4 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Menurunkan Berat Badan

Tahukah Anda bahwa mengkonsumsi obat diet bukanlah satu-satunya cara yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah berat badan yang berlebih? Ternyata masih ada banyak cara yang lebih aman dan alami untuk mengatasi masalah tersebut lho, salah satunya adalah dengan menggunakan jeruk nipis.  Bagaimana buah tersebut bisa melakukannya? Sebelum itu, ada baiknya jika kita mengenal terlebih dahulu apa itu obesitas. (Baca Juga: Manfaat Tidak Tidur Siang , Manfaat Udang Lobster)

Obesitas saat ini merupakan permasalahan umum yang banyak terjadi di berbagai kalangan masyarakat. Ini merupakan suatu kondisi di mana tubuh memiliki kelebihan penyimpanan lemak. Ketika seseorang mengkonsumsi makanan dalam jumlah yang melebihi asupan yang diperlukan oleh tubuh, maka hal ini bisa meningkatkan resiko orang tersebut untuk mengalami obesitas. Bisa dikatakan, ketika seseorang  memiliki berat badan mencapai 20% atau di atas Indeks massa tubuh (BMI) maka bisa dikatakan bahwa orang tersebut mengalami gangguan obesitas. Selain karena konsumsi makanan yang berlebihan, ada beberapa alasan lain mengapa seseorang bisa mengalami obesitas, seperti gaya hidup yang tidak sehat, kurang berolahraga, faktor keturunan, serta terjadinya gangguan tiroid atau gangguan kelenjar hipofisis. (Baca Juga:  Manfaat Tidak Makan Daging , Manfaat Olahraga Back Up)

Cara Mengatasi Obesitas Menggunakan Jeruk Nipis

Jeruk nipis bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan secara alami dan aman, karena mungkin banyak dari mereka yang mengalami masalah dengan berat badan (mengalami obesitas) pernah melakukan berbagai macam cara seperti hingga mereka harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk mengatasi masalah tersebut seperti dengan mengkonsumsi obat diet, akan tetapi hasil yang mereka dapat tidak sesuai dengan apa yang mereka inginkan, dan bahkan tak jarang malah justru menimbulkan masalah baru pada kesehatan tubuh mereka. (Baca Juga: Manfaat Jeruk Nipis dan Madu , Manfaat Jeruk Nipis Untuk Sakit Maag)

Banyak cara yang bisa digunakan untuk mengolah buah yang satu ini. Adapun cara yang paling sederhana adalah dengan mencampurkan air hasil perasan jeruk nipis dengan air hangat. Berikut ini tipsnya:

  • Siapkan 1 hingga 3 buah jeruk nipis, belah masing-masing buah menjadi 2 bagian lalu kemudian peras airnya.
  • Tambahkan air (bisa air dingin maupun air hangat) sebanyak +- 200 cc. Tapi lebih dianjurkan untuk menggunakan air yang dingin dengan tujuan agar kandungan vitamin C dari air perasan jeruk nipis lebih awet. (Baca Juga: Manfaat Suntik Vitamin C di Tubuh)
  • Segeralah untuk mengkonsumsi ramuan tersebut, karena kandungan vitamin C dalam jeruk nipis mudah teroksidasi dan menguap, dan jika hal itu terjadi maka kadar vitamin C dalam ramuan tersebut akan berkurang. (Baca Juga: Manfaat Vitamin C)
  • Sebaiknya ramuan jeruk nipis tersebut dikonsumsi di pagi hari (setengah jam sebelum sarapan) dan di malam hari (sebelum tidur). Konsumsi ramuan tersebut secara rutin setiap harinya agar berat badan Anda bisa lebih cepat mengalami penurunan. (baca juga: Manfaat Minum Air Jeruk Nipis Hangat di Malam Hari)
  • Untuk memperoleh hasil yang lebih maksimal, tambahkanlah teh hijau ke dalam ramuan jeruk nipis tersebut.(Baca Juga: Manfaat Jeruk Nipis untuk Asam Urat)

Mudah bukan mengatasi berat badan berlebih dengan jeruk nipis? Tapi ada beberapa hal penting yang perlu anda perhatikan dalam mengkonsumsi ramuan jeruk nipis tersebut, yaitu :

  • Apabila Anda belum terbiasa mengkonsumsi ramuan jeruk nipis, cobalah untuk tidak terlalu banyak mengambil jeruk nipis (cobalah ambil 1 buah jeruk saja) lalu campurkan dengan air dan tambahkan sedikit (1 sendok) madu atau gula dengan tujuan agar perut Anda bisa beradaptasi terlebih dahulu. Dan jika perut Anda mulai bisa beradaptasi, penambahan gula maupun madu tidak perlu dilakukan. (Baca Juga: Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan Rambut)
  • Bagi Anda yang memiliki gangguan maag, sebaiknya sebelum masuk ke tahap pengolahan (diperas), jeruk nipis disiram terlebih dahulu direndam atau disiram dengan air hangat. Karena dengan begitu bisa mengurangi produksi asam,  yaitu dengan mengubah kandungan asam fenolat dan tannin yang ada dalam jeruk nipis, sehingga aman untuk dikonsumsi. (Baca Juga: Manfaat Jeruk Nipis)

Alasan Mengapa Jeruk Nipis Yang Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Memiliki berat badan yang berlebihan tentu membuat sebagian besar orang merasa tidak nyaman, selain mengurangi rasa percaya diri, obesitas juga menjadi faktor pemicu timbulnya berbagai macam penyakit berbahaya. Nah, bagi Anda yang tidak ingin mengalami masalah tersebut, ada baiknya jika mulai sekarang mencoba menerapkan tips di atas tadi. Berikut alasannya mengapa Manfaat Jeruk Nipis Untuk Menurunkan Berat Badan, di antaranya:

1. Jeruk nipis kaya akan kandungan asam sitrat

Salah satu kandungan terbesar dalam jeruk nipis adalah asam sitrat, di mana ketika masuk ke dalam tubuh kita, senyawa tersebut akan bekerja sama dengan enzim-enzim serta jenis asam lainnya yang ada dalam tubuh kita guna menghasilkan sistem pencernaan yang sehat. Jadi bisa dikatakan bahwa asam sitrat membantu melancarkan sistem pencernakan kita. (Baca Juga: Manfaat Asam Sitrat Pada Makanan dan Minuman , Manfaat Buah Asam)

Selain itu, asam sitrat yang diserap tubuh akan membantu mengurangi kadar gula dari makanan yang kita konsumsi. Beberapa pakar telah menyatakan dalam hasil study mereka bahwasannya mereka yang rajin mengkonsumsi jus jeruk nipis segar memiliki resiko yang lebih kecil untuk mengalami pertambahan berat badannya. (Baca Juga: Manfaat Vegeta , Manfaat Madu Syamil)

2. Jeruk nipis berfungsi sebagai detoksifikasi dalam tubuh

Makanan yang kita konsumsi seperti makanan yang mengandung kolesterol tinggi serta makanan yang banyak mengandung lemak jenuh merupakan salah satu faktor penyebab terjadinya penumpukan racun-racun berbahaya penyebab berbagai macam penyakit. Di dalam buah jeruk nipis terdapat kandungan limonene yang merupakan sejenis minyak yang berguna untuk menetralisir adanya senyawa penyebab kanker di dalam hati atau liver. Proses detoksifikasi ini penting agar racun-racun yang bersarang di dalam tubuh penyebab berbagai macam penyakit bisa dikeluarkan dari dalam tubuh kita. ketika tubuh kita bersih dari racun-racun yang berbahaya, maka hal itu akan meningkatkan metabolisme tubuh kita. Banyak pakar yang menyatakan bahwa metabolisme akan sangat bermanfaat bagi siapa saja yang sedang menjalankan program penurunan berat badan. (Baca Juga; Manfaat Detoksifikasi , Manfaat Jipang untuk Hipertensi)

3. Kandungan nutrisi dalam jeruk nipis dapat menghilangkan lemak dalam tubuh

Selain mengeluarkan racun-racun yang bersarang di tubuh kita, konsumsi jeruk nipis yang kaya akan vitamin C juga dapat membantu menghilangkan lemak-lemak yang menempel atau mengendap pada usus dan organ pencernakan lainnya. Dengan begitu, maka sistem pencernakan tubuh kita akan menjadi lebih sehat dan segar. (Baca Juga: Manfaat Serum Vitamin C Manfaat vitamin C Untuk Kulit)

4. Jeruk nipis kaya akan serat pangan

Ini penting, terutama bagi Anda yang sedang menjalankan program diet dalam rangka menurunkan berat badan. Selain kaya akan vitamin C yang bertindak sebagai antioksidan bagi tubuh kita, dalam buah tersebut juga memiliki kandungan polisakarida non pati atau yang dikenal dengan serat pangan yang cukup tinggi, yaitu sekitar 0,4 gram per buahnya. Kandungan serat tersebutlah yang akan membuat orang yang mengkonsumsinya merasa kenyang lebih lama. Selain itu, serat pangan juga sangat bermanfaat untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Jadi tak heran bukan jika jeruk nipis akan membantu program diet Anda?

Baca Juga:

Dari uraian di atas, bisa disimpulkan bahwa jeruk nipis adalah pilihan yang tepat untuk mengatasi masalah kelebihan berat badan dengan cara yang aman, alami, mudah, dan juga murah. Bagaimana tidak, dengan hanya menyiapkan beberapa butir buah jeruk nipis yang bisa kita dapatkan dengan mudah di sekitar kita, kita bisa menjaga berat badan ideal kita tanpa perlu susah-susah mencari dan mengeluarkan banyak uang untuk memiliki berat badan yang kita inginkan. Tapi, itu saja tak cukup lho. Menjaga asupan makanan bergizi, banyak minum air putih, dan menerapkan pola hidup yang sehat seperti rajin berolah raga merupakan kunci sukses bagi Anda yang ingin mendapatkan berat badan yang ideal. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Herbal