Manfaat Daun Beluntas Untuk Bau Badan

Tubuh mengeluarkan keringat sebagai cara membuang zat sisa metabolisme dan mengatur suhu tubuh. Pengeluaran keringat merupakan hal yang wajar, apalagi saat seseorang sedang memasuki masa pubertas atau setelah melakukan aktivitas. Yang menjadi masalah adalah ketika keringat dapat menimbulkan bau badan yang tidak sedap. Saat keringat ada dipermukaan kulit, bakteri yang ada di kulit berkembang biak dengan menguraikan urea yang ada di keringat dan mengeluarkan bau tidak sedap. Proses penguraian inilah yang menyebabkan bau tidak sedap.

Beberapa bahan yang mengandung anti bakteri dapat dibaca dalam artikel manfaat teh chamomile – manfaat bunga turi – manfaat kembang kol – manfaat biang kunyit – manfaat kulit lemon

Biasanya untuk mengurangi bau badan digunakan deodorant atau anti-perspirant. Deodorant bekerja dengan menyamarkan bau badan. Oleh karena itu meskipun menggunakan deodorant terkadang bau badan masih tercium. Anti-perspirant bekerja dengan menghambat pengeluaran keringat dengan menutup pori pori kulit.  Hal ini dapat menyebabkan keringat terjebak didalam tubuh dan memicu penyakit lain. Cara yang lebih aman adalah dengan menggunakan bahan bahan alami.

Artikel terkait:

Salah satu bahan yang sering digunakan adalah daun beluntas. Beluntas (Pluchea indica) merupakan tanaman yang sering dijumpai di pekarangan rumah. Tanaman ini termasuk tumbuhan semak dengan daun berbentuk bulat telur dan ujungnya meruncing. Daun dan akar beluntas memiliki kandungan alkaloid, tannin, natrium, atsiri, kalsium, flavonoid, magnesium dan fosfor.

Artikel terkait:

Khasiat dan cara penggunaan daun beluntas untuk menghilangkan bau badan antara lain:

  1. Mengurangi bau badan

Daun beluntas memiliki bau yang menyegarkan karena adanya kandungan minyak atsiri. Kandungan minyak atsiri ini dapat digunakan untuk menghilangkan bau badan yang tidak sedap. Cara penggunaannya dengan merebus daun beluntas dan menggunakannya untuk mandi. Menurut penelitian, ekstrak daun beluntas dengan kadar 5% dapat menghambat pertumbuhan bakteri yang menguraikan kandungan keringat pada kulit.

Artikel terkait:

  1. Melancarkan jalan keringat

Manfaat daun beluntas untuk bau badan dapat memperlancar pengeluran keringat dari kelenjar keringat di dalam kulit. berbeda dengan kandungan alumunium dalam anti-perspirant dan deodorant, daun beluntas tidak menghambat pengeluran keringat dengan menutupi pori pori. Sehingga tidak ada keringat yang terjebak di dalam kulit dan membuat bakteri berkembang biak.


Cara konsumsi daun beluntas  dapat menggunakan ekstraknya sebagai air bilasan saat mandi, dijadikan teh atau dimakan langsung sebagai lalapan. Cara konsumsi yang paling sering adalah sebagai dimakan langsung atau dikukus sebagai lalapan. Pembuatan teh daun beluntas untuk mengurangi bau badan ada dua cara, sebagai berikut.

Cara 1:

  • Bersihkan 10 lembar daun beluntas.
  • Potong potong daun belantas
  • Tambahkan dengan 5 gelas air putih
  • Didihkan sampai menjadi 3 gelas
  • Minum saat pagi, siang, dan sore.

Cara 2:

  • Bersihkan lalu keringkan 10 lembar daun belantas
  • Potong kecil kecil daunnya
  • Seduh dengan air panas
  • Minum saat pagi, siang, dan sore.

Untuk mengurangi bau badan yang tidak sedap, biasakan mengonsumsi daun beluntas setiap hari, baik sebagai lalapan, teh maupun digunakan sebagai air mandi. Selain itu kebersihan badan harus selalu dijaga. Biasakan mandi teratur 2 kali sehari untuk mengurangi perkembangan bakteri penyebab bau badan. semoga bermanfaat.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Wednesday 26th, October 2016 / 08:28 Oleh :
Kategori : Tumbuhan