10 Manfaat Pare untuk Diet yang Sangat Penting

Bagi anda penggemar jajanan seperti siomay pasti tahu dengan jenis sayuran yang satu ini berbeda dengan jenis sayur lainnya selain bentuknya unik begitupun dengan rasanya yang berbeda jika anda melihat manfaat jagung rebus untuk diet, yaitu pare atau peria. Secara ilmiah, pare merupakan salah satu jenis sayur yang termasuk dalam kelompok tumbuhan merambat dan berasal dari wilayah Asia Tropis terutama di daerah bagian India Barat seperti Asam dan Burma.

Pare juga merupakan salah satu jenis sayur yang temasuk dalam anggota suku labu- labuan sehingga tak heran jika bentuk bijinya menyerupai biji labu. Selain biasa disebut dengan nama peria berbeda jika anda melihat manfaat daun sirsak untuk mengatasi masalah pada kelenjar tiroid, pare juga memiliki banyak nama lain di berbagai daerah di Indonesia seperti pepareh, kambeh, fori, dan masih banyak lagi. Dan bagi anda yang belum mengenal jenis sayur yang satu ini, pare memiliki ciri tersendiri dilihat dari bentuk tumbuhannya hingga buahnya.

Buah pare memiliki bentuk yang hampir mirip dengan ketimun namun memiliki ukuran yang agak panjang dengan ujungnya yang meruncing. Tidak hanya itu, buah pare memiliki kulit permukaan yang kasar berbintil dan agak bergerigi sedangkan untuk rasanya sendiri sangatlah pahit berbeda dengan sayur pada umumnya. Biasanya orang lebih suka menanam pare dipagar rumah, walaupun pare memiliki rasa yang amat pahit ternyata pare memiliki nutrisi yang sangat baik bagi tubuh anda.

Kandungan Nutrisi Pare

  • Kalori
  • Natrium
  • Kalium
  • Karbohidrat
  • Serat
  • Protein
  • Vitamin A, B6, B12, C, dan D
  • Kalsium
  • Zat besi
  • Magnesium

Banyaknya kandungan nutrisi pada pare membuat banyak sekali orang menyukainya walaupun rasanya yang sangat pahit berbeda jika anda melihat manfaat akar bayam untuk keputihan, sebenarnya pare tidak hanya memiliki rasa pahit saja tetapi ada perpaduan antara gurih dan renyah. Dalam pengolahannya sendiri juga sangatlah mudah, anda bisa membuatnya menjadi sayur ataupun tumis pare.

Dan adapun salah satu manfaat dari pare yang sangat penting bagi kesehatan anda khususnya jika anda yang sedang diet. Pare ini merupakan salah satu jenis sayur yang dapat mendukung proses diet anda jadi lebih baik. Dan berikut merupakan manfaat dari pare untuk diet anda.

Manfaat Pare untuk Diet

  1. Mengatasi Sembelit

Saat pertama kali menjalani diet dengan berbagai macam makanan diet yang harus anda konsumsi, terkadang perut anda bisa mengalami sembelit juga karena kurang cocok dengan menu makanan diet. Untuk mengatasinya anda bisa mengkonsumsi pare.

  1. Melancarkan Metabolisme

Kandungan nutrisi pada pare mampu membatu proses metabolisme tubuh anda lebih cepat dan lancar. Ini juga sangat penting untuk menunjang proses diet anda.

  1. Mempercepat Diet

Dengan kemampuannya yang mampu melancarkan serta mempercepat sistem metabolisme dan pembakaran lemak berbeda dengan manfaat sayur rebung untuk diet, anda dapat mempercepat diet anda dengan mengkonsumsi pare sebelum makan.


  1. Menurunkan Berat Badan

Pare yang mampu menurunkan berat badan anda dengan drastis terkait dengan kemampuannya yang mampu menurunkan kadar lemak tubuh dan membantu proses metabolisme tubuh anda.

  1. Sebagai Nutrisi Tambahan

Kandungan nutrisi pada pare sangat baik untuk menutrisi tubuh anda, anda dapat menjadikannya salah satu menu diet sehat yang anda jalani.

  1. Menurunkan Kadar lemak

Ada berbagai macam cara yang bisa anda lakukan untuk mendukung proses diet anda berbeda dengan manfaat sayur katuk untuk segala penyakit, salah satunya yaitu dengan mengkonsumsi pare secara teratur. Ini dapat membantu menurunkan kadar lemak dalam tubuh anda.

  1. Meningkatkan Sistem Imun

Selain dapat menurunkan kadar lemak dalam tubuh anda, pare secara efektif mampu meningkatkan sistem imun anda. Sehingga ketika menjalani diet, anda tidak mudah terkena penyakit.

  1. Menurunkan Kolesterol

Tidak hanya menurunkan kadar lemak begitupun dengan anda yang memiliki masalah terhadap kolesterol dan ingin diet. Anda bisa menurunkan kadar kolesterol dengan mengkonsumsi pare sebelum makan.

  1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Bagi anda yang sedang diet namun memiliki masalah dalam sistem pencernaan, anda bisa mengkonsumsi pare secara berkala. Hal ini karena pare memiliki serat yang baik untuk melancarkan sistem pencernaan anda.

  1. Mencegah Kanker

Kandungan antioksidan pada pare dapat membantu mencegah resiko terhadap penyakit kanker terutama kanker mulut, kanker usus besar, kanker paru- paru, kanker payudara dan kanker serviks.

Itulah berbagai manfaat dari pare yang sangat baik untuk mempercepat diet anda. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat serta menambah wawasan anda.

, ,
Oleh :
Kategori : Sayuran