22 Manfaat Gayam Untuk Kesehatan

Gayam merupakan salah satu buah dari tumbuhan yang memiliki nama gayam. Tanaman gayam biasanya tumbuh di daerah pedesaan atau dipekarangan warga. Tanaman ini terkadang dianggap tanaman liar karena terkadang bisa tumbuh liar tetapi ada juga tempat-tempat budidaya gayam. Sebagian orang tidak tau cara memanfaatkan buah ini secara optimal .

Karakteristik

Bentuk buah gayam seperti halnya buah yang menggantung pada pohonnya memiliki bentuk seperti ginjal, karakter dari kulit buah gayam yaitu keras, buahnya berukuran kecil sampai medium, warna kulit buah pada umumnya hijau saat masih mentah dan akan berubah menjadi kuning hingga kecoklatan jika hampir masak. Buah gayam memiliki satu biji didalamnya yang bersifat keras dan bebentuk gepeng. Buah, daun dan biji dari tanaman gayam dapat dimanfaatkan.

Manfaat Gayam bagi tubuh

Buah gayam memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh. berikut daftar manfaat yang dapat diperoleh dari tanaman gayam.

1. Sebagai Bahan makanan

Tidak dapat dipungkiri bahwa manfaat utama gayam yaitu bisa di olah menjadi produk makanan seperti keripik ataupun diolah dengan cara tradisional seperti gayam rebus. Cita rasa dari gayam sendiri akan keluar jika diolah dengan benar. Bentuk olahan gayam juga di senangi banyak kalangan mulai anak kecil hingga dewasa apalagi jika dalam bentuk keripik yang telah disebutkan diatas. Selain bahan makanan yang langsung berupa produk buah gayam juga dapat diinovasikan untuk pembuatan tepung. Tepung dari buah gayam ini bisa dijadikan bahan pembuatan kue, selain itu tepung buah gayam akan menjadi tepung dengan keunggulan vitamin dan nutrisi yang baik.

2. Menambah penghasilan

Manfaat selanjutnya dari gayam yaitu dapat menambah penghasilan bagi seseorang. Bukan dalam arti mistis tetapi dalam hal yang nyata ketika seseorang bisa mengolah gayam menjadi makanan ataupun menjadi produk oleh-oleh tentu akan menghasilkan penghasilan tambahan bagi seseorang itu. Hal ini juga akan mendatangkan manfaat untuk menambah lapangan pekerjaan untuk produk skala rumah tangga yang bisa di isi oleh ibu-inu rumah tangga sebagai tenaga kerja. Produk yang dihasilkan juga bisa tidak terlalu rumit seperti contohnya camilan berupa keripik dari buah gayam.

3. Menambah asupan nutrisi

Selain dapat dimanfaatkan menjadi makanan dan mendatangkan penghasilan tambahan  buah gayam memiliki kandungan gizi yang baik bagi tubuh. Mengkonsumsi buah gayam tidak akan membuat seseorang keracunan ataupun mneimbulkan efek lain bahkan akan mendatangkan manfaat untuk kesehatan. Buah gayam mengandung serat yang baik untuk tubuh. Serat dalam buah gayam juga baik untuk pencernaan.

4. Membersihkan usus

Usus merupakan organ pencernaan yang rentan oleh kontaminasi bakteri yang merugikan serta dapat menyebabkan masalah pencernaan, tentu saja hal ini bisa mengganggu kenyamanan. Salah satu keuntungan buah gayam untuk kesehatan pencernaan yaitu buah gayam memiliki kandungan saponin. Saponin dalam buah gayam memiliki manfaat untuk membersihkan usus dan organ pencernaan. Mengkonsumsi buah gayam akan sangat cocok bagi seseorang yang ingin menyehatkan usus dengan cara membersihkan usus dan organ pencernaan agar terhindar dari masalah pencernaan.

baca juga baik untuk kesehatan usus: manfaat apel – manfaat pisang

5. Menjadi jamu tradisional untuk diare

Manfaat selanjutnya dari buah gayam yaitu bagian daunnya dijadikan jamu tradisional untuk mengatasi diare. Pertama daun dari tanaman gayam  dipotong ukuran kecil-kecil kemudian dibersihkan lalu direbus didalam air hingga mendidih selama beberapa waktu kemudian hasil air didihan tersebut bisa diminum untuk jamu. Jamu dari buah gayam ini memang sangat tradisional serta sekarang ini sudah jarang sekali digunakan akibat semakin banyaknya obat diare yang sudah mudah ditemui di pasaran.

baca juga baik untuk diare : manfaat daun jambu bijimanfaat yakult

6. Sumber antioksidan

Buah gayam juga memiliki manfaat sebagai sumber antioksidan karena buah gayam mengandung flavonoid. Zat antioksidan yang ada dalam buah gayam akan sangat bermanfaat bagi tubuh seperti sebagai pelindung tubuh dari radikal bebas, sebagai zat untuk mendukung kekebalan tubuh agar tidak rentan terhadap penyakit. Antioksidan juga dapat mengeluarkan racun didalam tubuh. Mengkonsumsi buah gayam yang memiliki kandungan antioksidan akan membantu tubuh untuk tetap sehat dan terjaga dari resiko penyakit.

baca juga : manfaat antioksidan sumber antioksidan

7. Olahan mengenyangkan

Manfaat selanjutnya yaitu berasal dari biji buah gayam yang direbus. Biji gayam yang direbus akan menghasilkan olahan yang mengenyangkan. Olahan ynag mengenyangkan sekilas akan tampak bahwa jika mengkonsumsi olahan biji gayam akan merasa cepat kenyang bisa juga untuk diet atau mengurangi porsi makan tetapi tetap merasakan kenyang. Disisi lain biji buah gayam dalam olahan dengan cara direbus memiliki waktu yang lama karena biji gayam bersifat keras sehingga tidak lekas masak.

8. Membantu penyerapan makanan

Proses penyerapan makanan terjadi didalam usus. Gayam memang memiliki manfaat untuk membersihkan usus dan menjaga kesehatan pencernaan serta dapat membantu penyerapan sari makanan. Penyerapan makanan dalam pencernaan bisa diperlancar dengan mengkonsumsi buah gayam. Hal ini disebabkan karena buah gayam memiliki kandungan tanin yang bisa membantu proses penyerapan sari makanan dalam usus bekerja dengan baik. Penyerapan sari makanan yang baik akan membuat tubuh mendapat asupan gizi secara optimal dari makanan yang dikonsumsi.

baca juga manfaat buah yang mengandung tanin lainnya

9. Sumber vitamin C

Buah gayam yang kaya nutrisi juga memiliki manfaat sebagai sumber vitamin C. Vitamin C dibutuhkan oleh tubuh agar terhindar dari masalah kekurangan vitamin C seperti sariawan, gusi berdarah dan masalah infeksi lainnya. Bagi seseorang yang membutuhkan vitamin C gayam juga bisa menjadi pilihan untuk membantu mendapatkan vitamin C alami. Vitamin C alami lebih tepat diajurkan karena sangat baik untuk tubuh dan berasal dari tumbuhan alami (bukan hasil ekstrak) tentunya ketika seseorang mengkonsumsi buah seperti gayam misalnya yang ia butuhkan adalah vitamin C tetapi ia juga mendapatkan manfaat lain dari sekedar vitamin C saja. Hal ini juga berlaku untuk buah lainnya.

baca juga : manfaat vitamin C – manfaat brokolimanfaat buah kiwi

Dengan demikian tanaman gayam memiliki banyak manfaat baik bagi tubuh dan dapat diolah menjadi makanan yang layak jual sehingga dapat menambah penghasilan.

, , ,
Oleh :
Kategori : Tumbuhan