5 Manfaat Umbi Cilembu Untuk Diet, Bikin Cepat Langsing

Ketika seseorang sedang menjalani program diet, umbi sering dijadikan pilihan untuk mengganti peran nasi dalam memenuhi asupan karbohidrat. Nah, salah satu jenis umbi yang banyak disukai adalah umbi cilembu yang sering dikonsumsi baik dengan cara di oven maupun dikukus. Umbi cilembu yang memiliki rasa manis yang khas ini ternyata memiliki banyak khasiat yang bermanfaat untuk diet.

Jadi setelah pada artikel sebelumnya telah diulas mengenai manfaat ubi cilembu bagi kesehatan tubuh, pada artikel kali ini akan diulas mengenai apa saja manfaat umbi cilembu untuk diet. Umbi cilembu kaya akan vitamin dan zat lain yang dibutuhkan ketika berdiet, sehingga bisa memberikan manfaat sebagai berikut ini:

1. Mengatasi datangnya rasa lapar

Salah satu tantangan terberat ketika diet adalah menahan keinginan makan atau ngemil, apalagi jika di depan mata terhidang makanan favorit. Salah satu keuntungan berdiet dengan umbi cilembu adalah bisa membuat rasa kenyang bertahan lebih lama dan membantu menghilangkan hasrat ingin ngemil. Di samping itu juga bisa mendapatkan manfaat diet bagi kesehatan fisik dengan mencegah rasa lemas atau ngantuk, yang bisa muncul jika tubuh terlalu banyak mengkonsumsi makanan kurang bernutrisi.

2. Membantu menyerap lemak dalam tubuh

Lemak adalah musuh utama atau zat yang harus diberantas ketika menjalani diet. Selain dengan menggunakan manfaat olahraga bagi tubuh manusia secara rutin, pembakaran lemak juga bisa dibantu dengan mengkonsumsi umbi cilembu ini. Setelah dikonsumsi, di dalam tubuh umbi cilembu bisa menyerap lemak membandel yang membuat tubuh gemuk. Hal inilah yang membuat umbi cilembu sangat cocok dikonsumsi bagi orang yang ingin menurunkan berat badan.

3. Mencegah rasa lemas saat diet

Saat seseorang sedang diet biasanya akan muncul rasa lemas dan lunglai, apabila diet yang dilakukan bukanlah diet sehat dan bisa menyiksa tubuh karena kekurangan energi. Umbi cilembu memiliki kandungan nutrisi seperti vitamin, mineral, serat dan lainnya yang bisa memberikan energi untuk tubuh. Dengan salah satu alasan inilah yang bisa meningkatkan manfaat umbi cilembu untuk diet, yaitu karena tidak akan membuat tubuh kekurangan nutrisi saat melakukan diet.

4. Melancarkan proses pencernaan

Untuk membuang lemak dan zat lain yang menyebabkan tubuh gemuk, pencernaan haruslah lancar. Sehingga di samping mengkonsumsi buah-buahan yang kaya akan serat juga dianjurkan untuk mengkonsumsi umbi cilembu. Sama seperti manfaat gandum untuk diet sehat, umbi cilembu tidak hanya tinggi akan kandungan karbohidrat yang baik, namun juga mengandung serat cukup tinggi yang bisa membantu penumpukan zat di dalam tubuh dikeluarkan secara lancar melalui kotoran.

5. Mengatasi stress yang muncul ketika diet

Stress yang sering muncul saat berdiet bisa saja muncul akibat menahan mengkonsumsi makanan kesukaan, lelah karena kekurangan nutrisi atau yang lainnya. Di dalam umbi cilembu terdapat manfaat potassium dan juga kandungan mineral, zat besi dan vitamin yang bisa membantu meredakan stress. Beberapa kandungan tersebut bisa membuat pikiran dan otot yang tegang menjadi lebih rileks dengan cukup efektif.

Untuk memperoleh hasil diet yang lebih maksimal juga diimbangi dengan mengkonsumsi buah-buahan, sayur mayur juga melakukan olahraga secara teratur. Selain itu juga hindari pola hidup yang tidak sehat seperti konsumsi alkohol, rokok atau sering begadang. Demikian ulasan mengenai manfaat umbi cilembu untuk diet, semoga bermanfaat.

, ,
Oleh :
Kategori : Makanan