15 Manfaat Kismis untuk Kesehatan Tubuh

manfaat kismisKismis merupakan salah satu jenis bahan konsumsi manusia yang pastinya sudah tidak asing lagi di telingan anda. kismis merupakan salah satu produk olahan dari anggur selain wine. Kismis merupakan wujud dari anggur yang dikeringkan, sehingga memiliki kulit yang keriput dan juga kisut. Sepintas kismis sama sekali tidak menarik untuk dimakan, karena bentuknya yang tidak menarik. Namun demikian, ternyata kismis memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh kita.

Kismis sendiri istilahnya berasal dari bagasa Hindi dan juga Persia, yaitu Khismish. Kismis memiliki rasa yang manis dan legit, meskipun hanya bertubuh kecil dan juga tidak menarik. Kismis dapat mengalami proses kristalisasi gula apabila disimpan dalam waktu yang lama, yang menyebabkan kismis memiliki rasa yang manis.

Apa saja manfaat dari kismis?

Nah, seperti sudah disebutkan sebelumnya, meskipun memiliki bentuk yang tidak menarik sama sekali, namun ternyata kismis memiliki manfaat yang sangat banyak. Apa saja manfaat kismis? Berikut ini adalah beberapa diantaranya :

1. Sebagai bahan campuran makanan

Kismis sering dimanfaatkan sebagai salah satu bahan utama dan juga bahan campuran dari bebeapa makanan. Salah satunya yang paling sering dimanfaatkan adalah kismis sebagai salah satu topping dan juga garnish atau hiasan dari suatu makanan, terutama makanan penutup yang lezat. Kismis pada maknana dapat menambah rasa manis dan juga legit pada suatu makanan.

2. Tinggi kalori, sehingga baik untuk asupan energy tubuh

Manfaat kismis untuk kesehatan yang juga penting unutk tubuh kita adalah bahwa kismis mampu untuk memberikan energy bagi tubuh anda. Kismis memiliki kandungan gula yang tinggi. Kandungan gula yang tinggi ini memiliki kadar kalori yang tunggi dan juga penting untuk asupan kalori anda pada sehari-hari. Kalori dapat memberikan energy bagi tubuh anda, dan dapat memberikan energy serta rasa kenyang.

3. Dapat mecegah kanker

Sama seperti anggur, kismis juga merupakan salah satu sumber antioksidan yang tinggi. Antioksidan yang tinggi ini dapat bermanfaat untuk mencegah penyebaran dan uga pertumbuhan sel-sel kanker yang ada di dalam tubuh anda. hal ini dapat memperkecil resiko dalam terserang penyakit kanker.

4. Sebagai obat sulit buang air besar

Kismis juga memiliki kandungan serat yang tinggi. Serat yang ada pada kismis ini merupakan salah satu makanan yang dapat mencegah sulitnya buang air besar ataupun yang sering kita kenal dengan istilah sembelit.

5. Mencegah gejala anemia

Kismis memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Kandungan zat besi pada kismis ini memiliki manfat yang sangat penting untuk mencegah gejala anemia. Anemia merupakan kondisi dimana tubuh mengalami kekurangan darah. Anemia ini biasanya memilii gejala – gejala seperti :

  • Mudah lelah
  • Lemas
  • Tidak bersemangat dalam beraktivitas
  • Mudah terserang berbagai macam penyakit
  • Mudah terinfeksi virus dan juga bakteri
  • Kurang optimalnya fungsi organ-organ tubuh

6. Memperlancar peredaran darah

Selain dapat mencegah berbagai gangguan anemia, zat besi yang terkandung dalam manfaat kismis yang sangat baik untuk memperlancar peredaran darah anda. lancarnya peredaran darah ini memiliki banyak sekali manfaat kesehatan bagi tubuh, antara lain :

  • Suplai darah dan oksigen yang optimal ke organ – organ tubuh
  • Mencegah penyumbatan pembuluh darah

7. Sebagai antioksidan

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, manfaat kismis merupakan salah satu makanan yang tinggi akan antioksidan. Antioksidan ini sangat penting untuk menangkal radikal bebas. Radikal bebas memiliki dampak yang sangat buruk untuk kesehatan tubuh kita.

8. Dapat membentuk dan juga menjaga kesehatan tulang

Kandungan vitamin lainnya dalam kismis adalah vitamin K dan juga kalsium. kalsium ini memiliki manfaat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang anda. hal ini dapat membantu mencegah berbagai macam gangguan kesehatan tulang.

9. Membunuh bakteri dan kuman di mulut dan gigi

Antioksidan dan vitamin C yang ada pada kismis memiliki kegunaan yang sangat baik untuk membunuh bakteri dan juga kuman pada gigi dan juga mulut. Hal ini tentu saja sangat penting untuk menjaga kesehatan mulut dan juga gigi anda.

10. Baik untuk kesehatan mata

Kismis juga memiliki kandungan vitamin A yang sangat baik pastinya untuk kesehatan mata anda. vitamin A dapat mencegah berbagai macam gangguan-gangguan yang menyerang mata. Gangguan yang dapat terjadi pada mata anda karena kekurangan vitamin A antara lain rabun dan juga katarak.

11. Menjaga kondisi keasaman pada lambung

Manfaat kismis untuk kesehatan juga ternyata baik dikonsumsi untuk anda yang memiliki gejala-gejala asam lambung. Dengan mengkonsumsi kismis, maka kondisi naiknya asam lambung akan terkontrol dan juga kondisi asam pada lambung anda menjadi lebih stabbil dan juga normal.

12. Baik untuk kesehatan pencernaan

Serat yang terkandung dalam kismis juga sangat penting untuk menjaga kesehatan pencernaan anda. Dengan mengkonsumsi kismis, maka kesehatan dan juga proses pencernaan pada tubuh anda akan menjadi lebih baik lagi.

13. Meningkatkan daya tahan tubuh

Antioksidan, vitamin C dan juga beberapa vitamin lainnya yang ada pada kismis, sangat baik untuk menjaga dan juga meningkatkan daya tahan tubuh kita. Meningkatnya daya tahan tubuh ini tentu saja akan sangat baik untuk mencegah timbulnya penyakit dan juga berbagai gangguan kesehatan tubuh.

14. Sebagai anti bakteri dan juga anti inflamasi

Kismis juga dapat mencegah munculnya penyakit yang disebabkan oleh infeksi dari bakteri yang biasanya dapat menyebabkan peradangan.

15. Baik untuk kesehatan jantung

Kesehatan jantung anda pun dapat dijaga dengan sangat baik apabila anda suka mengkonsumsi kismis. Berbagai kandungan vitamin dan juga mineral dalam kismis dapat membantu mengoptimalkan kerja jantung dan juga menyehatkan jantung kita.

Itulah beberapa manfaatkismis untuk kita. Banyak sekali bukan? Semoga artikel mengenai manfaat dari kismis ini memberi wawasan yang berguna bagi anda sekalian.

, ,
Oleh :
Kategori : Makanan