Sponsors Link

21 Manfaat Temu Kunci Untuk Wanita dan Kesehatan

Sponsors Link

Mendengar istilah temu kunci bagi yang sudah sering menggunakannya pasti tahu apa itu temu kunci, sedangkan bagi yang masih awam pasti banyak yang akan menebak bahwa temu kunci adalah sebuah kunci untuk membuka pintu atau lemari. Temu kunci atau dalam bahasa latinnya disebut Boesenbergia pandurata merupakan tanaman rimpang yang berkembang biak dengan cara rhizoma atau akar tinggal.

ads

Tanaman ini adalah salah satu jenis tanaman temu-temuan seperti temulawak dan lengkuas. Tanaman rempah-rempah satu ini tersebar di banyak negara Asia Tenggara seperti Indonesia. Biasanya temu kunci digunakan sebagai bumbu masakan dengan kuah bening. Temu kunci memiliki bentuk bulat kecil seperti kencur, tapi ada bagian yang gilig memanjang. Adapun warnanya adalah kuning keputihan. Temu kunci memiliki manfaat yang beraneka ragam, untuk lebih jelasnya akan diuraikan seperti di bawah ini.

Baca juga:

  1. Sebagai Bumbu Dapur – Yap, fungsi utama dari temu kunci ini adalah sebagai bumbu dapur. Biasanya temu kunci digunakan untuk bumbu masakan yang memiliki kuah bening atau dengan kata lain tanpa menggunakan santan. Mengapa fungsi utamanya sebagai bumbu dapur? Karena penggunaan yang paling umum di Indonesia adalah untuk bumbu dapur, sedangkan untuk pemanfaatannya untuk yang lainnya masih awam. (Baca juga: Manfaat Daun Salam Koja)
  2. Obat Masuk Angin – Masalah lambung seperti masuk angin, kembung, begah, dan perut mulas dapat diatasi juga dengan ekstrak temu kunci. (Baca juga: Manfaat Daun Oregano)
  3. Mengatasi Panas Dalam – Ketika panas dalam, makanpun menjadi tak enak karena mulut merasakan sakit. Temu kunci dapat  meringankan panas dalam seperti bibir pecah-pecah dan sariawan. (Baca juga: Manfaat Cincau Hitam)
  4. Melancarkan Buang Air Kecil – Temu kunci bersifat deuretik karena mengandung flavonoid. Dengan kata lain, temu kunci membantu memperlancar saluran kemih sehingga melancarkan buang air kecil. (Baca juga: Manfaat Mandi Air Garam)
  5. Mengobati Gatal-gatal – Temu kunci mengandung saponin yang mampu membunuh jamur. Oleh karena itu temu kunci dapat digunakan untuk mengobati gatal-gatal pada kulit karena infeksi jamur atau alergi. (Baca juga: Manfaat Daun Beluntas Untuk Hipertensi)
  6. Mencegah Penyakit Tumor dan Kanker – Saponindi dalam temu kunci mampu mencegah kanker atau tumor untuk berkembang. Selain itu, kandungan flavonoidnya juga bersifat anti kanker. Namun, penggunaan dalam dosis besar juga berbahaya karena dapat menyebabkan kemandulan karena bersifat antifertilias. (Baca juga: Manfaat Tanaman Kersen)
  7. Meningkatkan Stamina Tubuh – Temu kunci dapat dimanfaatkan untuk menambah stamina atau tenaga sehingga tubuh menjadi segar dan fit karena peredaran darah yang lancar. Saponin yang dikandungnya juga mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Oleh karena itu, ekstrak temu kunci baik diminum oleh ibu pasca melahirkan untuk mengembalikan stamina tubuhnya dengan cepat. (Baca juga: Manfaat Daun Kelor Kering)
  8. Melancarkan Produksi ASI – Bagi ibu hamil yang baru saja melahirkan, tentu sangat menginginkan memberikan ASInya kepadasi buah hati. Sayangnya tidak semua orang yang produksi ASInya lancar. Ektrak temu kunci ini dapat membantu melancarkan produksi ASI, sehingga kebutuhan ASI si buah hati bisa tercukupi. (Baca juga: Manfaat Kayu Albasia)
    Sponsors Link

  9. Penghilang Nyeri – Perasan dan infusa rimpang dari temu kunci bersifat analgetik dan antipiretik artinya mampu menghilangkan nyeri. Oleh karena itu, temu kunci dapat dimanfaatkan untuk obat nyeri saat haid. (Baca juga: Manfaat Asam Mefenamat)
  10. Melancarkan haid – Datang bulan atau haid dialami oleh setiap wanita setiap bulannya. Ada yang rutin, namun ada juga yang tidak rutin. Agar haid anda lancar konsumsilah ekstrak temu kunci. (Baca juga: Manfaat Minum Asam Jawa Saat Haid)
  11. Meringankan Depresi – Temu kunci dapat digunakan sepagai antidepresan karena mengandung flavonoid. Antidepresan merupakan suatu zat yang dapat meringankan depresi atau stress. (Baca juga: Manfaat Sari Kedelai)
  12. Obat Keputihan – Keputihan sangat mengganggu bagi seorang wanita karena menimbulkan gatal dan bau tak sedap. Hal ini bisa diatasi dengan mengkonsumsi temu kunci secara teratur. (Baca juga: Manfaat Daun Beluntas Untuk Keputihan)
  13. Anti Mikroba – Ekstrak temu kunci dapat dimanfaatkan sebagai anti mikroba. Oleh sebab itu, ekstrak ini banyak digunakan oleh para akademisi sebagai bahan penelitian. (Baca juga: Manfaat Gelombang Mikro)
  14. Menurunkan Kolesterol dalam Darah – Kolesterol yang tinggi di dalam darah dapat menyebabkan resiko struk semakin besar. Selain itu, kolesterol yang tinggi membuat badan merasa tidak nyaman. Jika anda memiliki kolesterol tinggi, anda bisa memanfaatkan ekstrak temu kunci sesuai dengan saran dokter. (Baca juga: Manfaat Daun Kersen untuk Kolesterol)
  15. Obat Batuk – Temu kunci mengandung flavonoid yang merupakan agen antiviral. Antiviral adalah obat anti virus yang dapat digunakan untuk mengobati penyakit yang disebabkan oleh virus seperti batuk, sehingga temu kunci dapat digunakan sebagai peluruh dahak ketika batuk. (Baca juga: Manfaat Nanas Untuk Batuk)
  16. Meningkatkan Nafsu Makan – Ketika sedang sakit, nafsu makanpun juga turun karena tidak berselara. Untuk meningkatkan nafsu makan, gunakanlah ekstrak temu kunci. Bagi anak yang sukar makan juga bisa memanfaatkan ekstrak ini. Ingat, jangan berlebihan menggunakannya. (Baca juga: Manfaat Tidak Makan Malam)
  17. Mengurangi Kadar Gula dalam Darah – Mengkonsumsi temu kunci dapat mengurangi kadar gula dalam darah. Oleh karena itu baik untuk penderita diabetes. Hal ini dikarenakan temu kunci mengandung zat anti diabetes yang disebut flavonoid. (Baca juga: Manfaat Gula Jawa
    Sponsors Link

  18. Memperindah Kulit – Bagi yang menginginkan kulit yang indah, kita bisa memanfaatkan masker yang terbuat dari temu kunci. Penggunaan secara teratur akan membuat kulit lebih kencang, segar, sehat, dan halus. Selain itu, dapat mencegah penuaan dini. (Baca juga: Manfaat Cream Sari)
  19. Mengurangi Bau Badan – Kamfer yang terdapat pada temu kunci dapat dimanfaatkan untuk mengurangi bau badan. Penggunaannya bisa dicampur dengan daun sirih agar hasilnya lebih maksimal. Air rebusannya digunakan untuk mandi. (Baca juga: Manfaat Daun Beluntas Untuk Bau Badan)
  20. Mengurangi Jerawat – Timbulnya jerawatdi tubuh dapat mengganggu penampilan dan menurunkan rasa percaya diri. Oleh karena itu, banyak dari kita berusaha untuk menghilangkan jerawat dengan berbagai cara. Salah satu cara yang dapat ditempuh adalah mengkonsumsi temu kunci atau menjadikannya masker. (Baca juga: Manfaat Masker Kunyit)
  21. Sebagai Antioksidan – Ekstrak rimpang dapat digunakan sebagai antioksidan. Antioksidan dapat menangkal radikal bebas. Radikal bebas adalah suatu molekul yang dapat merusak sel. Jika tubuh kita menangkap banyak radikal bebas maka sel-sel tubuh cepat rusak dan terjadi penuaan dini. Selain itu rentan terhadap kanker. (Baca juga: Manfaat Jengkol Untuk Kanker)

Sekarang sudah jelas manfaat temu kunci yang sebenarnya, jadi bukan untuk membuka pintu lo ya. Banyak hal di sekitar kita yang ternyata memiliki banyak manfaat. Hanya saja terkadang kita belum menyadari atau mengetahuinya. Temu kunci yang biasanya hanya untuk bumbu dapur nyatanya bisa digunakan untuk obat berbagai macam penyakit. Tetap ingat, gunakan dalam takaran yang normal. Namun, obat apapun yang akan anda konsumsi lebih baik konsultasikan dengan dokter anda. Jika anda mendapat manfaat dari artikel ini, maka sebarkanlah kepada yang lain. Karena sebaik-baik ilmu, adalah ilmu yang bermanfaat. Selamat berbagi!

Baca juga:

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 08th, June 2017 / 07:42 Oleh :
Kategori : Herbal