Meski begitu masalah besar yang harus dihadapi masyarakat saat ini adalah semakin langkanya keberadaan ikan jurung. Penangkapan yang tidak diimbangi oleh pembudidayaan menjadikan ikan ini semakin langka dan terancam punah. Maka dari itu kita juga dapat membantu pelestarian ikan jurung ini dengan memakan hanya ikan yang dibudidayakan. Hal tersebut untuk mencegah punahnya spesies ikan yang sudah langka ini.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Friday 23rd, December 2016 / 03:53 Oleh :
Kategori : Daging