8 Manfaat Bubuk Kunyit Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Kunyit merupakan tanaman yang banyak tumbuh di indonesia. keberadaan kunyit seringkali dijadikan sebagai salah satu bumbu masakan dan sebagai pewarna kuning alami di masakan misalnya saja untuk membuat bumbu kuning, nasi tumpeng dan lainnya. namun selain enak digunakan dalam masakan ternyata kunyit juga sangat berkhasiat untuk kesehatan tubuh. sudah sejak zaman dahulu kunyit digunakan sebagai dasar pembuat obat dan berbagai jenis ramuan,

artikel terkait:

Untuk dapat memetik manfaat dari kunyit dapat diperoleh dengan mencampurkan kunyit ke dalam makanan yang sudah diambil air kunyitnya atau dengan menggunakan bubuk kunyit. Bubuk kunyit sendiri dirasa lebih praktis karena dapat disimpan dan tahan lama sehingga dapat digunakan pada waktu selanjutnya.

Manfaat bubuk kunyit

Bubuk kunyit dapat diperoleh dengan cara menumbuk kunyit sampai halus dan kemudian dikeringkan hingga kering benar. kemudian jika kunyit belum terlalu halus harus dihaluskan lagi dengan cara ditumbuk atau dengan menggunakan blender. Bubuk kunyit ini kemudian dapat disimpan di kulkas untuk beberap waktu jadi ketika anda membutuhkannya anda tinggal mengambilnya saja. lalu apa sebenarnya manfaat dari bubuk kunyit ini? simak selengkapnya berikut ini.

  • Manfaat bubuk kunyit untuk kecantikan

Kulit membutuhkan nutrisi supaya kesehatannya terjaga salah satunya adalah dengan merawatnya menggunakan masker kunyit. Masker wajah yang terbuat dar kunyit ini lebih alami dibandingkan anda membeli masker instan. Masker wajah kunyit akan membuat wajah anda menjadi lebih awet muda. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari masker wajah bubuk kunyit yang harus anda ketahui,

  1. Mengatasi jerawat

Bagi anda yang memiliki masalah jerawat pada wajah sebaiknya anda mencoba menggunakan masker bubuk kunyit. Di dalam kunyit terdapat kandungan antioksidan yang tinggi sehingga mampu menjaga kulit tetap sehat terhindar dari masalah jerawat.

Cara menggunakan masker bubuk kunyit ini untuk mengatasi jerawat cukup mudah yaitu anda hanya harus mencampurkan bubuk kunyit sesuai selera dan dicampurkan dengan susu atau yogurt. Bahan tersebut kemudian dicampur air dan diaduk merata. Penting untuk diperhatikan supaya adonan tidak terlalu padat juga tidak terlalu cair harus pas supaya ketika diaplikasikan di wajah lebih mudah. Setelah itu oleskan masker bubuk kunyit ke bagian wajah kecuali pada bagian mata secara merata dan diamkan selama 15 hingga 20 menit. Setelah masker wajah cukup kering kemudian bersihkan wajah menggunakan air bersih dan pastikan noda kuning tidak tertinggal di wajah anda.

artikel terkait: manfaat air kunyit

  1. Mencegah penuaan dini

Penuaan dini merupakan momok bagi wanita yang menakutkan. Tanda-tanda penuaan dini diantaranya adalah munculnya keriput, bintik hitam dan garis-garis halus di wajah. biasanya penuaan dini terjadi karena gaya hidup yang tidak sehat. ini tentunya sangat tidak menyenangkan karena bisa menurunkan rasa percaya diri. Untuk membantu mencegah terjadinya penuaan dini, selain menerapkan gaya hidup sehat anda juga sebaiknya menggunakan masker bubuk kunyit.

Masker bubuk kunyit yang dipadukan dengan bahan lainnya seperti susu, tepung beras dan tomat merupakan kombinasi yang pas untuk wajah anda. Cara membuatnya sangatlah mudah hanya campurkan 2 sendok makan bubuk kunyit dan 1 sendok makan masing-masing bahan lainnya. setelah itu diberi air dan aduk hingga merata. Oleskan ke area wajah secara merata kecuali bagian mata yang bisa anda tutupi dengan mentimun. Setelah masker kering, langsung saja anda bilas dengan menggunakan air bersih.

artikel terkait: manfaat kunyit untuk lambung

  1. Anti pigmentasi

Pigmentasi di kulit terutama kulit wajah juga merupakan salah satu hal yang banyak ditakutkan. Menggunakan masker bubuk kunyit secara rutin dapat membantu mencegah pigmentasi secara alami tanpa bahan kimia. Hal ini dikarenakan kandungan antiseptic dan antiinflamasi yang terdapat di dalam kunyit. Untuk menggunakannya juga tidak jauh berbeda dengan cara membuat selanjutnya namun kali ini campuran yang disarankan adalah jus mentimun.

Selain menggunakan masker dari bubuk kunyit, sangat penting  bagi anda untuk menjalani gaya hidup sehat dan minum air putih secukupnya supaya hasilnya lebih maksimal. suasana hati yang baik juga mampu menjaga kesehatan dan kecantikan kulit lho.

artikel terkait: manfaat kunyit hitam

  1. Menghilangkan sel kulit mati

Sel kulit mati yang tertumpuk pada permukaan kulit dapat membuat kulit menjadi kusam dan kasar. Sebaliknya jika sel kulit mati terangkat dengan maksimal akan membuat kulit tampak lebih segar dan cerah. Untuk membantu menghilangkan sel kulit mati dapat dibantu dengan menggunakan scrub dari bubuk kunyit.

Cara membuat scrub dari bubuk kunyit ini sangat mudah hanya perlu menyiapkan bubuk kunyit yang dicampurkan dengan tepung chickpea atau garam kulit supaya dapat menggosok kulit lebih maksimal dan sel kulit mati dapat terangkat sempurna. setelah itu anda bisa melihat ke cermin dan berkata siapa wanita tercantik di dunia!

artikel terkait: manfaat  biang kunyit

  • Manfaat bubuk kunyit untuk kesehatan

Selain untuk menjaga kecantikan kulit, bubuk kunyit juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh lho. Jadi ketika anda masak dan ingin menambahkan kunyit anda tidak perlu ragu lagi karena sangat berkhasiat. Apa saja manfaatnya? Simak selengkapnya berikut ini:

  1. Mengatasi bekas luka

Bekas luka yang tidak mudah hilang memang terkadang membuat jengkel apalagi jika letaknya di bagian yang sering terlihat. Anda bisa menggunakan bubuk kunyit untuk mengatasinya. Caranya adalah dengan menempelkan bubuk kunyit yang sudah dicampurkan minyak zaitun dan diamkan hingga mongering. Setelah itu bilas dengan air bersih. Lakukanlah secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

artikel terkait: manfaat sari kunyit

  1. Meningkatkan produksi ASI

Bagi wanita yang baru melahirkan dan harus menyusui bayinya terkadang mengalami masalah pada rendahnya produksi ASI. Padahal ASI ini sangat penting bagi tumbuh kembang bayi dan sebagai sumber makanan utama bagi bayi. Untuk membantu mengatasinya anda bisa mengaplikaskan bubuk kunyit ke area payudara dan biarkan hingga mongering setelah itu langsung bilas.

artikel terkait: manfaat sari kunyit

  1. Mengatasi tumit pecah-pecah

Bagian tumit kerap kali mengalami pecah-pecah karena kering dan tidak dirawat. Dengan menggunakan bubuk kunyit dapat menjadi solusinya. Cara menggunakannya pun tidak jauh berbeda dengan cara menggunakan masker bubuk kunyit namun kali ini diiringi juga dengan digosok bagian tumit selama beberapa saat supaya bubuk kunyit bekerja maksimal.

artikel terkait: manfaat kunyit untuk sakit maag

  1. Mengatasi ketombe dan rambut rontok

Masalah ketombe dan rambut rontok biasanya sepaket dan cukup menjengkelkan bukan? Gunakanlah bubuk kunyit sebelum keramas sambil dipijat-pijat sedikit. Lakukanlah minimal 2 kali dalam seminggu.

artikel terkait: manfaat jamu kunyit

Itulah beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan dari penggunaan bubuk kunyit. Selain untuk memasak juga bisa dijadikan obat berbagai jenis gangguan kesehatan ya. terima kasih dan semoga bermanfaat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Herbal