10 Manfaat Cengkeh dan Kayu Manis untuk Kesehatan dan Kecantikan

Ada banyak sekali jenis rempah yang bisa anda temui di Indonesia berbeda jika anda melihat manfaat air beras untuk tanaman, tak heran lagi karena Indonesia merupakan salah satu surganya rempah. Hampir semua jenis rempah bisa anda jumpai di berbagai daerah di Indonesia. Mulai dari jenis rempah berjenis umbi hingga rempah dengan jenis buah. Biasanya rempah- rempah di jual di pasar jadi satu dengan jenis bumbu dapur. Selain rempah seperti jahe, lengkuas dan kencur, ada jenis rempah yang saat ini sedang banyak dicari orang. Yaitu cengkeh dan kayu manis, hal ini karena cengkeh dan kayu manis banyak digunakan oleh banyak orang  selain dalam hal memasak.

Biasanya cengkeh dan kayu manis digunakan sebagai salah satu bahan pelengkap untuk membuat jajanan ataupun minuman manis. Selain itu kayu manis dan cengkeh juga banyak dimanfaatkan oleh orang dalam pembuatan obat herbal ataupun produk kecantikan. Hal ini tentunya karena cengkeh dan kayu manis memiliki banyak sekali kandungan nutrisi yang sangat baik. Untuk obat herbal biasanya kedua jenis rempah tersebut masih dicampur dengan beberapa bahan herbal lainnya.

Sebagai salah satu bahan produk kecantikan, kayu manis dan cengkeh memiliki aroma yang khas dan sangat baik sebagai aroma terapi. Banyak sekali produk kecantikan seperti lulur, handbody, shampoo, hingga sabun. Sebagai pengatuan cengkeh sendiri merupakan salah satu jenis rempah dengan nama ilmiah Syzygium aromaticum sedangkan dalam bahasa inggris biasa disebut dengan cloves. Cengkeh sendiri memiliki salah satu peran penting dalam industri rokok dan biasanya digunakan sebagai penambah rasa pedas dalam sejumlah menu makanan.

Selain cengkeh, adapun sedikit ulasan mengenai kayu manis, kayu manis sendiri sebenarnya merupakan salah satu jenis tanaman pohon dengan nama ilmiah Cinnamomum verum. Disebut sebagai kayu manis, karena memang kayu manis memiliki aroma yang manis dan biasanya kayu manis sendiri lebih banyak digunakan sebagai salah satu bahan pelengkap dalam pembuatan makanan ataupun minuman. Dalam pembuatan makanan sendiri, kayu manis biasanya digunakan sebagai bahan dalam pembuatan kue dan manisan. Sedangkan dalam pembuatan minuman sendiri biasanya kayu manis digunakan sebagai penambah aroma dan rasa.

Dari banyaknya kandungan nutrisi pada cengkeh dan kayu manis, banyak sekali orang menjadikannya sebagai salah satu minuman yang dapat dikonsumsi dan baik untuk kesehatan. Tidak hanya untuk kesehatan saja tetapi juga kecantikan, caranya sangat mudah dan praktis anda hanya perlu membuat air rebusan kayu manis dan cengkeh lalu mengkonsumsinya begitu saja secara rutin. Bagi anda yang penasaran mengenai apa saja manfaat dari kayu manis dan cengkeh yang berbeda dengan manfaat jahe, kayu manis dan sereh, berikut kami sampaikan penjelasan singkatnya.

Manfaat Cengkeh dan Kayu Manis

  1. Mengatasi Diabetes

Perpaduan zat pada kayu manis dan cengkeh mampu meningkatkan fungsi pada hormone insulin, sehingga sangat baik bagi anda yang memiliki riwayat diabetes.

  1. Mengatasi Sembelit

Untuk mengatasi sembelit karena susah BAB anda bisa minum air rebusan cengkeh dan kayu manis di pagi hari, ini akan membantu melancarkan pencernaan anda sehingga tidak sembelit lagi.

  1. Mengatasi Diare

Kandungan zat pada cengkeh  dan kayu manis dapat meredakan dan mengobati diare berbeda dengan manfaat madu untuk mengobati luka, caranya anda bisa minum air rebusan kayu manis dan cengkeh sebanyak 3 kali dalam sehari.

  1. Menurunkan Berat Badan

Cengkeh dan kayu manis sangat baik bagi anda yang sedang ingin menurunkan berat badan, kandungan zat pada kedua rempah tersebut mampu membantu tubuh dalam proses pembakaran lemak dengan baik.


  1. Melancarkan Haid

Bagi para wanita yang memiliki masalah ataupun gangguan terkait dengan siklus haidnya, anda bisa minum air rebusan cengkeh dan kayu manis secara berkala untuk melancarkan siklus haid anda.

  1. Obat Flu

Minumlah air rebusan cengkeh dan kayu manis sebanyak 3 kali dalam sehari selagi hangat berbeda dengan manfaat bunga lawang untuk diet, ini akan mengobati flu yang anda alami.

  1. Obat Radang Tenggorokan

Tidak hanya mampu mengobati flu saja, air rebusan cengkeh dan kayu manis juga sangat baik untuk mengobati radang tenggorokan.

  1. Obat Sakit Gigi

Kandungan zat pada cengkeh sangat baik untuk menghilangkan rasa nyeri yang anda rasakan ketika sakit gigi.

  1. Memutihkan Gigi

Selain mengobati sakit gigi, air rebusan cengkeh dan kayu manis juga dapat memutihkan gigi sehingga anda akan lebih percaya diri.

  1. Obat Demam

Untuk mengobati demam berbeda dengan manfaat kayu manis untuk diabetes, caranya sangat mudah dan praktis. Anda bisa minum air rebusan cengkeh sebanyak 3 hingga 5 kali dalam sehari.

Itulah berbagai manfaat dari cengkeh dan kayu manis, konsumsilah secara teratur maka anda akan mendapatkan manfaatnya. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda.

, ,
Oleh :
Kategori : Herbal